13 Cara Menenangkan Pikiran saat Hamil agar Sehat Mental

Pikiran yang tenang saat masa kehamilan membuat perkembangan janin menjadi lebih baik

10 Oktober 2021

13 Cara Menenangkan Pikiran saat Hamil agar Sehat Mental
Pexels/Dalila Dalprat

Kesehatan mental ibu hamil menjadi salah satu kondisi yang perlu diperhatikan dengan baik. Tidak hanya fisik, namun kesehatan mental yang kurang stabil akan menganggu aktivitas keseharian selama hamil. 

Penyebab stres selama hamil bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari masalah pekerjaan, masalah rumah tangga, atau akibat terlalu memikirkan proses persalinan. Perlu diketahui bahwa gangguan kesehatan pada mental ini akan memengaruhi imunitas tubuh, sehingga ibu hamil rentan tertular virus dan penyakit. 

Sebelum mengalami berbagai masalah kesehatan yang bisa memperburuk kondisi janin, ibu hamil perlu menenangkan pikirannya agar tidak stres berkepanjangan. 

Penasaran seperti apa cara yang ampuh untuk menenangkan pikiran saat hamil agar tidak stres? Simak rangkuman dari Popmama.com yuk, Ma!

1. Menjaga kualitas tidur yang cukup

1. Menjaga kualitas tidur cukup
Pexels/Craig Adderley

Ma, ibu hamil tetap perlu mengutamakan kebahagiaan dirinya selama mengandung si Kecil hingga proses persalinan nanti tiba. 

Berbagai pikiran dan emosi negatif yang muncul saat hamil bisa menimbulkan stres, bahkan membuat imunitas tubuh menurun. Salah satu cara untuk rehat sejenak dari berbagai pemikiran negatif, ada baiknya untuk tidur. 

Menjaga kualitas tidur atau istirahat yang cukup bisa membantu untuk mengurangi stres, bahkan pikiran bisa kembali jernih dan mampu menyelesaikan masalah dengan berbagai solusi. 

Perlu diketahui bahwa ada ketentuan waktu tidur yang ideal untuk kesehatan selama hamil. Perempuan kategori dewasa usia 18–64 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 7–9 jam per hari.

Walau terkesan sederhana, namun cara tersebut bisa membantu agar terhindar dari stres.

2. Mengonsumsi asupan makanan bergizi dan menerapkan pola hidup sehat

2. Mengonsumsi asupan makanan bergizi menerapkan pola hidup sehat
Freepik

Menerapkan pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi asupan makanan bergizi bisa menenangkan pikiran ibu hamil agar tidak stres. 

Carilah asupan makanan yang menjadi favorit mama, namun tetap bernutrisi untuk janin di dalam kandungan. Beberapa makanan yang bisa dipilih, seperti ikan salmon, sayuran hijau, buah dan yoghurt. Selain itu, perbanyak juga asupan air putih agar kebutuhan mineral tubuh terpenuhi dengan baik. 

Jika makanan sehat dikonsumsi secara disiplin, ini akan membantu untuk mengurangi stres dan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup. 

Selama hamil, alangkah baiknya untuk mengurangi atau menghindari berbagai minuman berkafein. Ini perlu dilakukan secara konsisten karena efek kafein bisa menyebabkan seseorang merasa lebih gelisah, sehingga dapat memicu munculnya stres.

3. Tetap aktif dengan menjalani olahraga ringan

3. Tetap aktif menjalani olahraga ringan
Pexels/Gustavo Fring

Ibu hamil tetap harus aktif beraktivitas dan berolahraga, asalkan tidak dilakukan secara berlebihan. 

Dalam satu hari, ibu hamil disarankan untuk setidaknya berolahraga dengan durasi 30 menit setiap hari. Bila tidak memungkinkan, cobalah membuat batasan untuk diri sendiri misalnya minimal tiga atau lima kali dalam seminggu. 

Pilihlah olahraga yang memang disukai dan aman dilakukan sesuai dengan usia kehamilan saat ini. Untuk mengurangi stres, ibu hamil juga bisa melakukan beberapa olahraga ringan yang bermanfaat seperti jalan kaki santai, senam hamil atau yoga. 

