TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Di Tengah Pandemi, Fedi Nuril Umumkan Istrinya Hamil Anak Kedua

Usia kehamilannya sudah jalan 17 minggu nih, Ma!

22 April 2020

Di Tengah Pandemi, Fedi Nuril Umumkan Istri Hamil Anak Kedua
Instagram.com/fedinuril

Di tengah pandemi penyebaran Covid-19 yang sedang melanda Indonesia, ada sebuah kabar bahagia dari pasangan Fedi Nuril dan Vanny Widyasasti. 

Melalui sebuah unggahan di Instagram pribadinya, Fedi Nuril mengumumkan kehamilan sang istri untuk anak kedua mereka. Usia kehamilan istrinya sudah masuk minggu ke-17 yang berarti sedang menjalani trimester kedua. 

"Alhamdulillah, hari ini genap empat bulan usia kandungan istri gue tersayang. Mohon doanya supaya proses kehamilan anak kedua kami lancar," tulis Fedi Nuril. 

Sebagai seorang Papa, ia pun telah memperkenalkan anak pertamanya dengan si Kecil yang masih berada di dalam kandungan. 

"Abang Hasan senang sekali akan punya adek “Rabbi hablii minashshaalihiin” (Wahai Rabbku, berikan aku keturunan yang saleh). Amin," ucapnya. 

Mengenai kehamilan istri Fedi Nuril yang sudah masuk trimester kedua, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi mengenai perkembangan dan juga kesehatannya. 

Semoga ini dapat membantu dalam memberikan informasi jika Mama juga sedang menjalani masa-masa kehamilan di trimester kedua.

1. Bagaimana perkembangan janin di dalam kandungan ketika usianya baru 17 minggu?

1. Bagaimana perkembangan janin dalam kandungan ketika usia baru 17 minggu
Instagram.com/fedinuril

"Alhamdulillah. Hasan mau punya adek hihi. Bismillah, semoga semuanya dilancarkan. Amin #17weekspregnant," tulis Vanny Widyasasti. 

Berdasarkan unggahan dari istri Fedi Nuril, diketahui bahwa kini usia kandungannya sudah masuk minggu ke-17. 

Pada kehamilan di usia ini, janin di dalam kandungan sudah mengalami berbagai perkembangan seiring bertambahnya usia kehamilan. 

Pada usia kehamilan ke-17 minggu, janin sudah seukuran lobak dengan berat badan sekitar 150 gram dan panjang sekitar 12 cm dari kepala hingga ujung kaki. Plasenta pun sudah semakin berkembang, sehingga ribuan pembuluh darah dapat mengoptimalkan fungsinya ketika menyalurkan nutrisi serta oksigen ke janin selama masih di dalam perut. 

Pada perkembangan ini, ibu hamil juga mengalami perubahan hormon yang membuat pembuluh darah vena utama menjadi lebih terlihat. Bahkan ibu hamil akan cenderung lebih berkeringat ketika merasa suhu udara di sekitar mulai panas. 

Di masa-masa kehamilan trimester kedua ini, ibu hamil perlu semakin memerhatikan kesehatan dirinya sendiri serta janin di dalam kandungan melalui asupan makanan yang bergizi dan olahraga teratur. 

Tetaplah bijak saat memilih makanan atau minuman karena ini akan berpengaruh terhadap kesehatan serta perkembangan janin. 

2. Olahraga apa yang disarankan untuk ibu hamil saat trimester kedua?

2. Olahraga apa disarankan ibu hamil saat trimester kedua
Freepik

Selama hamil, menjaga kesehatan memang menjadi sebuah keharusan dan prioritas utama yang perlu dilakukan. Tak hanya perlu bijak dalam memilih asupan gizi dari makanan saja, namun pemilihan alternatif olahraga pun harus selektif.   

Olahraga yang dilakukan secara rutin oleh ibu hamil juga mampu membantu dalam mengatur kenaikan berat badan. 

Jika Mama sedang menjalani trimester kedua kehamilan, maka perlu melakukan beberapa jenis olahraga mulai dari: 

  • Yoga karena dapat membuat otot tetap luntur. 
  • Berlari santai untuk membakar kalori di dalam tubuh. 
  • Berenang untuk merenggangkan otot-otot yang terasa kaku. 
  • Bersepeda karena dapat menguatkan bagian kaki dan tangan. 
  • Pilates karena dapat meredakan nyeri punggung saat hamil.

3. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi selama trimester kedua?

3. Apa saja makanan perlu dikonsumsi selama trimester kedua
Freepik/valeria_aksakova

Selama masa kehamilan, makanan serta minuman tentu menjadi asupan yang harus diperhatikan dengan baik agar perkembangan janin tetap terjaga. 

Ketika ibu hamil salah makan atau mungkin kekurangan nutrisi, maka akan berdampak pada perkembangan bayi serta kesehatannya. Berikut jenis makanan yang perlu diperhatikan selama kehamilan trimester kedua, antara lain: 

  • Jenis kacang-kacangan yang menjadi sumber asam folat, serat, protein, zat besi bahkan kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh terutama pada kehamilan trimester kedua.
  • Brokoli dikenal sebagai sumber kalsium yang baik, apalagi sayuran ini kaya akan vitamin C, folat, dan vitamin B6. 
  • Ikan karena mengandung protein hingga asam lemak omega 3 yang dapat membantu pembentukan otak janin. Hanya saja perlu berhati-hati karena ada kandungan merkuri pada ikan jenis tertentu. 
  • Telur menjadi makanan sehat bagi ibu hamil terutama pada kehamilan trimester kedua yang sangat bergizi dan mudah untuk ditemukan. Ketika mengonsumsi telur, maka dapat meningkatkan asupan gizi dan kesehatan otak janin. 
  • Daging sapi, daging ikan, hingga daging ayam merupakan sumber protein dengan kualitas tinggi. Setiap daging memiliki kandungan zat besi sebagai mineral penting yang dibutuhkan oleh sel darah merah. 

Berbagai makanan di atas akan membantu menyediakan banyak nutrisi penting untuk ibu hamil selama menjalani trimester kedua. Dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi, maka dapat menjaga kesehatan ibu hamil. 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menjalani kehamilan di trimester kedua. 

Sehat terus untuk keluarga Fedi Nuril dan Vanny Widyasasti!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk