Wajib Dicoba: 7 Camilan Sehat untuk Mendukung Program Hamil

Selain sehat, camilan ini dapat mendongkrak kesuburan juga

23 Juni 2020

Wajib Dicoba 7 Camilan Sehat Mendukung Program Hamil
Freepik

Memiliki bayi mungil yang lucu menjadi impian sebagian besar pasangan yang baru menikah. Untuk mewujudkannya, sebagian pasangan suami istri memilih untuk mengikuti program hamil dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan sejumlah obat-obatan atau vitamin untuk meningkatkan kesuburan.

Penelitian mengungkapkan bahwa makanan yang dikonsumsi juga dapat berpengaruh terhadap kesuburan dan kemungkinan hamil.

Jadi bukan tidak mungkin kalau program hamil dapat diawali dengan konsumsi makanan sehat atau memulai program hidup sehat. Perlu diketahui, untuk mulai mengonsumsi makanan sehat tidak harus dilakukan ketika sudah hamil. Kamu dapat memulainya sejak dini, yaitu ketika melakukan program hamil ini.

"Menjaga tubuh tetap sehat dan makan makanan yang bernutrisi sangat penting ketika mencoba memiliki anak. Terutama karena nutrisi yang dikonsumsi akan memengaruhi semua aspek tubuh, mulai dari energi hingga hormon," ungkap ahli nutrisi Holley Grainger.

Semua makanan, termasuk camilan yang Kamu konsumsi, dapat mendongkrak kesuburan. Jadi, camilan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi ketika sedang melakukan program hamil?

Yuk, cek ulasan Popmama.com berikut ini mengenai tujuh camilan untuk program hamil yang sehat:

1. Es krim

1. Es krim
Pexels/Jonathan Borba

Kamu suka makan es krim? Berarti ini merupakan salah satu camilan yang tepat. Satu atau dua porsi asupan susu atau produk berbasis susu lainnya (termasuk es krim) per hari akan sangat bermanfaat bagi kesuburan serta membantu proses ovulasi dalam tubuh seorang wanita.

Jangan pilih es krim yang rendah lemak ya. Susu skim dan susu rendah lemak justru memberi dampak yang sebaliknya, yaitu menghambat kesuburan.

2. Pisang

2. Pisang
Freepik/prostooleh

Pisang mengandung banyak nutrisi penting, salah satunya adalah vitamin B6. Vitamin B6 adalah salah satu vitamin yang paling penting dalam pembuahan karena berfungsi untuk mengatur hormon.

Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan juga dapat menyebabkan pertumbuhan sperma dan sel telur terganggu.

Editors' Picks

3. Kacang-kacangan

3. Kacang-kacangan
Pixabay/ExplorerBob

Kacang-kacangan adalah makanan ajaib pendongkrak kesuburan. Data penelitian menemukan bahwa wanita yang terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani, 39 persen lebih sulit untuk hamil.

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat kaya nutrisi. Jadi, cobalah menambahkan berbagai jenis kacang-kacangan dalam camilan kamu sehari-hari.

Salah satunya adalah kacang almond. Almond dianggap kacang terbaik untuk program hamil bagi wanita karena mengandung vitamin E dan asam lemak omega 3. Ini yang membuat almond menjadi makanan yang baik untuk kesuburan.

4. Kentang

4. Kentang
Freepik/dashu83

Kamu harus memasukkan kentang dalam daftar camilan selama program hamil. Konsumsi kentang dapat meningkatkan pembelahan sel, sehingga mempertinggi kemungkinan produksi ovum sehat.

Banyak variasi kentang yang dapat Kamu konsumsi, seperti pastel tutup, mashed potato, atau kroket.

5. Salad

5. Salad
Freepik

Sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran hijau seperti kale, horenzo, brokoli dapat dijadikan camilan sehat dalam bentuk salad. Meskipun dalam jumlah sedikit, kandungan yang diterima tubuh sangat banyak. 

Salad mengandung banyak vitamin, mineral, dan phytonutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme.

Selain itu juga mengandung makronutrisi (karbohidrat, lemak, dan protein) dalam komposisi yang sehat dan seimbang untuk tubuh.

6. Yoghurt

6. Yoghurt
Freepik/nensuria

Produk susu yang kaya lemak ditengarai bisa membantu wanita meningkatkan kesuburan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada partisipan di Nurses Health Study mengungkap bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya satu porsi produk susu (seperti yoghurt atau keju) serta susu murni setiap hari memiliki kesuburan yang lebih baik dibandingkan dengan partisipan yang tidak mengonsumsi produk susu.

Sebaliknya, susu rendah lemak dan susu skim justru bisa mengurangi kesuburan. Peneliti belum menemukan penyebabnya, namun secara teori menghilangkan lemak dari susu bisa mengubah keseimbangan hormon seks yang nantinya memengaruhi kemungkinan ovulasi.

Bagi wanita yang ingin cepat hamil, peneliti di Harvard menyarankan untuk mengonsumsi satu porsi yoghurt kaya lemak dan segelas susu setiap hari.

7. Strawberry dan blueberry

7. Strawberry blueberry
Pixabay/Couleur

Buah dari golongan berries seperti strawberry dan blueberry memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan produksi sel sperma dan kematangan sel telur.

Antioksidan yang ada pada strawberry dan blueberry membantu tubuh membuang sisa metabolisme dan hasil oksidasi dari tubuh. Ini akan membantu penyerapan nutrisi ke sel dan memperlancar siklus metabolisme.

Camilan sehat, selain dapat mendorong kesuburan, juga dapat mengurangi keinginan tubuh untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat, seperti gorengan, makanan manis, atau minuman bersoda.

Nah, itulah tujuh camilan untuk program hamil. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, mulai pola makan sehat dari sekarang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.