7 Cara Menjaga Kesehatan Rahim untuk Bantu Meningkatkan Kesuburan

Rahim yang sehat bisa menunjang keberhasilan promil kamu lho!

10 September 2021

7 Cara Menjaga Kesehatan Rahim Bantu Meningkatkan Kesuburan
Pixabay/Alicia_Harper

Rahim adalah organ vital yang mendukung sistem reproduksi pada tubuh perempuan.

Rahim memiliki peran penting pada sistem reproduksi, yaitu memelihara sel telur yang telah dibuahi. Tak hanya itu, rahim yang sehat tentunya juga membantu kamu dalam mempersiapkan kehamilan.

Oleh karenanya, sangat penting bagi kamu menjaga kesehatan rahim. Karena organ reproduksi yang sehat, bisa memperbesar peluang keberhasilan program hamil, yang sedang kamu jalankan bersama pasangan.

Berikut ini Popmama.com akan menginformasikan beberapa cara menjaga kesehatan rahim, dilansir dari The Fertility Institute. Yuk, cari tahu! Apa aja sih caranya?

1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, untuk menjaga kesehatan rahim

1. Konsumsi makanan gizi seimbang, menjaga kesehatan rahim
Freepik/Senivpetro

Menjaga kesehatan rahim, bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Makanan bergizi seimbang adalah asupan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, dimana jenis dan jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Obstetrics and Gynecology, makan daging merah dapat melipatgandakan risiko fibroid rahim. Sedangkan mengonsumsi lebih banyak sayuran, bisa mengurangi risikonya hingga 50%. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, untuk menjaga kesehatan rahim.

2. Kurangi minuman berkafein tinggi, karena dapat meningkatkan kadar estrogen

2. Kurangi minuman berkafein tinggi, karena dapat meningkatkan kadar estrogen
Pexels/kpaukshtite

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Fertility and Sterility, perempuan yang mengonsumsi 500 mg kafein setiap hari, atau setara dengan empat hingga lima cangkir kopi, menghasilkan 70 % lebih banyak estrogen pada fase folikular dari siklus menstruasi mereka. Hal ini dibandingkan dengan perempuan yang minum kopi, kurang dari satu cangkir per hari.

Jadi, mengonsumsi kafein dalam jumlah besar, dapat meningkatkan produksi estrogen. Kondisi ini dipercaya dapat memperparah fibroid rahim. Fibroid rahim merupakan jenis tumor jinak yang berkembang di dalam rahim, akibat pertumbuhan otot rahim.

Editors' Picks

3. Usahakan untuk lebih aktif bergerak, dalam kegiatan sehari-hari

3. Usahakan lebih aktif bergerak, dalam kegiatan sehari-hari
Freepik/Lifeforstock

Aktif bergerak, bukan berarti harus melakukan olahraga berat ya. Aktif bergerak disini dimaksudkan, agar kamu tidak terus menerus berdiam diri atau duduk dalam waktu yang lama, karena ini bisa membahayakan aliran darah ke rahim kamu.

Apabila kamu melakukan pekerjaan yang mengharuskan kamu duduk atau berdiri dalam waktu lama, sering-seringlah berhenti untuk sekedar berjalan dan menggerakkan tubuh. Hal ini bertujuan agar otot-otot rahim ikut bergerak, dan sirkulasi darah ke rahim menjadi lebih lancar.

4. Lakukan olahraga dengan jenis dan intensitas yang tepat

4. Lakukan olahraga jenis intensitas tepat
Freepik/master1305

Menurut sebuah studi di American Journal of Epidemiology menemukan bahwa, aktivitas fisik yang dilakukan bisa mengurangi perkembangan fibroid rahim, terutama bagi mereka yang berolahraga selama empat jam tiap minggu.

Memang, terlalu banyak berolahraga bisa menghambat kesuburan. Untuk itu, kamu perlu memilih jenis olahraga dan intensitas yang tepat, sesuai dengan kondisi tubuh kamu.

Jika kamu ingin menjaga kesehatan rahim, kamu bisa kok berjalan kaki atau melakukan yoga kesuburan. Kedua hal ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan menjaga kekuatan serta kelenturan otot-otot rahim.

5. Hilangkan kebiasaan buruk merokok, karena berbahaya bagi kesehatan rahim

5. Hilangkan kebiasaan buruk merokok, karena berbahaya bagi kesehatan rahim
Freepik/nensuria

Pastinya kamu sudah tahu ya, bahwa rokok sangatlah berbahaya bagi tubuh. Berbagai penelitian juga sudah menunjukkan bahwa, rokok sebagai salah satu penyebab terbesar dalam masalah kesuburan. Ini karena, rokok banyak mengandung racun berbahaya bagi sistem reproduksi kamu.

Satu studi menemukan bahwa, rokok dapat memengaruhi kesehatan rahim, dan mereka yang merokok membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa hamil.

Merokok dapat menyebabkan ovarium menua, dan menurunkan kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan. Tapi memang, untuk menghilangkan kebiasaan buruk merokok, tidak mudah untuk dilakukan. Jika kamu mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, kamu bisa berkonsultasi ke dokter ya.

6. Jika memungkinkan, hindari stres agar tubuh lebih sehat

6. Jika memungkinkan, hindari stres agar tubuh lebih sehat
Freepik/lifeforstock

Stres yang tidak terkendali, bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada tubuh. Mulai dari peningkatan berat badan, peradangan pada tubuh, hingga siklus menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, tingkat stres yang tinggi menjadi salah satu faktor penyebab masalah kesehatan reproduksi, termasuk gangguan pada organ rahim.

Apabila kamu mengalami stres, segera cari cara untuk meghindarinya, agar tidak berdampak buruk pada kesuburan. Kamu bisa lho, coba melakukan meditasi atau yoga kesuburan. Selain untuk kesehatan, dua hal tersebut juga bagus untuk meningkatkan kesuburan kamu.

7. Dapatkan suplemen tambahan, dengan melakukan konsultasi ke dokter

7. Dapatkan suplemen tambahan, melakukan konsultasi ke dokter
Pexels/shvetsa

Dalam penelitian National Institutes of Health, terbukti bahwa jumlah vitamin D dalam dosis yang tepat dapat membantu mengecilkan fibroid rahim.

Jika kamu kekurangan salah satu asupan nutrisi penting, tentunya akan berdampak pada rahim dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Padahal, asam folat, zat besi, lemak omega-3, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan E, penting untuk tubuh dalam menjaga kesehatan rahim dan mempersiapkan kehamilan.

Maka dari itu, bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan resep suplemen tambahan. Karena kebutuhan suplemen tambahan bagi tiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh masing-masing.

Nah itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rahim.

Rahim yang sehat tentunya dapat meningkatkan kesuburan, dan membantu kamu dalam mempersiapkan kehamilan. Jaga kesehatan rahim dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan olahraga rutin, serta mengurangi kebiasan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman berkafein tinggi.

Semoga cara-cara ini berguna untuk kamu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.