Manfaat Manjakani untuk Program Hamil

Yuk, kenali manfaatnya agar program kehamilan kamu berjalan lancar!

5 Juli 2022

Manfaat Manjakani Program Hamil
Shopee

Saat program hamil, banyak cara dilakukan agar kamu bisa segera hamil. Mulai dari mengonsumsi makanan bernutrisi hingga menggunakan obat herbal.

Salah satu obat herbal yang dipercaya bisa membantu dalam program hamil adalah manjakani. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Mediterania, Asia, dan Timur Tengah.

Manjakani dipercaya bermanfaat untuk orgam intim perempuan. Namun bagaimana khasiatnya untuk program hamil? Jika kamu berencana untuk mencoba cara yang satu ini, simak dulu penjelasan Popmama.com tentang manfaat manjakani untuk promil alias program hamil. Apa saja, ya?

Apa itu Manjakani?

Apa itu Manjakani
Shopee

Tanaman manjakani (Quercus infectoria) banyak ditemukan di daerah Mediterania, Asia, dan Timur Tengah. Manjakani terkenal akan khasiatnya sebagai obat.

Nah, banyak yang mengira kalau buahnya yang dimanfaatkan. Namun jangan salah, di bagian batang manjakani terdapat tonjolan. Tonjolannya inilah yang digunakan untuk mendapatkan beragam manfaat kesehatan.

Manjakani dipercaya dapat membersihkan serta mengatasi infeksi jamur dan bakteri di organ intim perempuan. Sebagian perempuan bahkan menggunakannya untuk mengencangkan vagina.

Kandungan Manjakani

Kandungan Manjakani
Shopee

Manjakani mengandung beragam mineral, seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zat besi, mangan, zinc, dan nikel. Tanin dan antioksidan dari golongan polifenol dan flavonoid juga termasuk di dalamnya.

Secara farmakologi; manjakani memiliki zat antidiabetik, antitremorin, anastesi lokal, anti virus, anti bakteri, anti jamur, larvasida, dan anti inflamasi.

Dipercaya memiliki banyak manfaat bagi perempuan, apakah manjakani juga bisa digunakan untuk meningkatkan peluang hamil? Berikut beberapa manfaat manjakani untuk program hamil:

Editors' Picks

1. Mengatasi keputihan

1. Mengatasi keputihan
Pexels.com/Viktoria Slowikowska

Keputihan sering dialami oleh perempuan, namun kamu harus bisa membedakan mana keputihan normal dan tidak.

Keputihan normal biasanya terjadi karena pengaruh hormon, misalnya saat ovulasi atau selama kehamilan, sedangkan keputihan tidak normal dapat disebabkan oleh infeksi. Keputihan yang tidak normal itu biasanya berbau tidak sedap, berwarna, dan volumenya banyak.

Keputihan yang tidak ditangani dengan cepat dapat memengaruhi kesuburan. Ini disebabkan karena infeksi bakteri menyebar ke dalam vagina dan sekitarnya.

Manjakani dipercaya dapat menghambat pertumbuhan jamur Candida dan bakteri penyebab keputihan.

Keputihan yang tidak normal umumnya dapat diobati dengan antijamur atau antibiotik sesuai resep dokter. Jika kamu berencana untuk menggunakan Manjakani, tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan dokter dulu, ya!

2. Mengencangkan vagina

2. Mengencangkan vagina
Freepik/Beststudio

Tanin yang terkandung dalam manjakani dipercaya dapat mengencangkan dinding dan membran vagina. Vagina yang kendur tidak hanya membuat kamu endah diri, tetapi juga dapat mengurangi kenikmatan berhubungan intim.

Selain manjakani, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengencangkan vagina, seperti senam kegel, mengonsumsi kacang kedelai, mengonsumsi makanan bernutrisi, atau terapi dan operasi. Pilih cara yang paling aman dan terbaik buat kamu, ya.

3. Meningkatkan pelumasan vagina dan mengurangi kekeringan

3. Meningkatkan pelumasan vagina mengurangi kekeringan
Unsplash/Malvestida Magazine

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Obstetrics and Gynecology mengungkapkan bahwa penggunaan manjakani dapat melubrikasi vagina dan mengurangi kekeringan. Ekstrak manjakani dalam bentuk jeli diaplikasikan pada 120 pasien.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menggunakan ekstrak manjakani, terjadi peningkatan kepuasan seksual dan orgasme, lubrikasi vagina dan berkurangnya kekeringan vagina.

Pada akhirnya, ini kepuasan ini dapat membantu pasangan yang sedang melakukan program hamil.

4. Mencegah infeksi

4. Mencegah infeksi
Freepik/pikisuperstar

Efek antimikroba pada manjakani juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada organ intim.

Ekstrak manjakani dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi, seperti E.coli, Klebsiella, Salmonella, dan jamur Candida albicans.

Secara umum, manjakani digunakan dalam bentuk jamu yang diseduh atau pil, juga obat oles. Namun hingga saat ini, belum banyak penelitian dilakukan mengenai manfaat manjakani untuk kesehatan dan juga program hamil. Informasi tentang manfaat manjakani sebagian besar diperoleh dari mulut ke mulut, lewat orang yang pernah menggunakannya.

Yang terpenting, diskusikan dengan dokter jika kamu berencana untuk menggunakannya, terutama saat program hamil.

Nah, itu penjelasan tentang manfaat manjakani untuk promil. Apakah kamu pernah menggunakan manjakani?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk