Buat Promil! Ini 7 Essential Oil untuk Meningkatkan Kesuburan Pasutri

Ini dia jenisnya dan cara menggunakannya untuk kesuburan pasangan suami istri!

24 Juni 2021

Buat Promil Ini 7 Essential Oil Meningkatkan Kesuburan Pasutri
Freepik/Yanadjana

Seperti yang kita ketahui, kesuburan menjadi salah satu problem serius pada pasangan suami istri. Tingginya tingkat stress dalam pekerjaan ditunjang dengan pola hidup yang tak sehat membuat perempuan ataupun laki-laki menjadi tidak subur.

Ketidaksuburan pada pasangan suami istri bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari ovulasi yang tak teratur, penyumbatan tabung serviks, faktor usia, hingga kebiasaan minum alkohol atau merokok.

Meski begitu, kalian harus tetap tenang, karena ternyata masalah kesuburan pada pasutri ini bisa diatasi dengan essential oil. Nggak percaya?

Dilansir dari laman Mom Junction, berikut Popmama.com telah merangkum 7 daftar essential oil untuk meningkatkan kesuburan pasangan suami istri.

1. Calendula oil untuk mengatasi kista ovarium

1. Calendula oil mengatasi kista ovarium
Pixabay/silviarita

Jenis essential oil yang pertama berasal dari calendula. Ekstrak dari tanaman ini dikenal memiliki sifat anti-inflamasi. Ia juga sangat efektif dalam mengurangi kista ovarium.

Calendula oil membantu rahim mempertahankan kehamilan yang sehat dengan mengatur kadar hormon tubuh selama kehamilan dan mengurangi kemungkinan keguguran.

Cara menggunakannya pun mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 3 hingga 4 tetes minyak calendula dengan satu sendok makan kelapa atau minyak zaitun. Oleskan ramuan yang telah kamu buat dan pijat pada area perut bagian bawah.

2. German chamomile oil untuk mengatasi kista dan fibroid

2. German chamomile oil mengatasi kista fibroid
Freepik/Statiana

German Chamomile sangat ampuh untuk mengurangi kista dan fibroid dalam sistem reproduksi perempuan, dua masalah ini adalah salah satu faktor utama perempuan manjadi susah hamil.

Ia juga memiliki kemampuan untuk meredakan stress dan berperan sebagai anti-inflamasi, yang meningkatkan kesuburan pada perempuan.

Cara memakainya adalah dengan mengoleskan 3 tetes German Chamomile oil pada bagian bawah kaki setiap malam sebelum tidur. Bisa juga ditambahkan dengan minyak kelapa.

Editors' Picks

3. Ginger oil untuk mengatur siklus menstruasi

3. Ginger oil mengatur siklus menstruasi
Freepik/Jcomp

Sifat hangat pada jahe mampu meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi pada perempuan. Ia juga sangat baik dalam mengatur siklus menstruasi dan membersihkan kista yang menghalangi saluran tuba.

Cara pakainya adalah dengan menuangkan 2 tetes ginger oil pada minuman teh hangatmu, konsumsi satu hari dua kali atau dengan mengoleskannya pada pergelangan kaki sebelum tidur.

4. Geranium oil untuk mengurangi stres pada pasangan suami istri

4. Geranium oil mengurangi stres pasangan suami istri
Freepik/Formatoriginal

Geranium membantu menyeimbangkan hormon perempuan dan mengatur siklus menstruasi. Ini juga bekerja dengan baik dalam mengurangi stres pada pasangan suami istri

Cara pakainya adalah dengan menggunakan 4-5 tetes minyak geranium, kemudian tambahkan 1 sendok makan minyak almond. Oleskan di daerah perut bagian bawah dan di luar pergelangan kaki kanan. Gosok-gosok sambil pijat perlahan hingga meresap. 

5. Jasmine oil membuat pasangan lebih rileks saat bercinta

5. Jasmine oil membuat pasangan lebih rileks saat bercinta
Freepik/user6694312

Aroma melati yang menenangkan ditambah dengan manfaatnya yang berlimpah. Ya, essential oil dari jasmine diketahui dapat meningkatkan keseluruhan organ reproduksi perempuan dan membantu dalam kehamilan.

Harum bunga melati juga akan membantu kamu dan pasangan menjadi lebih rileks dan tenang saat bercinta. Cara pakainya hanya tinggal meneteskan jasmine oil pada pergelangan kaki dan pergelangan tangan kemudian gosokan secara perlahan. 

6. Lavender oil membantu menyeimbangkan level hormon

6. Lavender oil membantu menyeimbangkan level hormon
food.ndtv.com

Selain melati, aroma essential lainnya yang juga menjadi favorit banyak pasangan adalah lavender. Tak hanya harum, lavender juga ternyata bermanfaat bagi perempuan dengan endometriosis.

Ia juga membantu mengatur dan menyeimbangkan level hormon yang bisa membantu proses kehamilan.

Cara terbaik untuk memakainya adalah dengan memasukkan lavender oil adalah ke diffuser, atau kamu juga bisa menambahkan 10 tetes lavender oil pada bak mandi dan memakainya untuk mandi.

7. Eucalyptus oil mampu meningkatkan produksi lendir serviks

7. Eucalyptus oil mampu meningkatkan produksi lendir serviks
cookist.com

Jenis essential oil yang terakhir adalah eucalyptus. Selain berkhasiat untuk menghangatkan, eucalyptus oil atau minyak kayu putih dikenal untuk meningkatkan produksi lendir serviks yang membantu sperma mencapai telur tepat waktu sehingga pembuahan dapat berlangsung dengan baik.

Cara pakainya adalah dengan mengoleskan eucalyptus oil pada bagian bawah kaki sebelum tidur kemudian pijat perlahan hingga meresap.

Nah, itulah ketujuh jenis essential oil untuk meningkatkan kesuburan pasangan suami istri. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.