Diharapkan olahraga tidak hanya membantu kesehatan secara fisik, namun kesehatan mental pun bisa terjaga dan lebih stabil. 

4. Menyalurkan hobi agar pikiran menjadi lebih positif

4. Menyalurkan hobi agar pikiran menjadi lebih positif
Pexels/Katerina Holmes

Sebagian perempuan saat hamil merasa dibatasi pergerakan dan aktivitasnnya padahal asal tidak berlebihan, maka kondisi kesehatan akan tetap aman. 

Jika ibu hamil sedang mencari cara untuk menenangkan pikiran agar tidak stres, ada baiknya untuk menyalurkan energi ke berbagai hobi yang menyenangkan. Mama bisa melakukan kegiatan-kegiatan favorit, seperti memasak, bercocok tanam, menonton film, atau mengasah kemampuan bermusik. 

Menyalurkan hobi ini bisa dilakukan saat ada waktu luang atau mungkin saat di akhir pekan. Tanpa sadar, perasaan negatif akan hilang seketika saat kita melakukan hal-hal yang menyenangkan. 

5. Menggunakan aromaterapi untuk menghilangkan stres

5. Menggunakan aromaterapi menghilangkan stres
Pixabay/monicore

Aromaterapi sekarang jadi salah satu benda yang wajib dibeli untuk mengharumkan sudut-sudut di dalam rumah. Aromaterapi pun bisa dipilih untuk menenangkan pikiran dan suasana hati. 

Aromaterapi bisa dijadikan salah satu penyembuhan alternatif agar terhindar dari stres, hanya dengan menggunakan wangi-wangian dari beragam jenis bahan alami.

Selama hamil, Mama bisa memilih aroma lavender karena bisa menenangkan, serta menurunkan tingkat kecemasan dan stres. Mama bisa meletakkan aromaterapi di kamar tidur agar lebih rileks. 

Editors' Picks

6. Berusaha untuk mengatur jam kerja

6. Berusaha mengatur jam kerja
Freepik

Jika Mama masih aktif bekerja selama menjalani masa-masa kehamilan, cobalah untuk bijak mengatur waktu dengan sebaik mungkin. 

Selesaikan tugas serta tanggung jawab terkait pekerjaan agar semuanya bisa cepat selesai tepat waktu. Selain itu, Mama perlu juga menyisihkan waktu istirahat di luar jam makan siang untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. 

Setidaknya memanfaatkan waktu luang untuk istirahat dan sekadar rileks sejenak. Walau terkesan sepele, namun ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar terhindar dari stres.

7. Bergabung dengan komunitas tertentu 

7. Bergabung komunitas tertentu 
Freepik/pressfoto

Tergabung dalam sebuah komunitas yang tepat dengan anggota yang saling mendukung tentu akan sangat berdampak positif. Ibu hamil pun perlu mendapatkan edukasi sekaligus dukungan positif dari sesama mama. 

Saat menjalani masa kehamilan, Mama pun bisa bergabung dengan komunitas tertentu untuk mendapatkan pengetahuan baru. Selain bisa berkenalan dengan banyak orang-orang baru, secara tidak langsung Mama juga bisa belajar banyak hal dari anggota komunitas. 

Cara ini bisa dipilih untuk lebih menenangkan pikiran agar tidak stres selama hamil lho, Ma. 

8. Meluangkan waktu untuk mencari udara segar di pagi hari 

8. Meluangkan waktu mencari udara segar pagi hari 
Pexels/Tatiana Syrikova

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran agar tidak stres selama hamil, yakni dengan menghirup udara segar. 

Mama perlu meluangkan waktu untuk mencari udara segar di pagi hari, sehingga pikiran menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres. Selain itu, rumah yang memiliki udara segar baik untuk kesehatan dan membantu emosi menjadi lebih stabil. 

9. Melakukan perawatan tubuh dan wajah

9. Melakukan perawatan tubuh wajah
Pexels/Andrea Piacquadio

Jika menyalurkan hobi tidak ampuh untuk menenangkan pikiran, ibu hamil bisa mengatasi stres dengan cara merawat tubuh. 

