TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kandungan Skincare yang Aman Digunakan saat Program Hamil

Penting untuk memperhatikan kandungan skincare yang digunakan saat program hamil, ya!

11 Agustus 2022

Kandungan Skincare Aman Digunakan saat Program Hamil
Freepik/Lifestylememory

Berbagai masalah kulit mungkin akan muncul saat kamu sedang melakukan perawatan kesuburan. Seperti wajah berjerawat, kering, hingga melasma. Kondisi ini umum terjadi karena disebabkan oleh perubahan hormon.

Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu jangan asal menggunakan produk skincare, ya! Pilihlah produk skincare yang aman digunakan saat program hamil untuk meminimalisir segala risiko atau masalah kesehatan.

Berikut Popmama.com rangkum kandungan skincare yang aman digunakan saat program hamil. Bila perlu konsultasikan produk skincare yang digunakan dengan dokter yang telah dipercaya.

1. Salicylic acid

1. Salicylic acid
Freepik/freepik

Salah satu kandungan skincare yang aman digunakan saat program hamil adalah salicylic acid. Meski aman, perhatikan jumlah salicylic acid pada produk yang hendak digunakan. Pastikan jumlah kandungan salicylic acid-nya tidak lebih dari dua persen, ya!

Hasil penelitian yang diterbikan International Journal of Toxicology menyebut, tidak ada peningkatan risiko efek samping yang signifikan seperti malformasi dan kelahiran prematur, pada perempuan yang menggunakan produk skincare dengan kandungan salicylic acid dalam jumlah batas yang aman.

Editors' Picks

2. Vitamin C 

2. Vitamin C 
Unsplash/Diana Polekhina

Selanjutnya, kandungan skincare yang aman digunakan saat program hamil adalah vitamin C. Vitamin C berperan untuk meningkatkan kolagen pada kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih kenyal dan mengatasi bagian gelap pada kulit.

Hasil penelitian yang diterbitkan Scientific Report menyebutkan jika vitamin C menjadi satu-satunya antioksidan yang dapat merangsang produksi kolagen. Kandungan vitamin C ini dapat menjadi alternatif alami pengganti retinoid.

3. Hyaluronic acid

3. Hyaluronic acid
Freepik

Kandungan hyaluronic acid dinilai cukup aman digunakan saat program hamil. Hyaluronic acid dipercaya tidak memiliki pengaruh kesehatan untuk Mama maupun bayinya dalam kandungan.

Meski aman, kamu tetap harus teliti dengan jumlahnya, ya. Sebaiknya pilihlah produk skincare yang rendah kandungan hyaluronic acid-nya. Kandungan hyaluronic acid pada skincare berperan untuk membantu melembapkan kulit.

4. Zinc oxide

4. Zinc oxide
Freepik/Rawpixel

Kandungan skincare lainnya yang aman digunakan saat program hamil adalah zinc oxide. Zinc oxide banyak ditemukan pada produk sunscreen. Kandungan ini tidak menyerap kulit namun tetap berada pada permukaan kulit sehingga cukup aman digunakan oleh perempuan yang sedang menjalani program hamil hingga menyusui.

5. Niacinamide 

5. Niacinamide 
Pexels.com/Anna Shvets

Niacinamide juga termasuk kandungan skincare yang aman digunakan saat program hamil. Jurnal yang diterbitkan The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebut, niacinamide memiliki kandungan antioksidan.

Peran antioksidan tersebut dapat mengurangi hiperpigmentasi kulit, mengurangi kerutan dan garis-garis halus di wajah, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Itu tadi daftar kandungan skincare yang aman digunakan saat program hamil. Pastikan kamu memilih produk skincare yang aman saat program hamil, ya!

Artikel ini merupakan kerja sama antara Popmama.com dengan Pusat Fertilitas Bocah Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut soal Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, Mama dan Papa bisa mengunjungi situs bocahindonesia.com.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk