Hamil 5 Bulan, Felicya Angelista Masuk RS karena Plasenta Previa

Felicya harus dilarikan ke rumah sakit dan menjalani tindakan

13 Juli 2021

Hamil 5 Bulan, Felicya Angelista Masuk RS karena Plasenta Previa
Instagram.com/felicyangelista_

Felicya Angelista saat ini tengah menantikan kehadiran buah hati pertamanya bersama Hito Caesar. Memasuki usia kehamilan 20 minggu atau sekitar lima bulan, pesinetron ini justru membagikan kabar ketika dirinya harus dilarikan ke rumah sakit.

Melalui video singkat yang ia unggah pada Instagram Story miliknya, Feli menyebutkan, "Hai guys, tebak aku ada di mana? Guys aku lagi ada di RSIA, jadi ada tindakan yang harus dilakukan."

Untuk mengetahui penyebab Felicya Angelista masuk rumah sakit dan menjalani tindakan, berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya.

1. Mengalami flek di usia kehamilan 5 bulan

1. Mengalami flek usia kehamilan 5 bulan
Youtube.com/FELITOgether Official

Melalui cerita yang dibagikan Feli pada unggahan vlog terbarunya di Youtube, ia menyebutkan bahwa ini bermula ketika dirinya melakukan kontrol kehamilan lima bulan dan ditemukan adanya flek yang membuat istri Hito ini cukup cemas dan panik.

"Pas aku kontrol aku dibilang sama dokter kalau aku tuh ada sedikit flek. Akhirnya langsung dicek dan ternyata puji Tuhan (kondisi bayi sehat) baby aku berat badannya itu melebihi yang seharusnya," ujarnya.

Editors' Picks

2. Posisi plasenta yang berada di bawah

2. Posisi plasenta berada bawah
Youtube.com/FELITOgether Official

Lewat video yang dibagikannya, Feli juga bercerita penyebab terjadinya flek yang ia alami. Ia menyebutkan,"Ternyata posisi plasenta aku tuh di bawah. Jadi itu bisa kayak menekan dan sampai akhirnya aku flek atau sering pipis."

Setelah mengetahui demikian, dokter yang menangani Feli pun langsung meresepkan obat dan rutin memantau keadaan Feli sampai benar-benar membaik.

3. Sempat panik karena keluar darah segar

3. Sempat panik karena keluar darah segar
Youtube.com/FELITOgether Official

Setelah melewati tahap pemeriksaan dan pemantauan yang dilakukan oleh dokter, Feli kemudian dikejutkan dengan keluarnya darah segar yang membuat ia harus segera dilarikan ke rumah sakit.

"Nah, sampai hari ini tiba-tiba sekitar jam 6 sore, aku merasa kayak bau darah. Akhirnya aku coba cek, ternyata ada darah segar, terus ada gumpalan darah," cerita Feli.

Feli pun segera menghubungi dokter yang menangani dan dianjurkan untuk ke UGD.

Sesaat sampai di rumah sakit, Feli melakukan pemeriksaan sampai ke mulut rahim untuk melihat apakah ada pembukaan dan darah yang keluar aktif atau tidak. Setelah melakukan pemeriksaan, Feli memanjatkan syukur karena tidak mengalami keduanya.

"Puji Tuhan nggak (tidak ada pembukaan dan darah aktif), tapi aku memang perutnya mules, nyeri. Kalau jalan pun agak sakit. Jadinya aku harus benar-benar bed rest, dan memutuskan untuk dirawat inap demi kebaikan."

"Aku bersyukur banget ada dokter yang cepat tanggap menangani dan bikin aku nggak panik padahal aku udah panik dan nangis-nangis," tambah Feli melalui unggahan di Instagram pribadinya.

Apa Itu plasenta previa?

Apa Itu plasenta previa
Youtube.com/FELITOgether Official

Plasenta previa merupakan kondisi yang sering kali membuat ibu hamil panik dan cemas. Begitu pula yang dterjadi pada kehamilan Felicya Angelista di usia kehamilan 20 minggu.

Plasenta previa sendiri merupakan keadaan plasenta atau ari-ari yang berada di bagian bawah rahim sehingga berpotensi menutupi jalan lahir, baik sebagian ataupun menyeluruh.

Adapun tanda-tanda yang umum terjadi ketika ibu hamil mengalami plasenta previa adalah munculnya flek atau perdarahan, hal ini juga seperti yang dialami Feli, Ma. Itulah mengapa dilakukan pemeriksaan hingga ke mulut rahim guna mengetahui apakah terjadi pembukaan dan darah aktif yang terjadi. 

Selain melakukan pemeriksaan, dokter juga akan menyarankan ibu hamil yang mengalami kondisi ini untuk bed rest atau istirahat total. Sebagaimana dikutip dari Everyday Health, presiden American Pregnancy Association di Irving, Texas, Brad Imler, Ph.D, menganjurkan ibu hamil yang perdarahan dan mengalami komplikasi harus istirahat total dengan tujuan untuk melancarkan peredaran darah.

Itulah informasi terkait kondisi kehamilan Felicya Angelista masuk rumah sakit karena mengalami plasenta previa. Kita doakan bersama semoga Feli dan kandungannya selalu dalam keadaan sehat hingga persalinan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.