Mulai Tendangan hingga Pukulan Kecil, Ini Gerakan Janin Usia 5 Bulan

Pada trimester kedua janin sudah mulai aktif, Ma.

7 Maret 2021

Mulai Tendangan hingga Pukulan Kecil, Ini Gerakan Janin Usia 5 Bulan
Pexels/dominika-roseclay

Mengetahui bahwa janin bergerak di dalam kandungan, merupakan hal yang luar biasa membahagiakan ya, Ma.

Seiring bertambahnya usia kehamilan, gerakan yang dilakukan janin merupakan tanda bahwa janin tumbuh dan berkembang dengan baik. Janin pertama kali mulai bergerak sejak kehamilan memasuki usia 12 minggu, namun gerakan ini belum bisa dirasakan oleh Mama karena janin masih sangat kecil.

Janin baru bisa dirasakan gerakannya saat memasuki usia 15 minggu ke atas. Pada trimester kedua, atau pada saat janin berusia lima bulan gerakan janin akan semakin terasa.

Pada usia lima bulan, terjadi perkembangan otot-otot janin yang membuat janin melakukan gerakan-gerakan untuk melatih otot tersebut. Berawal dari gerakan lembut seperti kupu – kupu yang sedang terbang di dalam perut mama, hingga gerakan yang menjadi lebih kuat.

Berikut Popmama.com akan membahas mengenai gerakan janin usia lima bulan yang perlu Mama ketahui.

1. Terasa seperti denyut

1. Terasa seperti denyut
Pexels/pavel-danielyuk

Memasuki minggu ke-21, perkembangan janin sudah menyerupai bayi siap lahir namun dengan ukuran yang sangat kecil. Perkembangan  kelopak mata dan alis yang sudah sempurna, bayi juga sudah bisa berkedip.

Dengan panjang janin yaitu sekitar 2,6 cm, dan berat sekitar 340 sampai 360 gram. Gerakan yang bisa baru bisa Mama rasakan adalah berupa denyut.

Pada minggu ke-21 ini perut mama masih berukuran kecil, sehingga Mama masih akan merasa nyaman.

Editors' Picks

2. Mengisap jari

2. Mengisap jari
Pexels/pavel-danilyuk

Di minggu ke-22, sistem pencernaan janin sudah mulai digunakan. Hal ini ditandai dengan janin yang sudah mulai menelan cairan ketuban.

Dengan ukuran sebesar buah pepaya dan wajah yang sudah terlihat dengan jelas. Janin sudah mulai bisa bergerak untuk mengisap ibu jarinya dengan indra pengecap yang mulai berfungsi.

Janin pada usia ini juga sudah bisa merasakan sentuhan karena otak dan saraf janin yang sudah terbentuk sempurna, di sisi lain indra pendengaran janin juga mulai bekerja, janin dapat mendengar suara-suara yang ada di luar perut mama, seperti suara mama saat berbicara, membaca, maupun bersenandung.

3. Gerakan aktif

3. Gerakan aktif
Pexels/rodnae-productions

Pada minggu ke-23 ini lah saatnya janin bisa menggerakan lengan, jari tangan, maupun jari kakinya. Mama akhirnya bisa merasakan gerakan si kecil yang mulai aktif.

Perubahan juga terlihat dari ukuran perut mama, karena janin sudah memiliki berat sekitar 500 gram dengan panjang 30 cm. Pada usia ini juga pembuluh darah yang ada pada paru-paru janin mulai berkembang untuk mempersiapkan janin bernapas.

4. Keseimbangan semakin baik

4. Keseimbangan semakin baik
Pexels/rodnae-productions

Pada minggu ke-24, dengan bobot sekitar 600 gram dan panjang 30 cm, biasanya gerakan janin sudah mulai stabil. Organ telinga si Kecil juga semakin sempurna, hal ini menyebabkan keseimbangan si kecil juga semakin baik.

Saat keseimbangan si Kecil semakin baik, si Kecil akan tau apakah dia sedang dalam posisi terbalik atau tegak.

5. Tendangan dan pukulan kecil

5. Tendangan pukulan kecil
Pexels/negative-space

Selain itu, pada minggu ke-24 Mama akan sering merasakan tendangan dari dalam perut, bahkan Mama dapat merasakan saat si Kecil cegukan.

Itulah gerakan janin saat usia lima bulan Ma. Pada trimester kedua kehamilan, penting untuk diingat bahwa jika dalam satu hari janin tidak menunjukan adanya gerakan merupakan hal yang normal terjadi, jadi Mama tidak perlu panik.

Agar bisa memantau dan tau bagaimana kondisi janin, jangan lupa untuk terus memeriksakan diri secara rutin ke dokter yah, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.