Apa Perbedaan Kembar Identik dan Fraternal?

Sudahkah Mama tahu perbedaannya?

29 Mei 2021

Apa Perbedaan Kembar Identik Fraternal
newkidscenter.com

Memiliki bayi kembar merupakan idaman bagi sebagian perempuan. Pasalnya, membesarkan dua bayi sekaligus bisa menambah kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga mama. 

Meskipun begitu, kehamilan bayi kembar memiliki risiko gangguan lebih tinggi dibanding kehamilan biasa. Oleh karena itu, Mama yang sedang hamil anak kembar cenderung dipantau ketat oleh dokter. 

Perlu Mama ketahui juga bahwa tak semua bayi kembar memiliki wajah mirip atau kesamaan sifat. Ada sebutan kembar identik dan kembar fraternal (kembar non-identik) yang memengaruhi tingkat kemiripan bayi kembar.

Lalu apa perbedaan kembar identik dan kembar fraternal? Popmama.commerangkum penjelasannya seperti di bawah ini. 

Editors' Picks

1. Proses pembuahan

1. Proses pembuahan
telegraph.co.uk

Perbedaan utama kembar identik dan kembar fraternal adalah proses pembuahan. Bayi kembar identik dihasilkan saat satu sperma membuahi satu sel telur, kemudian membelah menjadi dua janin. 

Pembelahan terjadi pada hari pertama dan keempat pembuahan, sehingga janin memiliki satu plasenta dan kantung ketuban. Maka tak heran jika bayi kembar identik memiliki kemiripan wajah dan sifat. 

Sementara itu, bayi kembar fraternal terjadi karena dua sperma membuahi dua sel telur secara terpisah sehingga membelah menjadi dua janin dengan dua plasenta berbeda. Bayi kembar fraternal akan memiliki dua kantung ketuban dan dua plasenta secara terpisah. Kondisi ini membuat bayi kembar fraternal umumnya berbeda jenis kelamin bahkan tidak memiliki kemiripan wajah.

2. Persentase kelahiran bayi kembar identik dan kembar fraternal

2. Persentase kelahiran bayi kembar identik kembar fraternal
iran-daily.com

Bayi kembar fraternal memiliki persentase tingkat kelahiran lebih tinggi dibanding bayi kembar identik. Rata-rata kelahiran bayi kembar fraternal di dunia adalah 6 hingga 20 dari 1.000 kelahiran. Dari setiap 100 kelahiran bayi kembar fraternal, 50 di antaranya memiliki jenis kelamin berbeda. 

Apabila bayi kembar fraternal memiliki jenis kelamin yang berbeda, maka bayi laki-laki cenderung lebih cepat tumbuh dari segi kemampuan fisik. Sedangkan bayi perempuan lebih komunikatif dibanding kemampuan merangkak atau berjalan. 

Untuk persentase kelahiran bayi kembar identik memang lebih kecil dibanding bayi kembar fraternal. Rata-rata kelahiran bayi kembar identik adalah 3 berbanding 1.000 kelahiran. Walaupun memiliki tingkat kemiripan yang tinggi, bayi kembar identik juga bisa memiliki perbedaan yang dipengaruhi makanan dan olahraga yang dilakukan Mama selama masa kehamilan.

3. Kehamilan bayi kembar lebih berisiko komplikasi

3. Kehamilan bayi kembar lebih berisiko komplikasi
romper.com

Seperti dijelaskan sebelumnya, kehamilan bayi kembar lebih berisiko dibanding kehamilan biasa. Mama bisa mengalami komplikasi seperti transfusi pada saluran janin atau janin tidak dapat tumbuh sesuai usia kehamilan. 

Oleh karena itu, Mama perlu mengetahui apakah sedang mengandung bayi kembar atau tidak. Mama umumnya bisa melihat janin dalam kandungan pada USG trimester pertama. Semakin cepat Mama mengetahui kondisi janin dalam kandungan, maka semakin cepat deteksi komplikasi yang bisa dilakukan oleh dokter. 

Hingga saat ini belum diketahui penyebab komplikasi yang sering dialami Mama yang sedang hamil anak kembar. Oleh karena itu, Mama perlu rutin konsultasi ke dokter dan mengonsumsi makanan bergizi untuk menunjang tumbuh kembang bayi dalam kandungan. 

Nah, itulah perbedaan kembar identik dan kembar fraternal. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.