10 Cara Alami yang Ampuh Atasi Stretch Mark, Bahannya Mudah Didapat!

Penelitian menyebutkan bahwa krim anti stretch mark nggak bisa mengatasi

10 Mei 2019

10 Cara Alami Ampuh Atasi Stretch Mark, Bahan Mudah Didapat
healthline.com

Stretch mark saat hamil, adalah hal yang nggak bisa kita hindari. Menurut American Academy of Dermatology stretch mark dialami 90 persen ibu hamil saat kehamilan trimester kedua, sekitar bulan ke enam.

Penyebabnya adalah berat badan yang meningkat dan pertumbuhan bayi di dalam rahim, sementara elastisitas kulit berada di luar kapasitasnya. Jadi munculah tanda-tanda peregangan yang sering bikin ibu hamil sedih.

Umumnya, stretch mark akan terlihat di perut, paha, dan bokong, bahkan beberapa Mama memilikinya di payudara. Sebagian ibu hamil mengatasi kondisi ini dengan menggunakan krim anti stretch mark. Tapi ternyata sebuah penelitian di University of Michigan Health System menunjukan penggunaan krim tersebut nggak efektif menghilangkan stretch mark pada kehamilan.

“Kami banyak menemukan perubahan pada lapisan kulit dermis, termasuk urat elastis. Ada banyak perubahan lain yang terjadi. Masalahnya banyak krim yang tersedia saat ini tidak efektif mencegah perubahan tersebut atau mengatasi stretch mark,” kata Frank Wang, M.D., asisten profesor dan dermatologis universitas yang juga pemimpin penelitian. Menurutnya minyak almond adalah salah satu penghambat stretch mark terbaik yang paling populer.

"Berdasarkan bukti ilmiah yang ada di luar sana, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa krim topikal yang mengandung centella (ekstrak daun pegagan), yang berasal dari tanaman, dan juga beberapa produk yang mengandung asam hyaluronic membantu mencegah stretch mark,” jelas Dr. Wang.

Dr. Wang menyarankan ibu hamil sebaiknya mencegah stretch mark pada kehamilan trimester kedua. Mencegah stretch mark lebih baik daripada mengobati. Jika penelitian menyebutkan krim anti stretch mark kurang efektif. Mama bisa  menggunakan bahan alami untuk mengatasinya, seperti yang Popmama.com jelaskan dibawah ini:

1. Minyak carrier dan minyak esensial

1. Minyak carrier minyak esensial
essentialoilbenefits.com

Ada banyak jenis natural oil yang bisa Mama gunakan untuk mencegah atau mengatasi stretch mark. Jenis carrier oil yang bisa Mama pilih seperti almond, argan, jojoba, mustard, minyak kelapa, dan minyak buah jarak. Ada juga jenis minyak esensial seperti minyak biji anggur, chia seed, minyak alpukat, lavender, minyak mawar, dan evening primrose.

Mama bisa mencampur dua jenis minyak di atas, beberapa yang direkomendasikan adalah campuran minyak almond atau minyak kelapa dengan minyak biji-bijian dan mawar. Minyak jarak atau minyak jojoba dengan evening primrose, biji rami (chia seed), dan minyak esensial lavender

Memijat perut menggunakan minyak ini bermanfaat menjaga kelembaban kulit, meningkatkan elastisitas, dan menyembuhkan bekas stretch mark dengan cepat. Carrier oil memberi nutrisi dan menghidrasi, sedangkan esensial oil sebagai antioksidan dan senyawa penyembuhan.

Pijat area stretch mark atau yang berpotensi menggunakan minyak ini selama beberapa menit. Biarkan minyak bekerja selama mungkin, agar hasilnya optimal, balut area yang diolesi minyak menggunakan lembaran plastik dan letakkan botol air hangat di atasnya selama beberapa menit. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Minyak dari rosehip

2. Minyak dari rosehip
Dok. C&F Group

Rose hip atau rosehip, atau juga disebut rose haw dan rose hep merupakan buah aksesori dari tanaman mawar. Biasanya berwarna merah hingga oranye, tetapi beberapa spesies ada yang menunjukkan warna ungu tua hingga hitam.

