Pijat Kesuburan untuk Dukung Program Hamil, Apakah Efektif?

Jenis pijat yang satu ini dipercaya meningkatkan peluang kehamilan

23 Februari 2021

Pijat Kesuburan Dukung Program Hamil, Apakah Efektif
Pexels/Andrea Piacquadio

Setiap pasangan yang sudah menikah umumnya mendambakan segera kehadiran sang Buah Hati di tengah-tengah keluarga. Meskipun begitu, usaha untuk hamil bagi sebagian orang begitu menyulitkan dan proses yang harus diakui membuat tertekan. Terutama ketika test pack tak kunjung menunjukkan hasil positif.

Ada berbagai metode untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Salah satunya adalah pijat kesuburan. Jenis pijat ini bertujuan untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan organ reproduksi. 

Efektifkah melakukan pijat kesuburan untuk mendukung program hamil? Berikut Popmama.com merangkum serba-serbinya, dilansir dari Firstcry:

1. Keseimbangan hormon

1. Keseimbangan hormon
Freepik/chevanon

Pijat secara teratur dapat meningkatkan aliran darah ke organ-organ tubuh. Dengan aliran darah yang lancar maka hormon yang ada dalam darah dapat sampai ke tujuan dengan baik. Ini sangat penting dalam banyak kasus kesehatan, seperti ovulasi, penebalan lapisan endometrium di dalam rahim dan regulasi siklus menstruasi. 

Pijat kesuburan dapat meningkatkan fungsi hati dan detoksifikasi tubuh sehingga membantu tubuh membuang kelebihan estrogen dan mencegahnya mendominasi tubuh. Pijat kesuburan juga dianggap dapat melepaskan hormon yang menimbulkan perasaan senang, seperti oksitoksin.

Editors' Picks

2. Meningkatkan oksigen dalam darah

2. Meningkatkan oksigen dalam darah
Freepik/Wavebreakm

Saat aliran darah meningkat, begitu juga dengan sirkulasinya. Dengan begitu, lebih banyak oksigen dalam darah yang akan masuk ke jaringan. Setiap sel dalam tubuh membutuhkan darah dengan oksigen agar tetap sehat. Tak terkecuali reproduksi kita. 

Pasokan darah beroksigen ke rahim diperlukan untuk kesuksesan transfer telur selama IVF. Lapisan endometrium juga penting untuk mendukung implantasi sel telur, membantu sperma masuk ke jalur yang tepat, dan mengoptimalkan kualitas lendir serviks untuk memberikan lingkungan yang sehat pada sel telur. 

3. Mengurangi limbah tubuh

3. Mengurangi limbah tubuh
Pexels/Andrea Piacquadio

Sirkulasi tubuh yang baik tidak hanya membantu mendapatkan aliran darah yang baik, tetapi juga meningkatkan getah bening dan aliran darah ke luar. Hal ini dapat memperbaiki jaringan karena limbah seluler alami dalam tubuh dibuang. 

Pijat kesuburan dapat membantu rahim membersihkan semua darah yang menempel di dalamnya setelah menstruasi. Darah ini biasanya berwarna kecokelatan dan ke luar di awal dan akhir menstruasi, dan biasanya akan luruh saat rahim dimiringkan ke samping, ke belakang atau ke depan. Alasan lain mengapa darah lama tersangkut di dalam rahim karena rahim mengalami kesulitan berkontraksi dan mengeluarkannya karena sirkulasi tubuh yang buruk. 

Darah lama yang menumpuk dalam tubuh dapat menjadi racun yang menyebabkan nyeri haid hebat. 

4. Mengatasi jaringan parut

4. Mengatasi jaringan parut
Pexels/Pixabay

Pijat kesuburan dapat membantu memecah adhesi dan jaringan parut yang berhubungan dengan histerektomi, operasi caesar, masalah panggul, saluran tuba yang tersumbat dan operasi perut. Dengan pijat kesuburan, maka akan membantu meningkatkan sirkulasi yang baik, dari dan ke semua organ tubuh. 

5. Mengurangi nyeri

5. Mengurangi nyeri
Freepik/pressphoto

Tubuh perlu membuang cairan yang menumpuk dan darah lama agar nyeri haid berkurang dan meningkatkan kesehatan rahim. Pijat akan meningkatkan motilitas usus, membantu detoksifikasi tubuh melalui buang air besar secara teratur. 

Karena usus besar letaknya berdekatan dengan sistem reproduksi, maka jika terjadi masalah di daerah tersebut dapat berdampak besar pada kesehatan rahim. Misalnya, racun yang disebabkan oleh sembelit dapat menumpuk di area tersebut dan berdampak negatif pada kesehatan sistem reproduksi. Ini juga dapat menciptakan lingkungan yang dapat menyebabkan rasa sakit. Oleh karena itu, memijat area tersebut dapat mendorong pelepasan obat penghilang rasa sakit alami alias endorfin.

Ada beberapa jenis pijat kesuburan yang bisa dilakukan, antara lain pijat jaringan dalam (deep tissue massage), chi nei tsang (CNT), akupresur, pijat Swedia, terapi myofascial, pijat refleksi, shiatsu, dan pijat perut. 

Demikian informasi mengenai pijat kesuburan untuk mendukung program hamil. Penting untuk mengetahui toleransi tubuh sendiri ketika melakukan perawatan ini. Jika kamu merasakan sakit yang tidak dapat ditahan, segera hentikan pijatan. Jangan melakukan pijat kesuburan ketika menstruasi karena dapat mengganggu proses alami tubuh.

Pijat kesuburan dapat meningkatkan risiko keguguran. Jadi jika kamu merasakan gejala-gejala hamil muda, segera hentikan rutinitas pijat ini. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.