Mulai dari Alami Hingga Medis: 7 Jenis Obat Keputihan untuk Ibu Hamil

Jika keputihan dirasa sudah sangat mengganggu, jangan ragu segera ke dokter

31 Oktober 2019

Mulai dari Alami Hingga Medis 7 Jenis Obat Keputihan Ibu Hamil
Freepik/Tutatama

Cairan vagina memiliki banyak manfaat bagi kesehatan area organ intim, termasuk salah satunya untuk menjaga fungsi reproduksi perempuan. Cairan vagina membantu menjaga organ intim tetap bersih dan terhindari dari risiko infeksi.

Yang aman, cairan vagina tidak berbau dan berwarna bening hingga agak putih. Lain halnya jika cairan vagina yang keluar justru berwarna putih susu kekuningan, memiliki aroma yang tidak sedap serta jumlahnya berlebihan, ini bisa menjadi tanda keputihan akibat infeksi jamur.

Keputihan yang berbahaya juga bisa ditandai dengan sensasi gatal atau seperti terbakar di area vagina, yang bisa menjadi tanda masalah serius lainnya.

Jika dialami oleh ibu hamil, ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan. Tetapi jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu juga, ya. Berikut rangkuman informasinya dari Popmama.com:

1. Krim atau gel antijamur

1. Krim atau gel antijamur
Freepik/Jcomp

Obat yang sebaiknya digunakan pada kasus keputihan pada ibu hamil bergantung pada apa faktor penyebabnya. Misalnya jika keputihan disebabkan oleh infeksi jamur, maka biasanya akan diobati dengan obat antijamur dalam bentuk krim atau gel.

Infeksi jamur yang menyebabkan keputihan pada ibu hamil rentan terjadi karena adanya perubahan pH atau tingkat keasaman pada area organ intim.

2. Obat antibiotik

2. Obat antibiotik
Freepik

Apabila keputihan disebabkan oleh infeksi bakteri atau disebut juga dengan bacterial vaginosis, maka obat antibiotik dalam sediaan oral bisa dikonsumsi. Hanya saja, obat ini harus dalam anjuran dan resep dari dokter. Aturan minum pun harus benar-benar dipatuhi, karena obat antibiotik tidak boleh diminum sembarangan, Ma. Misalnya terputus di tengah jadwal minum obat, karena bisa memicu bakteri tumbuh lebih kuat.

Dikutip dari Web MD, infeksi bakteri pada vagina selain dengan sediaan oral juga bisa diobati dengan krim antibiotik.

3. Obat antimikroba

3. Obat antimikroba
Freepik/Yanalya

Ada beberapa jenis obat antimikroba yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil. Misalnya jika keputihan terjadi akibat trikomoniasis, maka obat yang diberikan biasanya adalah antimikroba jenis metronidazole atau tinidazole. Tetapi semua tetap perlu pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter, Ma.

Editors' Picks

4. Rebusan air daun sirih

4. Rebusan air daun sirih
Pixabay/Huydkc

Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk membantu melawan bakteri, jamur dan bahkan virus. Ekstrak daun sirih pun banyak digunakan sebagai obat alami mengatasi keputihan sejak dulu. Daun sirih diyakini bisa membantu mengatasi keputihan karena memiliki senyawa khas yang memiliki aroma kuat, sehingga bisa membantu melawan bakteri.

Untuk ibu hamil, air rendaman daun sirih sebaiknya tidak diminum, ya. Cukup gunakan air rendaman daun sirih untuk membasuh area organ intim. Lakukan secara teratur, setelah itu jangan lupa keringkan dengan benar.

5. Cuka sari apel

5. Cuka sari apel
Freepik/Vasiliybudarin

Satu lagi manfaat dari cuka sari apel atau apple cider vinegar untuk kesehatan, dalam hal ini untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil. Cuka sari apel mengandung bahan alami termasuk antioksidan dan zat asam yang tinggi. Komponen ini pun diyakini bisa membantu menjaga area organ intim tetap bersih.

Campurkan sedikit saja cuka sari apel ke dalam air yang akan Mama gunakan untuk membasuh organ intim. Gunakan campuran tersebut, kemudian bilas sampai benar-benar bersih.

6. Jus buah cranberry

6. Jus buah cranberry
Pexels.com/Element5 Digital

Jus buah cranberry selain enak dan segar, juga mengandung antibiotik yang bisa membantu mengatasi masalah akibat infeksi bakteri maupun jamur. Termasuk di antaranya keputihan pada ibu hamil. Selain itu, jus buah cranberry juga mengandung berbagai vitamin dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Untuk membantu mengatasi keputihan, cobalah untuk meminum jus buah cranberry secara rutin paling tidak satu gelas saja per harinya, Ma.

7. Yoghurt

7. Yoghurt
Freepik/Topntp26

Selain jus buah cranberry, asupan lain yang dapat membantu mengatasi infeksi bakteri secara alami pada ibu hamil adalah yoghurt. Yoghurt mengandung bakteri hidup yang membantu membuat bakteri sehat pada vagina tumbuh dengan baik. Bakteri-bakteri baik ini kemudian akan lebih mudah melawan jamur atau bakteri pemicu keputihan.

Guna mendapatkan manfaat ini, konsumsi yoghurt secara teratur setiap harinya, Ma. Agar lebih maksimal, pilih yoghurt yang plain alias tanpa rasa, ya. Mama juga bisa mencampurnya dengan buah-buahan segar untuk menambah nutrisi di dalamnya.

Demikian informasi tentang obat untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil. Apabila keputihan yang dialami sudah mengganggu, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!