Rosehip mulai terbentuk setelah penyerbukan bunga yang sukses di musim semi atau awal musim panas dan matang di akhir musim panas hingga musim gugur.

Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau buah ini punya manfaat untuk membantu mengatasi stretch mark yang mengganggu. Rosehip yang disuling menjadi minyak, dianggap efektif bisa mengatasi stretch mark. Disarankan menggunakan minyak ini selama kehamilan untuk mencegah terbentuknya stretch mark baru. 

Salah satu produk yang mengandung Rosehip adalah Trilogy Certified Organic Rosehip. Rosehip bukan hanya melembabkan kulit kering, tetapi juga berguna untuk hiper-pigmentasi, bintik-bintik hitam, bekas luka, stretch mark, dan kerutan.

3. Cocoa Butter

3. Cocoa Butter
goldmountainbeauty.com

Cocoa butter dan shea butter, keduanya kaya akan sumber asam lemak jenuh dan tak jenuh yang mudah diserap ke dalam kulit. Manfaatnya efektif melembabkan kulit dan mengisi kembali sel kulit mati. Shea butter juga mengandung Vitamin A dan E untuk memperbaiki elastisitas kulit dan mencegah kekeringan. Jika dikombinasikan, cocoa butter dan shea butter semakin bekerja optimal mencegah peregangan kulit saat hamil.

Cara menggunakannya, cukup oleskan area yang mengalami stretch mark (perut, paha, bokong, payudara) dengan organic cocoa butter atau shea butter, atau campur keduanya. Pijat lembut pada area tersebut sebanyak dua kali sehari.

4. Tanaman Lidah Buaya

4. Tanaman Lidah Buaya
newyou.com

Tanaman lidah buaya adalah metode alami terbaik untuk mengurangi munculnya stretch mark saat hamil. Aloe vera gel mendorong penyembuhan dan menunjukkan hasil yang efektif hanya dalam pemakaian beberapa hari.

Gel lidah buaya mampu menenangkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Tapi bahan ini mampu bekerja maksimal pada stretch mark tahap awal, dan lebih baik untuk pencegahan di kehamilan trimester kedua.

Mama hanya perlu memotong daun lidah buaya, lalu pisahkan ekstrak gel-nya. Oleskan ke area yang mengalami stretch mark sambil dipijat lembut. Lakukan hingga gel dirasa terserap ke dalam kulit, diamkan dan jangan dibilas. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari.

5. Putih telur

5. Putih telur
gastronomiavasca.net

Tahukah Mama kalau putih telur juga bisa mengatasi stretch mark pada kehamilan? Itu karena enzim dalam putih telur mampu meningkatkan elastisitas kulit dan membuat stretch mark memudar lebih cepat.

Siapkan 1-2 butir putih telur dan kuas ukuran sedang (seperti kuas kue atau make up). Kocok putih telur sebentar, kemudian oleskan pada area stretch mark, diamkan sampai kering. Setelah mengering, bilas dengan air dingin dan lembabkan. Mama bisa menambahkan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak almond ke putih telur untuk menambah manfaatnya. Lakukan setiap hari.

Editors' Picks

6. Bubuk Kopi

6. Bubuk Kopi
coffee.windowstorussia.com

Kafein pada kopi dengan mudah mampu menembus kulit dan merevitalisasi sel kulit mati dengan merangsang sirkulasi. Campurkan minyak zaitun ke dalam bubuk kopi, untuk memudahkan penyerapan kafein ke dalam kulit. Kopi juga mengandung antioksidan yang bisa memperbaiki kerusakan kulit dan melindungi permukaannya.

