Awas Salah Memahami, Kenali Garis Evaporasi pada Alat Tes Kehamilan

Tampak dua garis, tapi kok yang satunya janggal ya?

26 Februari 2021

Awas Salah Memahami, Kenali Garis Evaporasi Alat Tes Kehamilan
Freepik/WayhomeStudio

Saat ini hidup kita telah dipermudah dengan munculnya teknologi-teknologi yang membantu keseharian kita. Tak terkecuali di bidang kesehatan. Ada banyak alat-alat kesehatan yang dapat kita gunakan untuk memantau kondisi awal kesehatan kita, bahkan hanya dari rumah saja. Salah satunya adalah alat tes kehamilan.

Alat tes kehamilan memang relatif mudah digunakan. Tetapi terkadang ada hal-hal yang tidak kita ketahui yang dapat memengaruhi hasilnya. Garis evaporasi, misalnya. Apa itu garis evaporasi? Berikut Popmama.com merangkum informasi tentang garis evaporasi pada alat tes kehamilan, dilansir dari Firstcry:

Cara Kerja Alat Tes Kehamilan Rumahan

Cara Kerja Alat Tes Kehamilan Rumahan
Freepik/Rawpixel.com

Semua alat tes kehamilan rumahan pada dasarnya bekerja dengan prinsip yang sama. Terdiri dari sebuah stik yang butuh terkena air seni dan ditunggu sejenak untuk menunjukkan hasilnya. 

Alat tes kehamilan diciptakan untuk menguji apakah ada hormon yang disebut dengan human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini adalah tanda utama kehamilan yang jumlahnya cukup baik di pagi hari. Itulah mengapa disarankan menggunakan alat tes kehamilan di pagi hari. 

Editors' Picks

Apa Itu Garis Evaporasi?

Apa Itu Garis Evaporasi
Freepik/maksymiv_yura

Setiap alat tes kehamilan membutuhkan waktu tertentu untuk menampilkan hasilnya, sekitar kurang lebih lima menit. Apabila alat dibiarkan lebih lama dari itu, yang terjadi adalah garis samar yang muncul di area di mana hasilnya ditampilkan. Garis ini disebut dengan garis evaporasi atau garis penguapan. 

Garis evaporasi biasanya muncul jika ada kesalahan penggunaan alat tes kehamilan yang tidak sesuai dengan petunjuk yang disarankan. 

Mengidentifikasi Garis Evaporasi pada Alat Tes Kehamilan

Mengidentifikasi Garis Evaporasi Alat Tes Kehamilan
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Garis hasil pengujian dan garis evaporasi memiliki perbedaan. Garis evaporasi memiliki warna yang sangat samar, tidak setebal, dan sejelas garis hasil pengujian. Garis penguapan ini memang tidak muncul di setiap tes kehamilan yang dilakukan. Terkadang, komposisi kimiawi urine seseorang dapat menyebabkan garis penguapan muncul. 

Jika alat tes kehamilan digunakan dengan baik sesuai petunjuk dan menghasilkan garis evaporasi, kemungkinan garis tersebut bisa diabaikan. 

Perbedaan Garis Evaporasi dengan Garis Hasil Pengujian?

Perbedaan Garis Evaporasi Garis Hasil Pengujian
Freepik/freepik

Garis evaporasi muncul hanya setelah alat tes kehamilan dicelupkan pada urine lebih lama dari waktu yang ditentukan. Garis tersebut muncul di atasnya, tipis, dan tidak berwarna. Cenderung tidak dapat tertangkap mata dengan mudah. Sedangkan garis hasil pengujian terlihat tebal, warnanya kuat, dan tampak dengan sendirinya.

Hasil Tes Samar dan Garis Evaporasi, Apa Bedanya?

Hasil Tes Samar Garis Evaporasi, Apa Bedanya
Freepik

Hasil tes kehamilan samar positif muncul dengan sendirinya pada alat tes dalam bentuk garis sangat tebal yang sama lebarnya dengan garis kontrol. Sedangkan garis evaporasi yang terjadi karena urine yang mengering, relatif lebih tipis daripada garis kontrol pada alat, dan tidak sejelas yang lain. 

Waktu reaksi merupakan kunci penting dalam membedakan dua garis ini. Jika Mama hamil, garis kehamilan akan muncul pada rentang waktu reaksi yang disebutkan dalam petunjuk. Garis evaporasi tidak akan muncul begitu cepat karena membutuhkan waktu untuk mengering dan menunjukkan garisnya. 

Ketika garis hasil pengujian muncul, warnanya sama persis dengan garis kontrol alat. Beberapa merek mungkin memiliki warna yang berbeda, tetapi biasanya jelas dan mudah terlihat. Garis evaporasi biasanya tidak berwarna, bahkan tidak ada warna apapun. 

Apabila Mama merasa tidak yakin dengan hasil alat tes kehamilan rumahan, tetapi merasakan gejala-gejala kehamilan, sebaiknya memastikannya dengan menguji ke dokter kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.