Manis dan Terjangkau, Ini Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Menyegarkan dan jadi obat manjur buat morning sickness nih, Ma

6 November 2020

Manis Terjangkau, Ini Manfaat Buah Mangga Ibu Hamil
weetnow.com

Buah mangga, biasanya menjadi salah satu buah yang paling di favoritkan oleh ibu hamil. Biasanya mangga yang diinginkan oleh ibu hamil adalah mangga muda yang asam, untuk mendapatkan sensasi tersendiri saat ibu hamil mengonsumsinya.

Tak hanya menciptakan sensasi rasa asam, sebenarnya buah mangga juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan ibu hamil, lho.

Sudah tahu apa saja manfaat buah mangga bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan mama?

Berikut Popmama.com akan membagikan tujuh manfaat mangga untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
kaboutjie.com

Ibu hamil umumnya akan lebih rentan terkena penyakit. Hal itu tak lain dikarenakan kondisi daya tahan tubuh ibu hamil yang cenderung menurun dari perempuan yang tidak hamil.

Nah, kandungan vitamin A khususnya zat beta karoten yang ada di dalam buah mangga bermanfaat untuk meningkatkan daya tubuh ibu hamil.

Jadi, dengan mengonsumsi buah mangga, daya tahan tubuh ibu hamil akan lebih terjaga, sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

2. Menghilangkan sembelit saat hamil

2. Menghilangkan sembelit saat hamil
medlife.com

Seperti diketahui, mangga memiliki kandungan serat yang cukup banyak di dalamnya.

Nah, karena sebagian mama yang sedang hamil sering mengalami sembelit, maka buah mangga cocok untuk dikonsumsi saat hamil.

Terkadang, ibu hamil lupa untuk mengonsumsi makanan yang berserat. Nah, Mama bisa menjadikan buah mangga sebagai makanan berserat favorit.

Editors' Picks

3. Membantu perkembangan janin

3. Membantu perkembangan janin
parenting.firstcry.com

Tak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, mengonsumsi mangga saat hamil ternyata juga bermanfaat bagi janin yang ada di dalam kandungan.

Misalnya, salah satu kandungan yang ada di dalam buah mangga seperti vitamin A, mampu membantu perkembangan organ janin, di bagian mata, ginjal, bahkan membuat paru-parunya menjadi lebih sempurna.

Selain itu, kandungan vitamin B6 yang ada di dalam buah mangga, juga mampu meningkatkan perkembangan saraf janin. Dengan begitu, fungsi kognitif bayi dapat bekerja dengan baik dan sempurna, sehingga bisa mengurangi risiko lahir cacat pada bayi.

4. Menghindari cacat otak dan cacat sumsum tulang belakang

4. Menghindari cacat otak cacat sumsum tulang belakang
weetnow.com

Tak hanya dapat membantu perkembangan janin lebih baik, dengan mengonsumsi mangga saat hamil, ternyata juga bisa menjauhkan bayi dari risiko lahir dengan cacat otak dan cacat sumsum tulang belakang.

Karena kandungan asam folat yang terkandung pada mangga mempunyai peran besar selama masa kehamilan.

Jika janin di dalam kandungan kekurangan asam folat, maka hal ini akan menjadi penyebab bayi terlahir cacat. Mama tentu tidak mau hal ini terjadi bukan?

5. Meningkatkan stamina

5. Meningkatkan stamina
Pexels/Burst

Mangga memiliki kandungan sukrosa yang bisa menjadi sumber karbohidrat yang alami dan sehat. Hal inilah yang membuat mangga mudah dicerna ketika masuk ke dalam tubuh manusia, hingga kemudian diubah menjadi energi.

Selain itu, kandungan karbohidrat yang ada dalam buah mangga juga sangat baik untuk menghilangkan rasa lelah saat hamil.

Itulah mengapa ibu hamil yang mengonsumsi mangga menjadi lebih berenergi sekaligus bisa terhindar dari kepenatan.

6. Menetralkan radikal bebas

6. Menetralkan radikal bebas
kaboutjie.com

Antioksidan yang terkandung di buah mangga memang terbilang cukup banyak.

Kandungan antioksidan inilah yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan janin.

Jadi, dengan mengonsumsi buah mangga saat hamil, Mama tidak hanya bisa terhindar dari radikal bebas tapi juga bisa mendukung perkembangan janin dengan sempurna.

7. Mengurangi gejala morning sickness

7. Mengurangi gejala morning sickness
psychiatryadvisor.com

Seperti yang sering Mama rasakan, morning sickness merupakan gejala yang umum terjadi pada masa awal kehamilan.

Jika mual atau morning sickness yang Mama alami dirasa cukup mengganggu, Mama bisa mengonsumsi buah mangga dalam jumlah normal untuk mengurangi rasa mual yang berlebih.

Hal ini dikarenakan, buah mangga mengandung vitamin B6 yang mampu meredakan gejala mual.

Ternyata manfaat mangga untuk ibu hamil cukup banyak ya. Meski demikian, Mama tetap harus mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar ya.

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.