Campurkan 1/2 cangkir bubuk kopi dengan 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa. Gunakan campuran ini sebagai scrub pada area yang mengalami stretch mark. Pijat lembut dalam gerakan melingkar untuk hasil terbaik. Gosok lembut selama lima menit lalu bilas dengan air. Lakukan cukup dua sampai tiga kali dalam seminggu.

7. Cuka Sari Apel

7. Cuka Sari Apel
timeshood.com

Cuka sari apel atau apple cider vinegar baik untuk penyembuhan bekas luka dan menghilangkan noda. Begitu juga dengan stretch mark, cuka sari apel membantu mengurangi tanda peregangan kulit pada ibu hamil.

Tapi perlu diingat, kalau kulit Mama sensitif, tambahkan air pada larutan cuka dengan perbandingan 1:1. Masukan campuran keduanya ke dalam spray bottle. Cukup semprotkan area stretchmark dan biarkan kering secara alami semalaman. Sebaiknya lakukan menjelang tidur malam, keesokan pagi bilas saat mandi dan berikan pelembab sesudahnya. Ulangi setiap malam sebelum tidur.

8. Baking Soda dan Jeruk Nipis

8. Baking Soda Jeruk Nipis
stylecraze.com

Baking soda adalah exfoliator kulit alami dan bermanfaat menghilangkan lapisan sel kulit mati dan rusak. Perasan air lemon atau jeruk nipis mampu memutihkan kulit dan memudarkan bekas luka.

Buatlah larutan dari 1 sendok teh air jeruk nipis atau lemon dengan 1 sendok makan baking soda. Oleskan larutan tersebut pada area stretchmark dan diamkan sampai mengering selama 10-15 menit.

Gosok terlebih dulu dengan gerakan lembut sebelum membilasnya dengan air. Lakukan sebanyak 3-4 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

9. Masker dan minyak aprikot

9. Masker minyak aprikot
Pexels/Pixabay

Selanjutnya, bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu atasi stretch mark adalah aprikot. Aprikot bisa menjadi bahan alami untuk membantu pengelupasan kulit yang sangat baik, yang membuatnya sangat efektif dalam menyembuhkan tanda-tanda peregangan.

Ambil 2-3 aprikot, potong dan buang bijinya. Hancurkan buah menjadi pasta dan oleskan masker ini pada area yang terkena stretch mark dan biarkan selama 15 menit. Dengan menggunakan air hangat, basuh dan ulangi prosesnya setiap hari selama sebulan untuk melihat hasilnya.

Minyak aprikot murni juga memiliki sifat untuk peremajaan kulit dan bisa membantu mengurangi stretch mark. Pijat ke kulit dengan menambahkan air lemon untuk hasil yang efektif.

10. Teh hitam

10. Teh hitam
Pexels/Nikolay Osmachko

Cara yang sangat efektif dan cepat untuk menghilangkan stretch marks adalah dengan menggunakan teh hitam. Teh hitam dianggap kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan sel dan mengendalikan pigmentasi kulit.

Kamu bisa menggunakan teh hitam untuk memijat disekitar stretch marks.

Caranya:

  • Siapkan 1 sendok teh garam dan 2 sendok makan bubuk teh hitam.
  • Larutkan bubuk teh hitam dalam air hangat. Tambahkan garam, lalu rebus selama kurang lebih 2 menit.
  • Biarkan dingin selama 30 menit. Oleskan pada area yang terkena kulit setiap 3 kali sehari. Lihat hasilnya sekitar 3 hingga 4 minggu

Selalu cek lebih dulu apakah bahan-bahan ini menimbulkan reaksi alergi pada kulit Mama. Hati-hatilah dalam memijat, lakukan gerakan meluncur atau menggosok lembut daripada menekan dan sebaiknya lakukan sendiri.

Mengatasi stretch mark sebaiknya melakukan pendcegahannya saat kehamilan trimester kedua. Sehingga kulit lebih elastis dalam menerima peregangan saat perut semakin membesar.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;