Keluhan pada Masa Kehamilan Trimester Kedua dan Cara Penanganannya

Mulai dari rasa nyeri pada ulu hati hingga kram kaki

17 Juni 2020

Keluhan Masa Kehamilan Trimester Kedua Cara Penanganannya
Pexels/Migs Reyes

Memasuki trimester kedua, Mama pasti sudah mulai terbiasa dengan perubahan fisik yang dialami. Keberhasilan mama dalam melewati berbagai keluhan di trimester pertama diiringi dengan perubahan bentuk perut yang semakin besar.

Sama seperti trimester sebelumnya, trimester kedua juga bisa jadi disertai berbagai gejala tidak nyaman, Ma. Misalnya, nyeri pada kaki atau pinggang, dan masalah lainnya. 

Berikut Popmama.com merangkum beberapa keluhan pada trimester kedua dan cara tepat penangannya. Semoga Mama bisa lebih siap dalam menghadapinya, ya.

1. Nyeri pada ulu hati dan sendawa

1. Nyeri ulu hati sendawa
Pexels/Daria Shevtsosa

Ibu hamil yang memasuki kehamilan trimester kedua seringkali mengalami rasa nyeri di bagian ulu hati sehingga menyebabkannya sering bersendawa. Hal tersebut wajar dialami karena pengosongan pada lambung berlangsung lebih lama dibandingkan biasanya.

Selain itu, katup esophagus yang terbuka juga dapat menyebabkan reflux pada asam lambung sehingga muncul rasa nyeri dan sering sendawa. 

Menurut dr. Muhammad Fadli, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Rumah Sakit Pondok Indah, keluhan ini dapat diatasi dengan cara makan setiap 2–3 jam sekali dengan porsi sedikit sehingga asam lambung tidak berlebihan.

Editors' Picks

2. Pregnancy glow dan jerawatan

2. Pregnancy glow jerawatan
Pexels/Andrea Piacquadio

Meningkatnya peredaran darah dalam tubuh membuat kulit lebih glowing dan fresh. Namun, kondisi kulit seperti ini saat hamil juga biasanya lebih berminyak sehingga rentan menimbulkan jerawat.

"Cara mengatasinya, dengan menjaga kebersihan diri. Rajin mencuci muka dengan air mengalir dan sabun. Pakai skincare juga boleh, tetapi pastikan produk yang digunakan memiliki bahan yang aman untuk ibu hamil," jelas dr. Fadli. 

3. Rasa kram pada kaki

3. Rasa kram kaki
Pexels/Burst

Rasa kram pada kaki pada kehamilan trimester kedua biasanya disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan dan juga dehidrasi. Namun, rasa kram bisa juga semakin hebat jika asupan kalsium dan magnesium tidak tercukupi, Ma. 

Mama bisa memenuhi asupan cairan tubuh dengan rutin mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter sehari. Kemudian, mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsiun serta magnesium.

Selain itu, Mama juga bisa melakukan stretching di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Aktivitas pun akan lebih nyaman dan Mama dapat tidur dengan nyenyak. 

4. Nyeri pada pinggang

4. Nyeri pinggang
Pexels/Gustavo Fring

Pelvic girdle pain atau rasa nyeri pada pinggang merupakan kondisi yang wajar dialami pada masa kehamilan trimester kedua. Hal ini disebabkan oleh perubahan bentuk rahim dan adanya tekanan pada sendi dan saraf. 

Selain pada pinggang, rasa nyeri juga dapat muncul di bagian tulang kemaluan atau bagian paha belakang. 

"Maka, penting bagi ibu hamil untuk melakukan olahraga agar sendi dan sarafnya tidak kaku dengan cara strecthing sehingga rasa sakit pada pinggang berkurang," kata dr. Muhammad Fadli, Sp.OG. 

Namun, jika rasa nyeri terasa cukup sering dan sangat hebat, Mama disarankan untuk mencari tahu penyebabnya karena bisa saja akibat ada kista atau miom.

"Lakukan USG untuk memastikan apabila masalahnya tidak dapat diatasi," tambahnya.

Itulah beberapa masalah yang mungkin Mama keluhkan selama kehamilan trimester kedua. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.