6 Takjil yang Aman untuk Lambung Ibu Hamil

Boleh dicoba untuk ide menu buka puasa nanti nih, Ma!

25 April 2022

6 Takjil Aman Lambung Ibu Hamil
Freepik/freepik

Setelah memutuskan untuk berpuasa, Mama mungkin kebingungan memilih makanan yang baik untuk berbuka.

Mama bisa bertanya ke dokter mengenai hal ini pada dokter kandungan mama. Selain itu, Mama juga membaca dari berbagai referensi. Salah satunya artikel yang satu ini.

Di bawah ini Popmama.com takjil yang aman untuk ibu hamil. Yuk, disimak!

1. Buah kurma

1. Buah kurma
Freepik/8photo

Benar sekali, seperti yang Mama tahu, sunah Rasulullah SAW pun mengajurkan agar kita berbuka puasa dengan mengonsumsi buah kurma berjumlah ganjil.

Selain itu, buah kurma juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh terutama bagi ibu hamil.

Mengutip BBC Good Food, serat dalam kurma berperan penting untuk kesehatan, mulai dari membantu menjaga mikrobioma usus hingga mengurangi risiko kondisi kesehatan dalam jangka panjang.

Kurma juga dikenal sebagai pengganti gula, menambah energi, mencegah bayi cacat lahir yang serius seperti spina bifida karena kandungan folat di dalamnya dan dapat membantu meringankan sembelit.

Sebuah studi tahun 2015 juga menemukan fakta bahwa mengonsumsi kurma dapat mengurangi kanker usus besar karena kandungan serat dan polifenolnya yang tinggi serta memiliki anti-mikroba yang bermanfaat.

Jika ingin menu yang lebih bervariasi, Mama juga bisa mengkreasikan buah kurma sebagai topping di atas puding.

2. Salad sayur

2. Salad sayur
Pexels/Jill Wellington

Orang yang berpuasa sangat membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaga tubuhnya tetap fit. Apalagi bagi ibu hamil yang berpuasa, tentu mereka lebih banyak membutuhkan nutrisi untuk mencukupi kebutuhan gizi si janin di dalam kandungan.

Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari sayur-sayuran. Salah satu ide olahan takjil untuk menu buka puasa yang menyehatkan dan bisa Mama coba yakni salad sayur.

Sayuran sangat baik sebagai makanan berbuka puasa karena diproses secara perlahan di dalam perut dan usus. Hal ini membuat pengosongan lambung lebih lama. Karena itu, efek kenyang akan bertahan lebih lama. 

Agar lebih menyehatkan, saat menyiapkan salad sayuran ganti saus dreesing dengan minyak zaitun, madu dan lemon, serta yogurt bebas gula. Jangan lupa cuci bersih sayuran dan rendam ke dalam air garam untuk melunturkan sisa-sisa kotoran dan bakteri yang menempel di sayuran, ya Ma.

Tapi jika Mama tidak terlalu yakin menggunakan sayur mentah, Mama bisa mengukusnya terlebih dahulu.

Editors' Picks

3. Puding buah

3. Puding buah
abakingjourney.com

Puding yang terbuat dari agar-agar sangat baik untuk pencernaan. Puding paling pas dijadikan takjil untuk berbuka puasa.

Kandungan serat yang terdapat pada puding cukup tinggi sehingga dapat membantu dan merangsang usus agar bergerak lebih aktif.

Makanan ini sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi sulit buang air besar.

Selain itu, puding yang terbuat dari agar-agar biasanya memiliki kandungan zinc, protein, dan antioksidan tinggi yang berperan penting dalam meningkatkan sistem imunitas pada tubuh.

Namun, hati - hati ya Ma, beberapa puding dibuat dengan perisa manis dengan kandungan gula yang tinggi.

Nah untuk mensiasatinya, Mama bisa membuat puding buah dengan cara mengolahnya dari bahan campuran buah- buahan segar sesuai selera, susu dan bubuk agar-agar tawar. Dijamin puding buah ini lebih menyehatkan dan tak kalah lezat dengan puding rasa lainnya.