Melakukan perawatan tubuh dan wajah bisa menjadi salah satu rutinitas yang membantu untuk membuat emosi menjadi lebih stabil, sehingga terhindar dari stres. Hanya saja, Mama perlu memerhatikan produk perawatan tubuh dan wajah yang nantinya akan digunakan. 

Pastikan produknya aman digunakan oleh ibu hamil. Ketika masih ragu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan agar tidak menganggu kesehatan selama menjalani masa-masa kehamilan. 

10. Memanfaatkan waktu untuk curhat dengan pasangan

10. Memanfaatkan waktu curhat pasangan
Freepik/pressfoto

Cara lain yang bisa diterapkan untuk membuat pikiran lebih tenang dan terhindar dari stres selama hamil, yakni dengan memanfaatkan waktu yang ada untuk curhat dengan pasangan. 

Carilah momen-momen yang tepat untuk bercerita dengan suami, misalnya saat akhir pekan atau memanfaatkan momen pillow talk. Situasi yang tepat perlu dibangun agar bisa membantu untuk mencari solusi terbaik. 

Perlu diingat bahwa peran suami selama istri hamil sangat penting, untuk bisa menenangkan hati pasangannya agar lebih sehat secara mental. 

11. Mengambil kelas kehamilan untuk menambah pengetahuan baru 

11. Mengambil kelas kehamilan menambah pengetahuan baru 
Freepik/rawpixel.com

Ibu hamil yang banyak pikiran atau stres bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya merasa cemas menjelang persalinan. Tak jarang, ada juga yang merasa belum memiliki cukup bekal untuk merawat anaknya kelak. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran ibu hamil agar tidak stres, yaitu dengan mengambil kelas-kelas kehamilan. Tidak hanya bisa dibantu dengan pengajar yang sudah profesional, kelas ini juga bisa membantu untuk menambah pengetahuan baru. 

Edukasi yang diberikan kepada ibu hamil di kelas tersebut juga memberikan bekal pengetahuan untuk menghadapi berbagai kemungkinan saat proses persalinan. 

Bekal pengetahuan dari kelas yang diikuti diharapkan bisa mengurangi rasa cemas atau stres ya, Ma.

12. Berkonsultasi dengan psikolog apabila diperlukan 

12. Berkonsultasi psikolog apabila diperlukan 
Freepik/Pressfoto

Berkonsultasi dengan profesional yang paham terhadap masalah kesehatan mental bisa menjadi cara lain yang dipilih untuk menenangkan pikiran agar tidak stres saat hamil. 

Mama bisa memilih psikolog di daerah tempat tinggal masing-masing untuk berkonsultasi. Bisa juga dengan berkonsultasi secara online. Apabila diperlukan untuk berbicara dan ingin menyelesaikan masalah, maka lakukanlah. 

Ketika sesi konsultasi juga diharapkan agar Mama bisa menemukan sumber pemicu stres, lalu bisa dicari solusinya untuk diselesaikan. 

13. Mencari doula sebagai teman diskusi seputar kehamilan 

13. Mencari doula sebagai teman diskusi seputar kehamilan 
Freepik

Setiap perempuan yang menjalani kehamilan pertama tentu memiliki berbagai momen perdana di dalam hidupnya, termasuk berdamai dengan emosinya sendiri saat hamil. Tak jarang, ibu hamil pun membutuhkan dukungan dengan orang yang sudah profesional. 

Salah satu cara untuk menenangkan pikiran agar tidak stres selama hamil, yakni dengan mencari doula. 

Menurut Asosiasi Doula of North America, doula adalah seorang praktisi non medis yang terlatih secara profesional untuk membantu atau mendampingi ibu hamil. Doula juga akan menjadi pendamping ibu hamil dari mulai membuat birth plan hingga masa sesudah melahirkan.

Kehadiran doula bisa membantu untuk mengurangi stres karena mampu menjadi teman diskusi seputar kehamilan. Dukungan yang diberikan oleh seorang doula bisa berupa informasi seputar kehamilan hingga persalinan, fisik dan emosional.

Nah, itu dia rangkuman mengenai berbagai cara yang ampuh untuk menenangkan pikiran saat hamil agar tidak stres. 

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.