Jangan Berlebih! Tips Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Kelebihan berat badan saat sedang hamil bisa diatasi dengan cara ini

9 Juni 2019

Jangan Berlebih Tips Menjaga Berat Badan Saat Hamil
sciencenews.org

Saat sedang mengandung, ibu hamil umumnya akan makan dengan porsi jauh lebih banyak dengan harapan nutrisi yang masuk bukan hanya untuk kebutuhan ibu, namun untuk memenuhi kebutuhan janin yang berada dalam kandungan.

Tanpa disadari porsi makan berlebihan itu dapat menyebabkan kelebihan berat badan saat hamil. Sehingga kenaikan berat badan yang terlalu tinggi di luar batas normal dapat menimbulkan risiko tertentu yang mungkin tak kamu sadari.

Cara Mengatasi Kelebihan Berat Badan Saat Hamil

1. Latihan untuk ibu hamil

1. Latihan ibu hamil
freepik.com/yanalya

Ibu hamil bukan berarti tak diizinkan untuk olahraga dengan alasan untuk menjaga kehamilan.  Ibu hamil tetap membutuhkan latihan yang harus teratur sehingga tubuh mama tak akan terkena kelebihan berat badan. Latihan selama 30 menit per hari tentu dapat menurunkan berat badan apabila Mama mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

2. Mengontrol berat badan di awal kehamilan

2. Mengontrol berat badan awal kehamilan
royalgazette.com

Secara umum kelebihan berat badan saat hamil yang baik seharusnya terjadi pada waktu trimester kedua hingga ketiga. Hal ini sangat penting untuk perkembangan janin dalam kandungan kamu. Akan tetapi ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan pada awal kehamilan bisa mendapatkan masalah karena sulit untuk memperoleh berat badan ideal pada kehamilan trimester kedua hingga ketiga.

Pola kenaikan berat badan ini telah diteliti sehingga kamu dapat memperhatikan kenaikan berat badan sejak awal kehamilan kamu. Karena itu nutrisi ibu hamil termasuk seperti makanan ibu hamil tiap trimester harus diteliti. Jika perlu maka kamu dapat melakukan perencanaan gizi dengan keluarga sejak awal kehamilan terjadi.

Editors' Picks

3. Sering makan dengan porsi kecil

3. Sering makan porsi kecil
momjunction.com

Saat Mama masuk pada trimester pertama, ada kemungkinan Mama berhadapan dengan masalah morning sickness. Kondisi ini dapat menyebabkan kurang nutrisi hingga berat badan yang rendah. Akan tetapi Mama tetap harus memperoleh makanan yang cukup sehingga tetap memperoleh berat badan yang ideal sesuai dengan nilai BMI. Cara yang dapat Mama lakukan yakni mencoba untuk sering makan namun dalam porsi makan yang jauh lebih kecil.

4. Konsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil

4. Konsumsi makanan sehat ibu hamil
healthable.org

Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat pun dapat menjadi cara mengatasi kelebihan berat badan saat hamil. Makanan yang sehat bagi ibu hamil berarti jika makanan ini memenuhi unsur nutrisi yang diperlukan oleh Mama dan janin.

Menurut Mayoclinic, terdapat beberapa jenis makanan yang sehat ini seperti sayuran, buah-buahan, susu, produk susu, yogurt, makanan yang kaya akan asam folat, hingga makanan yang tak mengandung lemak jenuh.

5. Hindari mengkonsumsi makanan instan

5. Hindari mengkonsumsi makanan instan
momjunction.com

Semua jenis makanan instan hingga makanan ringan bagi ibu hamil sebaiknya tak dikonsumsi atau hanya dimakan dengan jumlah sangat terbatas. Makanan instan sangat tidak baik untuk Mama dan sang janin.

Berbagai jenis bahan yang terdapat pada makanan instan seperti bahan perasa makanan, bahan pengawet makanan, bahan pemanis buatan serta bahan kimia lain yang dapat menimbulkan kenaikan berat badan berlebih bagi ibu hamil. 

Supaya kehamilan tetap sehat sehingga tak mengalami kelebihan berat badan saat hamil, maka penting untuk ibu hamil dengan menjalani diet sehat yakni dengan mengkonsumsi berbagai makanan bergizi tinggi secara tepat agar dapat diserap oleh tubuh dan buah hati dalam kandungan.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!