Jangan Terburu-buru, Persiapkan 5 Hal Ini Dulu sebelum Program Hamil

Bukan cuma sehat fisik, tapi juga sehat mental dan finansial

28 Februari 2021

Jangan Terburu-buru, Persiapkan 5 Hal Ini Dulu sebelum Program Hamil
Freepik/jcomp

Alangkah indahnya kehidupan berumahtangga jika dilengkapi dengan kehadiran buah hati di tengah keluarga. Meski mungkin memiliki anak bukan satu-satunya tujuan pernikahan sebagian orang, tetapi sebagian besar orang menginginkannya segera setelah menikah. 

Namun, harus diakui, memiliki anak dan merawatnya membutuhkan kesiapan mental, fisik, dan finansial. Jangan khawatir, Ma. Semuanya dapat berjalan dengan lancar, dengan persiapan dan langkah investasi yang tepat.

Berikut Popmama.com punya lima daftar hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum program hamil:

1. Mulailah dengan investasi kesehatan

1. Mulailah investasi kesehatan
Freepik/rawpixel.com

Ini adalah waktu yang tepat untuk membangkitkan semangat berolahraga. Jadilah bugar setiap harinya, raihlah berat badan ideal dan sehat yang dibutuhkan untuk persiapan kehamilan. Pilih olahraga yang kamu sukai dan perhatikan bagaimana dengan rutin melakukannya, Kamu akan merasa lebih berenergi dan bugar dari hari ke hari. 

Jika kamu dan pasangan sulit konsisten dengan berolahraga sendiri, bergabunglah dengan kelas-kelas olahraga. Cara ini klasik, tapi terbukti efektif karena dengan membayar kelas, kalian akan merasa sayang jika tidak mengikutinya dan membuang uang sia-sia. 

Selain berolahraga, penting untuk senantiasa makan makanan sehat dan beristirahat cukup, mengurangi potensi stres, dan menjalankan gaya hidup sehat.

Editors' Picks

2. Memelihara kesehatan reproduksi

2. Memelihara kesehatan reproduksi
Freepik

Kunjungi dokter kandungan atau ginekolog untuk melakukan pemeriksaan prakonsepsi. Pemeriksaan yang tepat waktu dapat membantu dokter untuk mengurangi terjadinya kemungkinan komplikasi. Dokter mungkin juga akan menyarankan beberapa tes kesehatan kamu dan pasangan, serta meresepkan vitamin prenatal. 

3. Mempersiapkan finansial

3. Mempersiapkan finansial
Freepik/jcomp

Kehamilan dan kelahiran, harus diakui, adalah hal yang menguras banyak biaya. Belum lagi kehidupan setelah bayi lahir sampai ia dewasa kelak. Jangan sampai mengorbankan kesejahteraan anak hanya karena orangtua yang tidak benar-benar siap merencanakan finansial yang baik. 

Di masa kehamilan nanti, kamu membutuhkan kontrol kehamilan rutin, USG, dan obat-obatan terkait kehamilan. Jelang waktunya melahirkan, kamu perlu mempersiapkan berbagai peralatan bayi dan biaya persalinannya. 

Jika Mama merasa kesulitan mengelola keuangan sendiri, kamu bisa berkonsultasi dengan perencana finansial keluarga untuk membantu kamu mengatur semua biaya yang diperlukan. 

4. Mengikuti kelas persiapan kehamilan

4. Mengikuti kelas persiapan kehamilan
Pexels/Vlada Karpovich

Kehamilan tidak sesederhana yang terlihat. Ada banyak hal-hal baru yang perlu dipelajari, yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan kamu akan mempelajarinya. Dari kelas senam hamil, merawat bayi, sampai perkembangan bayi. 

Ikutilah kelas-kelas persiapan yang kini banyak dilangsungkan secara daring. Kelas-kelas ini dapat memberikan informasi yang diperlukan yang mungkin sebelumnya tidak pernah kamu dengar dan ketahui dari orangtua kita. Anggaplah ini sebagai investasi pengetahuan yang bermanfaat untuk kesehatan kehamilan sampai persalinan, dan dalam mengasuh bayi kelak.

5. Mempersiapkan tabungan darurat

5. Mempersiapkan tabungan darurat
Freepik

Tabungan darurat mungkin dulunya tak begitu dihiraukan saat seseorang belum menikah. Tetapi ketika kamu sudah menikah dan berencana memiliki anak, tabungan darurat wajib hukumnya. Bukan mengharap hal buruk terjadi lho. Tetapi dengan memiliki tabungan darurat, kita bisa lebih tenang menghadapi kemungkinan jika musibah terjadi. 

Bayi dan anak-anak rentan kecelakaan. Begitu pula kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga yang harus segera dipenuhi. Memiliki tabungan darurat sebesar tiga hingga enam bulan pendapatan adalah cara yang terbaik untuk memulainya. 

Kehadiran anggota keluarga baru disertai dengan daftar tanggung jawab yang panjang dan tidak main-main. Mempersiapkannya dengan baik secara bertahap akan menghindarkan kamu dari stres dan konflik. Prioritaskan dan tangani hal terpenting dalam daftar ini. 

Karena tagihan medis dan asuransi akan menjadi kewajiban finansial pertama yang akan dihadapi, mulailah dari poin ini sembari mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Lanjutkan dengan menganggarkan untuk kehamilan hingga beberapa bulan pertama kehidupan bayi. 

Nah, itulah lima hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalani program hamil. Semoga artikel ini menginspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.