9 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Ibu Hamil

Dibalik rasanya yang menyegarkan, buah kiwi memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil

9 Juli 2018

9 Manfaat Buah Kiwi Kesehatan Ibu Hamil
Unsplash/Kimber Pine

Buah kiwi memiliki rasa yang khas yaitu asam dan menyegarkan. Buah berkulit cokelat dan berbulu halus ini memiliki daging berwarna hijau dan lunak. Mudah sekali untuk dimakan karena biji-bijinya mudah dikunyah dan baik untuk pencernaan.

Bukan sekedar menyegarkan, buah kiwi juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Siapa yang suka buah kiwi?

Kamu beruntung!

Kandungan Nutrisi dalam Buah Kiwi

Kandungan Nutrisi dalam Buah Kiwi
Unsplash/Toa Heftiba

Buah kiwi ini rasanya manis-manis asam. Daging buah kiwi mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, kalium, dan folat. Buah kiwi baik sekali untuk kesehatan ibu hamil. Jika kamu lebih suka menjadikan kiwi sebagai jus atau dihaluskan, maka dalam secangkir kiwi mengandung:

  • 110 kalori
  • 157 IU vitamin A
  • 167 miligram vitamin C
  • 2,6 miligram vitamin E
  • 2 gram protein
  • 5,4 gram serat
  • 31 miligram magnesium (Mg)
  • 562 miligram kalium (K)
  • 0,56 mg zat besi (Fe)
  • 61 miligram kalsium (Ca)
  • 0,23 mg seng (Zn)

Buah kiwi sangat luar biasa manfaatnya untuk kesehatan. Berikut Popmama.com sebutkan manfaat buah kiwi untuk ibu hamil:

1. Buah kiwi dapat mencegah adanya sel kanker

1. Buah kiwi dapat mencegah ada sel kanker
Unsplash/Rawpixel

Manfaat kiwi bagi ibu hamil yang pertama adalah dapat melindungi DNA. Salah satu kandungan buah kiwi adalah antioksidan. Kandungan antioksidan ini sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil terutama dalam melindungi DNA bayi. Antioksidan memiliki kemampuan untuk mencegah timbulnya sel kanker.

2. Membantu mengatur berat badan

2. Membantu mengatur berat badan
Freepik/Welcomia

Ibu hamil tentu mengalami kenaikan berat badan. Pertumbuhan bisa terjadi secara konstan karena terdapat bayi di dalam ibu hamil yang juga naik berat badannya.

Namun ada juga kenaikan berat badan ibu hamil yang tidak normal. Ibu hamil terlalu gemuk dan pertambahan berat badannya melebihi perhitungan semestinya. Hal ini tentu tidak baik bagi ibu hamil dan bisa menyebabkan masalah saat proses persalinan nantinya.

Oleh karena itu banyak juga ibu hamil yang dianjurkan dokter untuk berdiet.

Salah satu cara diet sehat yang bisa ibu hamil lakukan adalah dengan memakan buah kiwi setiap hari.

Buah kiwi mengandung indek glikemik rendah namun kandungan serat di dalamnya sangat tinggi. oleh karena itu bisa mengikat lemak lebih banyak dari pada buah lainnya sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih padat dan tidak banyak menyimpan air atau lemak.

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Unsplash/Ashton Mullins

Kesehatan ibu hamil sangatlah penting, selain menjaga diri sendiri, ibu hamil juga menjaga kesehatan dari janin yang seang dikandungnya.

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak mudah sakit saat dalam masa kehamilan karena bisa berpengaruh pada kesehatan janin. Ibu hamil bisa mengonsumsi buah kiwi karena kaya akan kandungan vitamin C dan dapat digunakan sebagai antioksidan dalam menangkal segala radikal bebas dan menambah sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil.

4. Membantu dalam mengatasi hipertensi saat kehamilan

4. Membantu dalam mengatasi hipertensi saat kehamilan
Unsplash/Kabir Kotbal

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa buah kiwi bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan bagi anda yang mengalami penyakit tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi ini juga kerap kali dialami oleh para ibu hamil dan iika ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi akan sangat berbahaya karena bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin dan bisa menyebabkan risiko bayi lahir prematur.

Orang hamil dengan riwayat preeklampsia juga memerlukan buah kiwi sebagai pilihan asupan sehari-hari.

Baca Juga: Fakta dan Risiko Preeklampsia Bagi Ibu Hamil dan Janin

Editors' Picks

5. Melancarkan kerja pencernaan

5. Melancarkan kerja pencernaan
freepik/@freepik

Karena di dalam buah kiwi juga mengandung banyak serat berarti dapat digunakan bagi para ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan. Masalah pencernaan juga sering dialami para ibu hamil, dan hal ini tidak bagus untuk perkembangan janin yang ada di dalam perut.

Kamu bisa mengolah buah kiwi menjadi jus atau olahan lainnya yang bisa membuat pencernaan kamu menjadi lebih sehat.

6. Mengatasi rasa mual

6. Mengatasi rasa mual
Freepik/Welcomia

Manfaat buah kiwi bagi ibu hamil juga mampu mengurangi rasa mual pada saat masa kehamilan.

Morning sickeness selama hamil bisa membuat kita merasa mual. Ini merupakan hal yang wajar terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh ibu hamil.

Salah satu meredakan mual adalah dengan mengonsumsi minuman dan makanan dengan rasa asam. Selain vitamin C yang memberi sensasi rasa asam, kiwi juga mengandung vitamin B yang dapat membantu menghilangkan rasa mual.

Baca Juga: Yuk, Cek! Tips Atasi Morning Sickness dari 5 Mama Milenial

7. Membantu mengatasi masalah pada kulit

7. Membantu mengatasi masalah kulit
Freepik/ilovehz

Sebagian ibu hamil ada yang mengalami masalah pada kesehatan kulit. Pada umumnya tidak begini, tapi kadang ada juga yang sebelum hamil tidak jerawatan, setelah hamil malah jadi jerawatan.

Selain jerawat masalah lainnya adalah muncul komedo, bintik hitam, mudah luka dan lainnya. Kandungan gizi yang ada di dalam buah kiwi ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Kulit seperti lebih mudah beregenerasi dan pulih dari luka.

8. Menjaga kesehatan syaraf janin

8. Menjaga kesehatan syaraf janin
Unsplash/Sara Dubler

Manfaat buah kiwi juga Baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung banyak asam folat di dalamnya. Dalam hal ini tentunya asam folat dapat dikatakan sebagai kelompok vitamin B. Jika kamu mengonsumsi buah kiwi ketika hamil, ini bisa mengurangi risiko bayi yang mengalami cacat syaraf ketika lahir.

Untuk mencegah hal tersebut, tentunya kamu dapat memenuhi asupan asam folat sebanyak 400 mcg perharinya. Dalam 100 gram buah kiwi terdapat sekitar 25 mcg asam folat yang memang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil.

9. Meningkatkan metabolisme

9. Meningkatkan metabolisme
Pixabay/Tasha

Di dalam buah kiwi tentunya juga mengandung mineral elektrolit. Ketika hamil tubuh akan mengalami dehidrasi karena kegiatan sehari-hari dengan mengonsumsi buah kiwi maka kamu telah mencegah dari terjadinya dehidrasi.

Itulah 9 manfaat buah kiwi untuk kesehatan ibu hamil. Mama, yuk jangan ragu konsumsi kiwi saat sedang hamil.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janin

Baca Juga: Ketahuilah 5 Manfaat Buah Kurma untuk Program Kehamilan

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil