TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pilihan Program Hamil untuk Perempuan dengan Haid Tidak Teratur

Jangan khawatir, perempuan dengan haid tidak teratur juga bisa hamil

4 Oktober 2022

Pilihan Program Hamil Perempuan Haid Tidak Teratur
Freepik/Freepik

Salah satu penyebab perempuan susah hamil adalah karena haid yang tidak teratur. Siklus haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), stres, gangguan tiroid, obesitas, hingga pre-menopause.

Meski perempuan yang haid tidak teratur susah untuk hamil, bukan berarti kamu tidak bisa hamil. Kamu tetap memiliki kesempatan untuk hamil dengan merencanakan program hamil yang tepat.

Di bawah ini Popmama.com sudah merangkum pilihan program hamil untuk perempuan dengan haid tidak teratur. Apa saja?

Bayi Tabung

Bayi Tabung
Freepik/macrovector

Program hamil yang jadi pilihan kamu salah satunya adalah bayi tabung. Program bayi tabung bisa dilakukan bagi kamu yang mengalami gangguan ovulasi maupun beberapa indikasi lainnya.

Melalui program hamil ini, sperma yang telah diambil dari pasangan dan sel telur yang telah diambil dari ibu akan dibuahkan di laboratorium khusus dan menghasilkan embrio. Nantinya, embrio akan dipantau perkembangannya hingga hari ke-5.

Embrio yang telah mengalami perkembangan akan dimasukkan ke dalam rahim calon Mama. Proses inilah yang disebut sebagai embryo transfer.

Program Hamil Alami

Program Hamil Alami
Freepik/master1305

Perempuan dengan haid tidak teratur juga bisa hamil secara alami, namun menyesuaikan dengan kondisi tubuh kamu.

Jika kondisi tubuh kamu memungkinkan untuk hamil secara alami, dokter akan menganjurkan kamu melakukan sanggama terjadwal.

Sanggama terjadwal merupakan melakukan hubungan intim dengan pasangan namun terjadwal oleh dokter. Hal ini tentu untuk meningkatkan peluang kamu cepat hamil.

Inseminasi Buatan

Inseminasi Buatan
www.youtube.com
Inseminasi buatan bisa tentukan jenis kelamin bayi

Jika program hamil secara alami belum berhasil meski telah melakukan senggama terjadwal, kamu bisa melakukan program hamil lewat inseminasi intrauterine atau inseminasi buatan.

Melalui inseminasi buatan, nantinya sperma akan disuntikkan ke dalam rahim untuk “mempercepat” sperma bertemu dengan sel telur untuk segera dibuahi.

Itu tadi pilihan program hamil untuk perempuan dengan haid tidak teratur. Konsultasikan dengan dokter mengenai pilihan program hamil terbaik agar kehamilan yang kamu dan pasangan inginkan bisa terwujud dengan segera.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Popmama.com dengan Pusat Fertilitas Bocah Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut soal Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, Mama dan Papa bisa mengunjungi situs bocahindonesia.com.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk