4 Cara Alami Meningkatkan Produksi Hormon Progesteron agar Cepat Hamil

Cara ini aman dan tidak membahayakan serta mudah dilakukan

15 September 2020

4 Cara Alami Meningkatkan Produksi Hormon Progesteron agar Cepat Hamil
pixels.com

Tahukah Mama, faktor yang berperan dalam kesuksesan pembuahan adalah tingkat hormon dalam tubuh mama. Ketidakseimbangan hormon adalah penyebab ketidaksuburan. Kadar hormon progresteron lah salah satunya. 

Rendahnya produksi hormon progresteron di tubuh menghambat peluang kehamilan. Untungnya, ada cara yang bisa Mama lakukan untuk meningkatkannya.

Berikut Popmama.com merangkum cara meningkatkan hormon progesteron agar cepat hamil, dilansir dari MomJunction:

Mengapa Hormon Progesteron Penting bagi Kesuburan?

Mengapa Hormon Progesteron Penting bagi Kesuburan
Freepik

Progesteron adalah hormon reproduksi perempuan yang mengontrol menstruasi dan kesuburan. Hormon ini memainkan peranan penting dalam mengelola kehamilan kelak. Korpus luteum, kelenjar penghasil hormon sementara di ovarium menghasilkan hormon ini setelah ovulasi dan mempersiapkan lapisan rahim untuk implantasi sel telur yang telah dibuahi.

Ketika Mama hamil, hormon tersebut semakin aktif dan membantu mengembangkan pembuluh darah di lapisan rahim untuk memasok nutrisi ke janin. Jika tidak terjadi pembuahan, tingkat progesteron turun dan terjadilah menstruasi.

Meskipun penyebabnya tidak dapat diketahui pasti, ada beberapa teori penyebab rendahnya progesteron pada perempuan. Berikut ini beberapa cara meningkatkan hormon progesteron, yaitu:

Editors' Picks

1. Hindari olahraga berlebihan

1. Hindari olahraga berlebihan
Freepik/jcomp

Apabila Mama melakukan olahraga berat dalam jangka waktu lama, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak kortisol atau hormon stres daripada progesteron. Sebaiknya berolahragalah sewajarnya. Idealnya adalah empat hari seminggu sekitar 30-60 menit sehari.

2. Mengelola berat badan yang sehat

2. Mengelola berat badan sehat
Freepik/Rawpixel-com

Peningkatan berat badan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hal ini akan memicu produksi kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron. Jadi, jika Mama berencana hamil, kelolalah berat badan yang sehat terlebih dahulu.

3. Mengurangi tingkat stres

3. Mengurangi tingkat stres
Freepik/yanalya

Stres psikologis yang berkepanjangan membuat tubuh melepaskan kortisol atau hormon stres untuk mengelola stres. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hal ini menghasilkan penurunan jumlah progesteron dalam tubuh. Jadi, sebaiknya Mama mencoba mengelola stres dengan cara yang benar untuk menjaga keseimbangan hormon mama.

4. Fokus pada diet

4. Fokus diet
Pexels/Ella Olsson

Memang, makanan tidak mengandung hormon progesteron. Akan tetapi, dengan menjalani diet yang sehat, dapat membantu mengatur kadar hormon dalam tubuh. Ini termasuk konsumsi makanan yang kaya akan seng (labu, daging merah, kacang almond), omega-3 (telur, kacang walnut, susu, ikan), makanan yang kaya akan vitamin B6, C, dan E, serta serat. 

Sangat mudah meningkatkan hormon progesteron agar cepat hamil secara alami. Cara-cara di atas aman dan efektif, dan jauh lebih baik ketimbang mengonsumsi suplemen. Jadi, konsumsilah makanan sehat, hindari stres, dan olahraga secukupnya untuk meningkatkan produksi hormon progesteron sehingga berpeluang hamil lebih besar.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.