Apakah Obat Alergi Aman untuk Ibu Hamil?

Kadang ibu hamil harus mengonsumsi obat alergi untuk mengatasi gejala alergi. Apakah ini aman?

23 November 2021

Apakah Obat Alergi Aman Ibu Hamil
Unsplash/Volodymyr Hryshchenko

Alergi terjadi ketika tubuh bereaksi terhadap zat asing yang dianggap berbahaya oleh tubuh. Tubuh bekerja untuk melawannya dengan melepaskan zat-zat kimia yang akhirnya menimbulkan reaksi alergi.

Beberapa reaksi alergi yang biasa dialami seperti gatal, pilek, sakit kepala, hingga sesak napas.

Meski biasanya alergi tidak memengaruhi janin, Mama perlu waspada terhadap kemungkinan timbulnya reaksi alergi berat, yaitu syok anafilaksis, yang dapat berakibat fatal.

Jika gejala alergi yang Mama alami adalah sesak napas atau asma, ini perlu diwaspadai. Kondisi ini perlu segera ditangani, karena jika Mama tidak mendapat cukup udara, hal sama juga terjadi pada janin.

Salah satu cara untuk mengatasi alergi adalah dengan mengonsumsi obat alergi. Namun ibu hamil harus berhati-hati dengan segala yang dikonsumsi, termasuk obat-obatan. Karena konsumsi obat tertentu mungkin dapat memengaruhi perkembangan janin.

Kabar baiknya adalah, para ahli menilai sebagian besar obat alergi sebagai risiko rendah – meskipun tidak ada cukup data untuk sepenuhnya mengesampingkan risiko untuk hampir semua obat dalam kehamilan.

Apakah obat alergi aman untuk ibu hamil? Yuk, simak penjelasannya pada ulasan Popmama.com berikut ini, Ma.

Apakah Obat Alergi Aman untuk Ibu Hamil?

Apakah Obat Alergi Aman Ibu Hamil
Unsplash/Danilo Alvesd

Sebelum Mama mengonsumsi obat alergi yang dijual bebas di pasaran, diskusikan dulu dengan dokter mengenai faktor keamanannya.

Meski beberapa obat alergi dinilai memiliki risiko rendah untuk ibu hamil, tidak ada salahnya untuk berhati-hati.

Beberapa obat alergi memiliki lebih dari satu bahan aktif untuk mengatasi beberapa gejala. Beberapa bahan ini mungkin tidak aman untuk ibu hamil dan janin. Jadi periksa labelnya sebelum Mama mengonsumsi obat apa pun.

Editors' Picks

Jenis Obat Alergi yang Harus Dihindari saat Hamil

Jenis Obat Alergi Harus Dihindari saat Hamil
Freepik/jcomp

Pseudoefedrin dekongestan dan fenilefrin umumnya tidak dianjurkan selama 13 minggu pertama kehamilan.

Setelah trimester pertama, jika Mama mengonsumsi obat ini sebanyak satu atau dua kali, ini masih dianggap aman.

Namun, penggunaan yang terlalu sering dapat menimbulkan masalah, karena obat ini menyempitkan pembuluh darah. Ini bisa menurunkan aliran darah ke plasenta dan meningkatkan tekanan darah ibu hamil.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum Mama mengonsumsi obat dengan pseudoefedrin atau fenilefrin. Terutama jika Mama memiliki tekanan darah tinggi atau preeklampsia.

Apakah Suntikan Alergi Aman untuk Ibu Hamil?

Apakah Suntikan Alergi Aman Ibu Hamil
Unsplash/mufid majnun

Suntikan alergi adalah jenis imunoterapi. Ini merangsang sistem kekebalan dengan memaparkannya pada alergen spesifik dalam jumlah kecil. Secara bertahap, cara ini akan membangun toleransi terhadap allergen. Sehingga dapat mengurangi reaksi alergi.

Jika sebelum hamil Mama sudah pernah mendapatkan suntikan alergi, suntikan ini aman dilakukan saat hamil. Tetapi sebaiknya dosisnya tidak ditambah agar tidak menimbulkan risiko.

Jika Mama belum pernah mendapatkan suntikan ini sebelumnya, ada baiknya Mama menunggu sampai setelah melahirkan untuk mengurangi risikonya.

Tips Mengelola Alergi saat Hamil

Tips Mengelola Alergi saat Hamil
Pexels/matilda-wormwood

Melakukan beberapa langkah pencegahan dapat membantu meminimalkan risiko dan mengelola alergi. Selain obat, berikut beberapa hal yang dapat Mama lakukan untuk menghindari alergi:

  • Bersihkan kamar mandi, dapur, dan ruangan yang lembab secara teratur untuk mencegah pertumbuhan jamur.
  • Mandikan dan bersihkan hewan peliharaan dengan rutin.
  • Hindari makanan yang dapat menyebabkan alergi.
  • Bersihkan rumah secara teratur, terutama kasur dan karpet yang dapat menyimpan banyak debu dan tungau.
  • Segera mandi, cuci rambut, dan ganti baju setelah berpergian untuk menghindari alergen yang bisa menempel dari luar rumah.

Beberapa jenis obat alergi aman untuk ibu hamil. Tetapi Mama juga harus memberi tahu dokter soal alergi yang Mama miliki. Dokter akan memberikan daftar obat yang aman dan saran untuk menghindari alergi.

Apakah Mama memiliki alergi tertentu saat hamil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.