Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Tidur Siang bagi Kesuburan

Yuk, mulai biasakan tidur siang!

3 Desember 2022

5 Manfaat Tidur Siang bagi Kesuburan
Pexels.com/Andrea Piacquadio

Penting bagi setiap pasangan untuk memperhatikan gaya hidup yang memengaruhi kesuburan, terutama jika mereka berencana memiliki keturunan.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pola tidur sehari-hari. Mulai dari jumlah waktu tidur hingga kebiasaan tidur.

Tidur adalah kebutuhan hidup yang bisa membantu menyegarkan dan memperbaiki sistem otak, mood, dan hormon penting dalam tubuh.

Bukan hanya tidur malam hari, tidur pada siang hari juga bermanfaat bagi kesuburan.

Berikut ini Popmama.com telah rangkum lima manfaat tidur siang bagi kesuburan. Apa saja?

1. Mengurangi stres

1. Mengurangi stres
Pexels.com/Andrea Piacquadio

Stres adalah reaksi tubuh ketika seseorang mengalami tekanan atau perubahan situasi. Pada perempuan, stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan menstruasi dan memicu gangguan kesuburan.

Dalam kondisi stres, fungsi hipotalamus yang terganggu dapat menyebabkan masalah ovulasi dan berisiko sulit untuk mendapatkan kehamilan.

Manfaatkan tidur siang yang cukup untuk mengurasi stres sehingga dapat terhindar dari masalah kesuburan.

Editors' Picks

2. Menurunkan tekanan darah

2. Menurunkan tekanan darah
Pexels.com/Thirdman

Tekanan darah tinggi pada perempuan tidak hanya dapat membahayakan kehamilan. Masalah kesehatan ini juga dapat memengaruhi kesuburan.

Selain itu, obat yang digunakan untuk mengobati darah tinggi juga dapat berdampak pada kesuburan. Perempuan yang hidup dengan tekanan darah tinggi ditemukan lebih sulit untuk hamil.

Menurut penelitian yang dilakukan para peneliti dari Asklepieion General Hospital di Voula, Yunani,  tidur siang secara efektif dapat membantu menurunkan darah tinggi seseorang.

Tidur siang adalah cara yang menyenangkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain melepas lelah, tekanan darah menjadi stabil dan kesuburan tetap terjaga.

3. Menjaga berat badan ideal

3. Menjaga berat badan ideal
Pexels.com/SHVETS production

Kelebihan atau kekurangan berat badan akan mengganggu hormon dan mencegah terjadinya ovulasi. Berat badan yang berlebihan atau kurang memiliki efek samping kesehatan yang cukup luas, termasuk dengan kesuburan.

Banyak orang percaya bahwa tidur siang dapat menambah berat badan. Nyatanya hal itu adalah mitos belaka. Sebaliknya, tidur siang ternyata mampu menurunkan berat badan dan menjaga berat bedan ideal jika tepat dalam memanfaatnya.

Menjaga berat badan ideal menjadi salah satu manfaat yang dapat kamu dapatkan untuk kesuburan dari tidur siang.

4. Lebih baik dari kafein

4. Lebih baik dari kafein
Pexels.com/Becca Mitchell

Banyak orang memanfaatkan kafein untuk meningkatkan produktivitas. Namun, tahukah kamu bahwa kafein berbahaya bagi kesuburan?

Kafein dapat menyebabkan peningkatan risiko gangguan ovulasi. Kecanduan minum minuman yang berkafein dapat mengganggu kontraksi otot yang membantu sel telur berpindah dari ovarium melalui tuba falopi ke rahim.

Mulailah untuk berhenti mengonsusmi minuman berkafein. Manfaatkan tidur siang untuk meningkatkan kinerja, yang tidak mengganggu kesuburan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pexels.com/Polina Tankilevitch

Istilah gangguan autoimun mengacu pada kekeliruan sistem kekebalan tubuh dan menyerang organ-organ yang seharusnya dilindungi.

Dilansir studi dalam Journal of Immunology Research, kegagalan autoimun pada organ reproduksi, baik keseluruhan sistem kekebalan atau reaksi sistem kekebalan, yang secara khusus menyerang antigen ovarian dapat memengaruhi kesuburan.

Tidur di siang hari secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi sel tubuh serta menjaga kesuburan.

Nah, itu dia lima manfaat tidur siang bagi kesuburan. Kamu dapat menerapkan kebiasaan tidur siang ini untuk menjaga kesuburan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk