Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Frozen Food?

Kira-kira aman tidak, ya?

27 Mei 2022

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Frozen Food
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Perkembangan teknologi pangan membuat banyak perusahaan mengeluarkan terobosan baru yang memudahkan masyarakat dalam mengonsumsi berbagai jenis makanan, dan frozen food termasuk salah satu pilihan favorit banyak orang.

Bagi orang yang menyukai kemudahan dalam memasak, atau mungkin tidak punya banyak waktu untuk melakukannya, frozen food seolah hadir menjadi penyelamat.

Beberapa jenis frozen food bisa dikonsumsi cukup dengan dihangatkan, namun ada juga yang perlu diolah dengan cara yang sederhana, seperti ditumis, digoreng, atau dibakar.

Meskipun mudah, enak, dan cepat, namun bolehkah ibu hamil mengonsumsi frozen food? Nah, agar tidak semakin penasaran, jangan lewatkan artikel dari Popmama.com yang satu ini, ya!

Editors' Picks

Apa yang Perlu Ibu Hamil Pertimbangkan tentang Frozen Food?

Apa Perlu Ibu Hamil Pertimbangkan tentang Frozen Food
Freepik.com

Sebelum membahas lebih lanjut tentang boleh atau tidaknya ibu hamil mengonsumsi frozen food, ada baiknya Mama memahami lebih dulu 3 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsi makanan jenis ini:

  • Mengandung pengawet dan kadar garam yang tinggi. Makanan beku sudah pasti mengandung pengawet ya, Ma, karena bisa tahan dalam jangka waktu yang lama ketika dibekukan. Namun perlu diketahui juga bahwa makanan beku mengandung bahan kimia dan kadar garam yang tinggi.
  • Mudah terkontaminasi. Apalagi jika tidak disimpan dengan baik, makanan beku bisa dengan mudah terkontaminasi dan membahayakan kesehatan orang yang mengonsumsinya. Jadi, makanan beku harus disimpan dalam suhu tidak lebih dari 9.5ºC.
  • Kandungan nutrisinya rendah. Makanan beku, khususnya yang mengandung buah dan sayuran, kehilangan nutrisinya saat dibekukan. Apalagi, kandungan vitamin cenderung hilang pada makanan jenis ini.

Setelah mempertimbangkan tiga hal di atas, apakah menurut Mama ibu hamil boleh mengonsumsi makanan beku atau sebaiknya menghindarinya?

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Frozen Food?

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Frozen Food
Food Network

Meski mengandung pengawet dan bahan kimia, memiliki kadar garam yang tinggi, mudah terkontaminasi, serta kandungan nutrisinya rendah, ibu hamil ternyata masih boleh mengonsumsi makanan beku, lho!

Namun, ibu hamil tidak boleh mengonsumsinya terlalu sering. Apalagi, mengingat nutrisi pada makanan beku lebih rendah jika dibandingkan dengan makanan fresh yang langsung dikonsumsi setelah selesai dimasak.

Saat hamil, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi harian untuk mencukupi gizi ibu hamil dan janin. Sehingga, mengonsumsi makanan beku saja tidak cukup, ya.

Ibu hamil sebaiknya hanya makan makanan beku sebagai selingan dengan mengikuti cara membeli, menyimpan, dan memasak makanan beku yang benar.

Bagaimana Cara Makan yang Tepat agar Ibu Hamil Bisa Mengonsumsi Frozen Food?

Bagaimana Cara Makan Tepat agar Ibu Hamil Bisa Mengonsumsi Frozen Food
Freepik

Karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, ibu hamil sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut ini saat akan mengonsumsi makanan beku:

  • Setelah membelinya di supermarket, segera masukkan makanan beku ke freezer sesampainya di rumah. Jika terpapar panas terlalu lama, konsumsi makanan beku 1-2 hari setelah dibeli.
  • Baca dan ikuti aturan pengolahan atau cara memanaskan makanan beku yang tertulis pada kemasan.
  • Saat memanaskan makanan, pastikan frozen food dalam keadaan matang sempurna.
  • Ubah suhu freezer secara manual menjadi kurang dari 5ºC sebelum memasukkan makanan beku dan suhu penyimpanannya adalah -18ºC.
  • Simpan makanan beku di freezer yang bersih agar lebih awet.
  • Pilih makanan beku yang rendah lemak (tidak lebih dari 5 gram per 100 gram) dan rendah garam (tidak lebih dari 1.5 gram per 100 gram).
  • Jangan bekukan makanan beku yang sudah mencair.
  • Jangan membeli makanan beku yang lokasinya sering ada pemadaman bergilir, kecuali tempat penjualannya memiliki generator listrik untuk memastikan listrik tetap menyala.

Nah, itu dia tadi informasi tentang makanan beku sebagai bahan pertimbangan ibu hamil sebelum mengonsumsinya. Semoga bisa menjawab pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil mengonsumsi frozen food, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk