Berasal dari Selandia Baru, Apakah Madu Mānuka Aman untuk Ibu Hamil?

Madu ini berasal dari pohon bunga mānuka yang ada di Selandia Baru dan Australia

5 Juni 2021

Berasal dari Selandia Baru, Apakah Madu Mānuka Aman Ibu Hamil
Freepik/flo222

Madu menjadi salah satu asupan favorit siapa saja, termasuk para ibu hamil. Madu dianggap bisa menjadi pengganti gula pasir untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minuman.

Selain rasanya manis alami, madu juga mengandung berbagai nutrisi penting bagi kesehatan. Termasuk vitamin, mineral, dan bahkan antioksidan.

Salah satu madu yang baik untuk kesehatan adalah madu mānuka. Madu ini berasal dari bunga pohon mānuka di Selandia Baru dan Australia. Meski baik untuk kesehatan, apakah aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?

Sebelum Mama mencobanya, yuk simak dulu ulasan Popmama.com soal manfaat dan keamanan mengonsumsi madu mānuka saat hamil.

Apa Itu Madu Mānuka?

Apa Itu Madu Mānuka
Unsplash/Sebastien Rosset

Madu mānuka adalah madu yang dihasilkan dari spesies pepohonan berbunga, yakni pohon Mānuka asal Selandia Baru dan Australia. 

Jenis madu ini sudah disarikan dan diproses secara teliti demi memastikan kandungan kesehatannya tetap tersimpan baik untuk tubuh kita, khususnya sistem pencernaan.

Madu mānuka mengandung zat anti bakterial, yang menjadi kelebihannya dibandingkan dengan madu jenis lain.

Selain itu, madu ini dipercaya dapat menyembuhkan beragam masalah kesehatan. Meski baik untuk kesehatan, sebelum mengonsumsinya, ibu hamil harus mengetahui terlebih dahulu faktor keamanan dan manfaatnya.

Apakah Madu Mānuka Aman untuk Ibu Hamil?

Apakah Madu Mānuka Aman Ibu Hamil
Freepik/senivpetro

Madu mānuka aman dikonsumsi kecuali jika Mama alergi pada madu ini. Madu mānuka alami dan sehat. Hingga saat ini, tidak ada bukti bahwa madu mānuka tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Namun, Mama sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsinya.

Kehamilan adalah saat ketika Mama harus berhati-hati tentang semua yang dikonsumsi. Poin sederhana yang harus diikuti adalah makan semua gula dalam jumlah sedang dan memastikan bahwa diet penuh dengan sayuran, protein organik tanpa lemak, lemak baik, dan buah-buahan rendah glikemik. Sementara madu aman, sangat penting bahwa Mama tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari madu mānuka untuk ibu hamil.

1. Meredakan peradangan dan infeksi

1. Meredakan peradangan infeksi
Freepik/lookstudio

Saat hamil, daya tahan tubuh mama menurun, ini membuat ibu hamil mudah terserang penyakit. Radang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri jahat dalam tubuh.

Bakteri jahat penyebab infeksi juga akan diatasi oleh kandungan madu mānuka. Jadi, risiko infeksi saat hamil pun berkurang.

Madu ini memiliki kandungan zat antibakteri yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan, Ma. Mengonsumsinya dapat membantu Mama mengatasi radang tanpa harus mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Editors' Picks

2. Menjaga kesehatan mulut

2. Menjaga kesehatan mulut
Freepik/user18526052

Apakah Mama sering mengalami masalah mulut atau sakit gigi saat hamil? Masalah ini dapat diatasi dengan mengonsumsi madu mānuka.  

Masalah kesehatan mulut dan gigi biasanya dipicu oleh gusi tidak sehat dan gigi berlubang. Ini disebabkan oleh bakteri jahat yang ada di mulut.

Memiliki kandungan antibakteri yang tinggi, madu mānuka dapat mengatasi bakteri ini dan menjaga kesehatan mulut dan gigi selama hamil.

3. Mendukung kinerja pencernaan

3. Mendukung kinerja pencernaan
Freepik/senivpetro

Gangguan pencernaan adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Kemampuan madu mānuka untuk membunuh bakteri jahat dalam lambung sangat berpengaruh positif terhadap kinerja pencernaan.

Ada beberapa jenis bakteri yang harus diatasi dengan antibiotik. Dengan mengonsumsi madu ini, Mama dapat menghindari konsumsi obat-obatan tertentu. Namun diskusikan dengan dokter dulu mengenai penanganan yang terbaik dan aman.

4. Mengobati tukak lambung

4. Mengobati tukak lambung
Freepik/user18526052

Tukak lambung merupakan masalah kesehatan yang umum dialami oleh ibu hamil. Ini disebabkan oleh menurunnya perlindungan dinding lambung terhadap asam lambung. Infeksi bakteri Helicobacter pylori menjadi salah satu penyebabnya, Ma.

Kandungan antibakteri madu mānuka dapat  membantu melawan bakteri tersebut.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Freepik/odua

Data yang dipublikasikan pada Journal of Leukocyte Biology pada tahun 2007 mengulas soal komponen pada madu mānuka yang mampu meningkatkan imunitas. Saat hamil, tubuh bekerja ekstra keras untuk merawat dan menumbuhkan janin. Ini menyebabkan daya tahan menurun dan ibu hamil rentan terserang penyakit.

Konsumsi madu mānuka secara rutin dengan jumlah wajar dapat membantu ibu hamil agar terhindar dari penyakit tertentu.

6. Mengatasi sakit tenggorokan

6. Mengatasi sakit tenggorokan
Freepik

Selain dengan obat sakit tenggorokan, mengonsumsi madu mānuka bisa menjadi solusi mengatasi radang tenggorokan. Madu mānuka memiliki antivirus dan antibakteri, yang bisa mengurangi peradangan serta melawan bakteri penyebab sakit pada tenggorokan.

Madu ini juga memberikan efek nyaman pada tenggorokan lho, Ma!

7. Meningkatkan kualitas tidur

7. Meningkatkan kualitas tidur
Freepik/bearfotos

Sulit tidur menjadi salah satu ketidaknyamanan yang sering dialami oleh ibu hamil. Padahal, tidur cukup dan berkualitas sangat penting untuk ibu hamil.

Madu mānuka dapat membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Madu ini mengeluarkan glikogen secara perlahan yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh ketika tidur.

Mengonsumsi madu ini sebelum tidur dapat membantu tubuh mengeluarkan melatonin yang dapat membantu otak membuat tidur lebih nyenyak.

Konsumsi madu baik untuk kesehatan termasuk pada saat hamil. Namun yang terbaik adalah diskusikan dengan dokter yang mengetahui kondisi kehamilan Mama sebelum mengonsumsinya, ya.

Itulah keamanan mengonsumsi madu manuka saat hamil dan manfaat madu manuka untuk ibu hamil. Apakah Mama juga mengonsumsi madu mānuka?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.