Bolehkah Puasa bagi yang Promil Selama Ramadan? Ini Tips dari Dokter!

Yang tidak boleh bagi perempuan yang promil adalah kekurangan nutrisi yang berkepanjangan

14 April 2021

Bolehkah Puasa bagi Promil Selama Ramadan Ini Tips dari Dokter
Pexels/Rodnae Prod

Ramadan menjadi bulan penuh berkah bagi seluruh umat Islam di dunia. Banyaknya keutamaan yang bisa dikejar di bulan Ramadan membuat orang Islam berlomba-lomba mengerjakan berbagai amalan berpahala besar.

Bagi Mama yang saat ini sedang menjalani program hamil (promil) mungkin banyak yang bingung, apakah diperbolehkan berpuasa? Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Ferry Darmawan, SpOG, MIGS dalam akun Instagramnya membagikan faktanya.

"Perempuan yang sedang menjalani program hamil secara umum diperbolehkan berpuasa. Bahkan puasa bisa bermanfaat untuk promil," jelas dr. Ferry pada Selasa (13/4/2021).

Lantas apa manfaatnya puasa bagi promil? Bagaimana menjaga asupan makanan sehat selama puasa agar cepat hamil? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

Editors' Picks

1. Puasa bermanfaat bagi perempuan dengan PCOS

1. Puasa bermanfaat bagi perempuan PCOS
Freepik/Tanyajoy

PCOS (polycystic ovarian syndrome) atau sindrom ovarium polikistik adalah gangguan kesuburan bagi perempuan yang disebabkan oleh hormonal yang menyebabkan pembesaran ovarium dengan kista kecil di tepi luar.

Penyebab sindrom ini belum terlalu pasti tapi bisa jadi perpaduan faktor genetik dan lingkungan. Gejala berupa menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebih, jerawat, dan obesitas.

PCOS jadi gangguan kesuburan yang menyebabkan perempuan sulit untuk mengandung.

Dijelaskan oleh dr. Ferry justru puasa ini bermanfaat bagi perempuan dengan PCOS. Sebab, dengan berpuasa kita seolah dipaksa untuk mengatur pola makan.

"Pengaturan pola diet merupakan salah satu kunci terapi PCOS. Puasa diteliti dapat memperbaiki sistem ppengaturan gula dan regulasi hormon stres pada perempuan dengan PCOS," ujar dr. Ferry.

Dari unggahan itu disebutkan juga kalau puasa bahkan dipetimbangan sebagai tambahan pada tatalaksana penanganan PCOS. 

Dikutip dari Healthline, perempuan dengan PCOS perlu menerapkan gaya hidup sehat. Sebab, orang dengan diagnosis PCOS ini biasanya memiliki kadar insulin lebih tinggi bahkan bisa resitensi insulin. 

Pola hidup sehat dan latihan fisik dapat membantu mengurangi resistensi insulin, terutama ketika ditambah dengan asupan terbatas karbohidrat yang tidak sehat.

2. Diet ketat tidak dianjurkan untuk promil, puasa justru lebih relatif aman

2. Diet ketat tidak dianjurkan promil, puasa justru lebih relatif aman
pcosdiva.com

Bagi Mama dan Papa yang promil, kekurangan nutiris (karbohidrat, lemak dan protein) yang berkepanjangan tidak dianjurkan. Sebab, dapat menganggang regulasi hormon reproduksi dan menimbulkan gangguan haid.

Berat badan yang ideal sangat mendukung promil. Oleh karenanya, perempuan yang akan menjalani promil biasanya disarankan untuk menurunkan berat badan jika memang obesitas. Perempuan yang menjalani promil juga biasanya disarankan untuk menjaga makanan yang dikonsumsinya setiap hari.

"Berkebalikan dengan ibadah puasa yang relatif aman, diet sangat ketat tidak dianjurkan," ujar dr. Ferry. 

Namun, tetap saja untuk Mama dan Papa harap menjaga asupan makan sehat ketika berbuka puasa dan sahur. Hal ini untuk membantu program hamil bisa berjalan lancar dan sukses. Sebab, makan yang sehat bisa memengaruhi hormon lho!

3. Tips promil lancar selama bulan Ramadan

3. Tips promil lancar selama bulan Ramadan
Pexels/Rodnae Prod

Berpuasa bukan penghalang untuk Mama dan Papa menjalani program hamil. Apalagi bagi Mama dan Papa yang khawatir karena tidak bisa mengonsusmi nutrisi yang dibutuhkan untuk promil.

Mama dan Papa bisa berkonsultasi ke dokter terkait mengenai pengaturan nutrisi dan makan sehat selama puasa. Berikut tips nyaman promil selama bulan Ramadan a la dr. Ferry Darmawan:

  • Tetap penuhi kebutuhan cairan dan nutrisi.
  • Pilihan makanan dan nutrisi seimbang.
  • Konsumsi suplemen jika diperlukan.
  • Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis dan berindeks glikemik tinggi.

Wah, semoga informasi di atas bermanfaat bagi Mama dan Papa yang saat ini sedang berusaha untuk mendapatkan momongan. Semoga puasa ini jutsru menjadi berkah untuk Mama dan Papa yang sedang promil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.