Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi: Ini Cara Kerja dan Tingkat Akurasinya

Apakah tes kehamilan ini benar-benar akurat, Ma?

10 November 2020

Tes Kehamilan Pasta Gigi Ini Cara Kerja Tingkat Akurasinya
Freepik/tatianakim

Selain menggunakan test pack yang banyak dijual di pasaran, ada beberapa cara untuk melakukan tes kehamilan di rumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi dipercaya dapat bereaksi terhadap urine saat kamu positif hamil.

Meskipun ini merupakan alternatif murah, mudah, dan menyenangkan, apakah hasilnya akurat? Bagaimana cara kerjanya?

Kali ini Popmama.com akan membahas soal tingkat akurasi tes kehamilan dengan pasta gigi. Seperti apa, ya?

Bagaimana Cara Menggunakan Pasta Gigi untuk Mengetes kehamilan?

Bagaimana Cara Menggunakan Pasta Gigi Mengetes kehamilan
Freepik/tatianakim

Tes ini tidak membutuhkan persiapan yang rumit. Mama hanya memerlukan sampel urine, pasta gigi putih biasa, dan cangkir kecil untuk memeriksa reaksinya.

Berikut langkahnya:

  • Masukkan pasta gigi ke dalam cangkir kosong.
  • Siapkan urine dalam cangkir terpisah dan tambahkan beberapa tetes urine secara perlahan ke dalam cangkir yang berisi pasta gigi.
  • Tunggu reaksinya.
  • Jika pasta gigi berubah warna atau mengeluarkan desis berarti hasilnya kamu positif hamil.

Editors' Picks

Membaca Hasil Tes Kehamilan Pasta Gigi

Membaca Hasil Tes Kehamilan Pasta Gigi
Freepik

Cara membaca hasil tes ini sangat mudah. Kamu tinggal memerhatikan perubahan warna dan apakah ada suara desis dari campuran pasta gigi dan urine.

  • Hasil positif menunjukkan adanya perubahan warna atau desis, yang dianggap sebagai respons terhadap hormon hCG.
  • Hasil negatif tidak menunjukkan reaksi, dan campuran tetap utuh serta tidak mendesis.

Bagaimana Cara Tes ini Bekerja?

Bagaimana Cara Tes ini Bekerja
Freepik

Para ahli meragukan validitas tes dan tidak percaya bahwa bahan dalam pasta gigi bereaksi dengan hormon kehamilan hCG dalam urine. Ini cenderung bekerja mirip dengan tes kehamilan biasa.

Secara teoritis, setiap reaksi yang menggabungkan urine dan pasta gigi dapat mengeluarkan buih karena sifat asam dari urine dan ini mungkin bukan hCG dalam urine.

Untuk memastikannya, kamu dapat meminta pasangan untuk mencobanya juga. Jika tidak ada reaksi yang sama, kamu mungkin positif hamil. Namun untuk lebih memastikannya lagi, tetap lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Pasta gigi mengandung kalsium karbonat, yang bereaksi dengan urine asam, menghasilkan karbon dioksida yang berbusa. Semakin asam urine, semakin tinggi desisnya.

PH urine biasanya asam dan berkisar antara <6,0 hingga 7,5. Keasaman pasta gigi berkisar dari sangat asam hingga sangat basa. Hasil tes kehamilan pasta gigi bergantung pada tingkat pH urine dan pasta gigi yang digunakan.

bHCG diproduksi dari sel plasenta setelah pembuahan tetapi sejumlah kecil diproduksi dari bagian tubuh lain seperti kelenjar hipofisis, hati, usus besar dan tumor. Setelah pembuahan jumlah bHCG meningkat secara bertahap.

Apakah Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi Akurat?

Apakah Tes Kehamilan Pasta Gigi Akurat
Freepik/4045

Tes kehamilan dengan pasta gigi tidak akurat atau sebaiknya tidak diandalkan. Tetapi kamu dapat menggunakannya untuk bersenang-senang. Ini hanyalah salah satu tes kehamilan DIY yang menyenangkan yang dapat kamu coba.

Tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa pasta gigi dapat mendeteksi hormon hCG. Jika hasil tes tidak mendesis, hal itu mungkin disebabkan kandungan asam dalam urine yang lebih sedikit.

Nah itulah tingkat akurasi tes kehamilan dengan pasta gigi. Tes kehamilan DIY apakah yang pernah Mama coba dan bagaimana hasilnya? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.