Benarkah Mimpi Hamil Bisa Memprediksi Kehamilan?

Apa artinya, ya?

25 Januari 2022

Benarkah Mimpi Hamil Bisa Memprediksi Kehamilan
Unsplash/bruce mars

Mimpi hamil mungkin membuat Mama bingung, terutama ketika sedang dalam program hamil. Apakah itu pesan, prediksi atau interpretasi dari pengalaman?

Filsuf, penyair, dan ilmuwan semuanya memiliki teori tentang kemungkinan makna mimpi hamil.

Ketika Mama menceritakannya ke yang lain, sebagian mungkin berpendapat bahwa mimpi itu tidak berarti apa-apa. Ini mungkin dapat membuat frustasi, terutama ketika Mama sedang mengharapkan kehamilan.

Apakah mimpi hamil dapat memprediksi kehamilan? Jika Mama mengalami mimpi hamil beberapa kali, yuk, simak penjelasan Popmama.com tentang arti mimpi hamil.

Apakah Mimpi Hamil Bisa Memprediksi Kehamilan?

Apakah Mimpi Hamil Bisa Memprediksi Kehamilan
Unsplash/Zohre Nemati

Saat bangun tidur, Mama menyadari bahwa Mama baru bermimpi tentang kehamilan. Apakah ini berarti sesuatu? Apakah yang Mama alami di dunia mimpi adalah semacam pesan?

Kenyataannya adalah satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah Mama hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan.

Sebagian besar tes kehamilan bekerja dengan menguji kadar hCG atau hormon kehamilan. Ini dapat dilakukan di rumah atau oleh dokter.

Jadi, mimpi kehamilan tidak memprediksi terjadinya kehamilan ya, Ma.

Editors' Picks

Mengapa Kita Bermimpi?

Mengapa Kita Bermimpi
Unsplash/Sharon McCutcheon

Kita tahu bahwa sebagian besar mimpi terjadi dalam keadaan REM (Rapid Eye Movement). Ini bisa dialami beberapa kali dalam semalam.

Studi tidur menunjukkan bahwa dalam keadaan ini, otak kita tampak hampir seaktif ketika kita bangun. Tidak heran kita sering mengalami mimpi sebagai sangat nyata.

Keseimbangan neurotransmiter saat kita dalam REM berbeda dengan saat kita bangun.

Yang membuat kita tetap waspada dan aktif (serotonin dan norepinefrin) ditekan, sementara dopamin (yang terkait dengan halusinasi) bekerja keras. Maka tidak heran jika sebagian mimpi mungkin tampak aneh.

Apa Arti Mimpi Hamil?

Apa Arti Mimpi Hamil
Unsplash/Anna Hecker

Jauh di tahun 1940-an, seorang psikoanalis Polandia bernama Helene Deutsch menghubungkan kecemasan kehamilan dengan pikiran bawah sadar.

Meskipun banyak teorinya akan dianggap kontroversial saat ini, ia membuka diskusi tentang hubungan antara mimpi dan kehamilan.

Psikoanalis terkenal lainnya, Carl Jung, mengajukan beberapa teori tentang nilai mimpi.

Baginya, mimpi adalah cara bagi jiwa untuk menyampaikan pesan penting kepada seseorang yang bermimpi. Namun bukan berarti mimpi tentang kehamilan berarti Mama benar-benar hamil.

Sebaliknya, gambaran dalam mimpi bertindak secara simbolis daripada secara harfiah. Jadi mimpi tentang kehamilan mungkin bukan tentang kehamilan fisik sama sekali.

Ini juga bisa diterjemahkan ke dalam beberapa arti. Misalnya, kelahiran kembali atau transisi dalam hidup, pertumbuhan batin, atau ekspresi kreativitas.

Mimpi hamil mungkin memang menandakan bahwa Mama merasa siap untuk perjalanan menjadi seorang ibu.

Mimpi-mimpi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti keinginan terdalam untuk memiliki anak.

Bahkan acara TV atau film tentang kehamilan yang baru ditonton juga dapat menyebabkan Mama bermimpi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas North Carolina menunjukkan bahwa mimpi tentang kehamilan sangat umum bagi perempuan yang tidak hamil. Studi ini meneliti lebih dari 100 wanita hamil dan tidak hamil.

Penelitian menemukan bahwa 83 persen partisipan yang tidak hamil bermimpi hamil. Ini tampaknya menjadi cara bagi mereka untuk mempersiapkan diri menjadi ibu di masa depan.

Beberapa Arti Lain di Balik Mimpi Hamil saat Mama Sedang Program Hamil

Beberapa Arti Lain Balik Mimpi Hamil saat Mama Sedang Program Hamil
Unsplash/ Damir Spanic

Jika Mama berulang kali mimpi tentang kehamilan, apa artinya?

Beberapa orang mungkin menafsirkan mimpi ini sebagai arti bahwa Mama cemas untuk memulai sebuah keluarga. Atau merasa seperti Mama memiliki banyak tekanan untuk memulainya.

Memang benar bahwa beberapa orang mengalami perasaan ini sebelum hamil, tetapi mungkin saja bermimpi tentang hamil terjadi kapan saja dalam kehidupan seseorang.

Dalam kebanyakan kasus, mimpi-mimpi ini bukanlah akibat dari sesuatu yang fisik. Mimpi hamil dapat disebabkan oleh kebutuhan yang kuat untuk memiliki anak. Atau keinginan naluriah untuk melindungi diri sendiri dan masa depan keluarga.

Tidak jarang Mama yang sedang hamil mengalami mimpi seperti ini. Mimpi seperti itu juga bisa melambangkan awal baru bagi mama yang rindu menjadi seorang ibu.

Mimpi hamil juga dapat mewakili kecemasan untuk memulai kehidupan baru dan tanggung jawab yang menyertainya.

Jika Mama pernah hamil sebelumnya dan dalam mimpi Mama menyadari bahwa Mama hamil lagi, ini bisa berarti bahwa alam bawah sadar Mama sedang mempersiapkan tubuh untuk kehamilan berikutnya.

Mimpi hamil juga sangat umum dialami oleh ibu hamil. Ini karena perubahan hormonal dan fisik yang terjadi selama kehamilan dapat membuat lingkungan di tubuh terasa berbeda.

Nah, itu penjelasan soal apakah mimpi hamil bisa memprediksi kehamilan. Apakah Mama juga sering mengalami mimpi hamil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk