Tips Membeli Sepatu yang Aman dan Cocok untuk Ibu Hamil

Perhatikan hal-hal penting ini sebelum membeli, Ma

5 Januari 2019

Tips Membeli Sepatu Aman Cocok Ibu Hamil
Freepik

Sepatu merupakan salah satu benda penting yang perlu Mama perhatikan kondisinya saat hamil. Sebab kaki Mama kemungkinan akan bengkak dan bertambah besar, kan?

Jika sepatu tidak diganti saat hamil dan Mama memaksakan diri menggunakan sepatu yang kekecilan, efeknya bisa membuat kaki Mama terasa tidak nyaman.

Selain itu, aliran darah di kaki juga berisiko menjadi tidak lancar, lho.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya Mama menyempatkan diri membeli sepatu baru jika diperlukan saat hamil. Yang terpenting, pilihlah sepatu dengan cara yang tepat.

Simak yuk, tips Popmama.com yang berikut ini:

1. Utamakan kenyamanan

1. Utamakan kenyamanan
Pexels/Jeshoots.com

Beban tubuh Mama semakin berat, tugas kedua kaki untuk menopang tubuh pun semakin bertambah, Ma. Ringankan tugas kaki dengan menggunakan sepatu yang benar-benar nyaman.

Jika Mama menyukai model sepatu tertentu namun tidak nyaman saat menggunakannya, misalnya terasa sempit atau bahkan nyeri, lalu memaksakan diri membelinya, ini justru tidak baik.

Selain terasa nyaman saat digunakan, sepatu yang cocok untuk Mama juga adalah yang mudah dipakai. Mama tak perlu sampai membungkuk hanya untuk menggunakannya.

Oleh sebab itu, penggunaan sepatu tanpa tali pun bisa lebih diprioritaskan, Ma. Misalnya sepatu model slip-on.

Sepatu khusus untuk ibu hamil biasanya juga memiliki alas kaki yang lebih empuk. Ini juga bisa dipilih, Ma. Terutama jika Mama sering mengalami nyeri sendi di area kaki saat berjalan.

2. Pastikan ukurannya sesuai

2. Pastikan ukuran sesuai
Pexels/Tookapic

Jangan gengsi membeli sepatu dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya, Ma. Yang terpenting, ukurannya benar-benar sesuai dengan ukuran kaki Mama.

Dengan begitu, Mama pun bisa menggunakannya dengan nyaman tanpa perlu khawatir kaki akan menjadi lecet atau nyeri.

Sadari bahwa seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia kehamilan, maka ada kemungkinan ukuran kaki Mama juga akan membengkak juga. Jika perlu, gunakan kaus kaki saat hendak membeli sepatu.

Ini bisa menjadi persiapan jika nantinya ukuran kaki Mama membesar, sehingga sepatu baru Mama tidak akan terasa cepat sempit.

Baca juga: Tips Nyaman Menggunakan Sepatu dengan Hak Tinggi

Baca juga: 11 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Trimester Ketiga

Editors' Picks

3. Pahami kemampuan diri sendiri

3. Pahami kemampuan diri sendiri
Pexels/Stokpic

Dalam memilih sepatu yang tepat untuk momen kehamilan Mama, perhatikan dan pahami juga kemampuan diri sendiri. Misalnya, jika Mama memang sulit untuk menggunakan high heels, maka tidak perlu memaksakan diri membelinya.

Ingatlah bahwa sepatu hak tinggi adalah salah satu alas kaki yang paling sulit untuk digunakan lho, Ma. Terlebih lagi untuk Mama saat sedang hamil.

Saat hamil, lebih baik pilihlah sepatu yang beralas pendek atau jenis flat shoes. Selain nyaman, sepatu jenis ini juga meminimalkan risiko Mama untuk jatuh atau hilang keseimbangan.

4. Perhatikan waktu saat membeli

4. Perhatikan waktu saat membeli
Pexels/Dhyamis Kleber

Waktu yang tepat bagi Mama untuk membeli alas kaki adalah pada siang atau malam hari. Mengapa demikian?

Ini karena pada waktu tersebut ukuran kaki Mama cenderung lebih besar dibandingkan saat pagi hari.

Selain itu, akan lebih baik juga jika Mama membagi waktu menjadi dua periode saat berencana untuk membeli sepatu. Periode pertama adalah enam bulan pertama kehamilan, periode berikutnya yakni pada tiga bulan berikutnya.

Pada periode tersebut, biasanya ukuran kaki Mama secara signifikan akan mengalami perubahan ukuran. Maka dari itu, membeli sepatu baru pada periode-periode tersebut jauh lebih baik.

5. Cari sepatu dengan alas yang tidak licin

5. Cari sepatu alas tidak licin
Freepik/Mrsiraphol

Saat memilih sepatu, jangan lupa untuk coba menggunakannya untuk berjalan. Ini untuk mengetahui apakah alas sepatu tersebut licin atau tidak.

Penting bagi Mama untuk menggunakan sepatu yang alasnya tidak licin, agar Mama terhindari dari risiko terpeleset, hilang keseimbangan atau bahkan jatuh.

Jadi, pada intinya memilih sepatu yang tepat sangat penting bagi Mama saat hamil. Selain agar Mama merasa nyaman, ini juga agar tumbuh kembang janin tetap terjaga, Ma.