4. Kolak pisang

4. Kolak pisang
yummy.co.id

Buka puasa belum lengkap rasanya jika tidak ada takjil yang satu ini. Ya apalagi kalo bukan kolak. Kolak dengan bahan dasar gula aren, santan, daun pandan dengan isian ubi, kolang - kaling dan pisang ini sangat diminati banyak orang.

Namun sayangnya, bagi penderita maag terutama ibu hamil, harus menghindari santan yang ada pada kolak. Pasalnya, santan memiliki kandungan lemak jenuh tinggi yang berisiko untuk penderita GERD maupun maag.

Tapi kangan khawatir, Mama bisa mengganti santan dengan bahan lain yang lebih sehat. Alih -alih memakai santan sebagai bahan kolak, coba diganti dengan susu. Pilihlah susu skim yang mengandung lebih sedikit lemak.

5. Sup ayam, sayuran dan jamur

5. Sup ayam, sayuran jamur
Taste.com.au

Rekomendasi takjil yang aman di lambung untuk ibuhamil selanjutnya adalah sup. Kuah hangat dari sup bisa membuat ibu hamil merasa lebih rileks, mengembalikan energi setelah seharian berpuasa dan mengurangi rasa mual selama kehamilan.

Yang terpenting, sup mengandung berbagai sayuran yang kaya akan nutrisi. Kaldu sup juga membantu mengembalikan cairan yang hilang selama puasa. Untuk membuat makanan berbuka puasa yang sehat pastikan tidak menambahkan terlalu banyak garam, ya Ma.

Beberapa bumbu rempah yang bisa memperkaya rasa seperti merica, daun seledri, dan kapulaga bisa mama tambahkann ke dalam sup buatan mama. Nah, Mama juga bisa menambahkan jamur sebagai bahan utama sup.

Pasalnya, jamur mempunyai manfaat yakni sebagai sumber energi, melancarkan sistem pencernaan, mengobati radang usus, serta menjaga sistem kekebalan tubuh yang sangat dibutuhkan ibu hamil selama berpuasa. 

Lalu kandungan protein dalam daging atau ayam juga dapat memelihara fungsi tubuh selama hamil seperti menjaga sel jaringan dan sistem organ. B

6. Smoothies buah

6. Smoothies buah
freepik.com/rudoelena

Setelah berpuasa seharian penuh, tentunya semua orang ingin segera menghilangkan dahaga. Selain meminum air putih, kita perlu cairan lebih untuk menghindari dehidrasi.

Smoothies buah bisa jadi pilihan takjil yang aman di lambung untuk menu berbuka puasa ibu hamil. Minuman ini biasanya dibuat dari campuran yoghurt atau susu dengan potongan buah segar. 

Namun, Mama tak perlu menambahkan gula untuk membuat smoothies karena rasa manis alami sudah ada pada buah-buahan yang mama jadikan bahan smoothies.

Jika ingin smoothies yang menyehatkan, pilihlah susu atau yoghurt yang rendah lemak dan gula.

Kandungan serat pada smoothies cukup tinggi sehingga hanya satu gelas saja sudah bisa memuaskan dahaga dan rasa lapar. Minuman ini juga mudah dicerna oleh perut.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ibu Hamil saat Berbuka Puasa

Makanan Minuman Harus Dihindari Ibu Hamil saat Berbuka Puasa
istockphoto.com

Saat berbuka puasa, ibu hamil perlu makan perlahan untuk mengisi perut yang kosong. Hindari makan dalam porsi besar saat berbuka puasa.

Menurut anjuran Nabi Muhammad SAW, buka puasa harus dimulai dengan makanan ringan. Mulailah dengan minum air putih dan makan camilan manis, kemudian dilanjutkan dengan makan besar setelah kurang lebih 1 jam atau setelah salat Magrib.

Selain soal porsi, pilihlah jenis makanan yang ramah untuk perut. Hindari konsumsi makanan berminyak, seperti gorengan karena bisa menyebabkan masalah perut, hindari minuman berkarbonasi atau kafein serta jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

Nah, itulah tadi 6 takjil yang aman untuk lambung ibu hamil. Bagaimana, Ma, tertarik untuk menambahkannya ke dalam menu berbuka puasa hari ini?

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk