TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Fakta Menstrual Cup Dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan

Ada yang berhasil hamil dengan metode ini, sehingga kamu pun bisa mencobanya

22 Juni 2022

Fakta Menstrual Cup Dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan
Freepik

Menstrual cup menjadi salah satu pengganti pembalut, berbentuk corong dan terbuat dari karet atau silikon. Saat ini, banyak perempuan beralih ke menstrual cup karena alasan praktis dan ramah lingkungan.

Namun ada juga yang menggunakannya karena menstrual cup dipercaya dapat membantu para calon mama agar dapat segera hamil.  

Beragam strategi dapat diterapkan untuk meningkatkan peluang kehamilan, dan menstrual cup merupakan strategi yang terbaru.

Benarkah produk ini dapat meningkatkan peluang perempuan untuk hamil atau ini hanya mitos belaka? Yuk, simak jawabannya pada ulasan Popmama.com tentang fakta menstrual cup dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Apakah Menstrual Cup Benar-Benar Bisa Meningkatkan Peluang Kehamilan?

Apakah Menstrual Cup Benar-Benar Bisa Meningkatkan Peluang Kehamilan
Pexels/cottonbro

Perangkat itu pasti bisa mendukung upaya kamu untuk hamil, menurut Sherry Ross, M.D., seorang ob-gyn, pakar kesehatan perempuan. "Dalam setiap ejakulasi, ada jutaan sperma yang berenang," catatnya.

"Berhubungan seks dan meminta suami 'menarik' untuk menyimpan sperma ke dalam menstrual cup adalah salah satu metodenya," kata Dr. Ross.

Cara lainnya, berhubungan seks dan segera memasukkan menstrual cup ke dalam vagina untuk memastikan sperma tetap di tempatnya, dekat dengan pintu masuk rahim. Pasangan yang menggunakan inseminasi buatan juga dapat menggunakan metode ini, catat Dr. Ross.

Menstrual cup yang penuh dengan sperma memungkinkan sperma hanya bergerak ke satu arah saja, yaitu menuju sel telur. Lendir serviks yang terkait dengan ovulasi membantu sperma berenang ke atas melalui serviks dan rahim yang akhirnya masuk ke tuba falopi tempat sperma keluar dan sel telur dibuahi.

Hanya dibutuhkan satu sperma untuk menembus sel telur untuk memungkinkan pembuahan terjadi. Setelah sel telur dibuahi, sel-sel terus membelah menciptakan embrio yang akhirnya berjalan ke dalam rahim di mana implantasi terjadi.

Dr. Ross juga menunjukkan bahwa menjaga sperma tetap dekat dengan serviks dan pintu masuk rahim untuk waktu yang lama dapat meningkatkan peluang kamu untuk hamil.

"Sperma yang sehat hidup selama tiga hari," jelas Dr. Ross. "Semakin lama sperma berada di leher rahim dan pintu masuk ke rahim, semakin besar kesempatannya untuk berenang ke tuba falopi untuk membuahi sel telur. Karena tidak ada pedoman nyata untuk menggunakan menstrual cup untuk membantu menjaga sperma di leher rahim, saya sarankan membiarkan menstrual cup di tempatnya selama beberapa saat."

Dr. Ross menyarankan mengikuti pedoman umum untuk memakai menstrual cup, yang tidak lebih dari 12 jam.

Menurut Daniel A. Skora, M.D., seorang ob-gyn, ahli endokrinologi reproduksi di Texas, mengatakan bahwa menyimpan menstrual cup lebih dari 12 jam dapat mengubah pH vagina. Ini akhirnya menyebabkan infeksi jamur dan bakterial vaginosis (BV).

Editors' Picks

Pengalaman Pengguna Menstrual Cup saat Program Hamil

Pengalaman Pengguna Menstrual Cup saat Program Hamil
Pixabay/PatriciaMoraleda

Dilansir dari laman Parents.com, Julia Dennison (36), seorang ibu dari Sunnyside berbagi pengalamannya. Ia menggunakan menstrual cup untuk mempercepat kehamilan. "Saya membaca tentang orang-orang yang menggunakan menstrual cup untuk menjaga sperma lebih dekat ke leher rahim setelah berhubungan seks. Karena sudah memiliki produk itu, saya pun mencobanya."

Dennison mengatakan bahwa penggunaannya sama seperti saat menstruasi. Bedanya, menstrual cup perlu tetap di dalam selama beberapa jam setelah berhubungan seks. "Dan bulan pertama saya mencobanya, saya hamil!" ungkapnya. "Itu mungkin hanya kebetulan, tapi saya pikir itu membantu. Saya pasti akan melakukannya lagi jika saya berencana untuk hamil lagi kelak."

Kisah Dennison adalah salah satu yang digaungkan oleh ibu-ibu lain yang menemukan kesuksesan dengan metode tersebut. Karly McBride (36) dari Springfield menceritakan bahwa dia dan suaminya berjuang dengan infertilitas faktor laki-laki. Ia pun membaca soal menstrual cup dari forum program kehamilan.

"Saya pikir itu patut dicoba dan membeli beberapa menstrual cup. Saya tidak pernah bisa mengatakan dengan pasti apakah itu yang membantu saya hamil setelah satu tahun mencoba, tetapi itu berhasil."

Cara Menggunakan dan Melepas Menstrual Cup

Cara Menggunakan Melepas Menstrual Cup
Freepik

Sebelum mempertimbangkan metode ini, bereksperimenlah terlebih dahulu untuk menggunakan menstrual cup. Karena menstrual cup bisa sedikit rumit untuk dimasukkan jika kamu belum pernah menggunakannya sebelumnya.

Cara memakai menstrual cup cukup sulit untuk mereka yang baru mencoba untuk menggunakannya. Berikut panduannya:

  • Pertama, kamu harus melumasi bibir corong dengan air supaya lebih mudah masuk.
  • Kedua, jepit corong benda tersebut menjadi dua menggunakan satu tangan.
  • Ketiga, yaitu memasukkan corong ke dalam vagina, lakukan dengan perlahan. Jangan khawatir tidak terbuka, karena saat sudah masuk menstrual cup akan otomatis terbuka.
  • Keempat, masukkanlah jari ke dalam vagina untuk memasang segel kedap udara agar tidak bocor.

Ada beberapa tahapan untuk melepaskannya:

  • Pertama, letakkanlah telunjuk dan jempol ke dalam vagina lalu tarik tangkainya secara perlahan. Pastikan jari mencapai bagian dasar corong.
  • Kedua, cubit bagian dasar corong tersebut guna melepaskan segel kedap udara. Lalu tarik corong keluar. Cuci menstrual cup dengan benar setelah digunakan.

"Ini adalah investasi yang lebih murah dibandingkan dengan perawatan kesuburan," tambah McBride.

Hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah tentang menstrual cup dan kehamilan, namun tidak ada salahnya untuk dicoba ya, Ma.

Apakah Menstrual Cup Layak Dicoba saat Program Hamil?

Apakah Menstrual Cup Layak Dicoba saat Program Hamil
Maxpixel.net

Meskipun ini mungkin bukan strategi konsepsi penelitian konvensional atau yang memiliki penelitian yang mendukungnya dulu, menstrual cup bisa menjadi metode yang layak dicoba.

Diskusikan dengan dokter sebelum kamu mencobanya. Meskipun pengalaman beberapa wanita mungkin hanya kebetulan, di sisi lain, bukan tidak mungkin mereka berhasil hamil karena cara ini.

Itu penjelasan tentang fakta menstrual cup dapat meningkatkan peluang kehamilan. Apakah kamu saat ini menggunakan menstrual cup?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk