Enak dan Segar, Ini 6 Jenis Jeruk yang Baik untuk Ibu Hamil

Vitamin C dibutuhkan selama hamil untuk mendukung perkembangan janin dan menjaga kesehatan Mama

12 September 2020

Enak Segar, Ini 6 Jenis Jeruk Baik Ibu Hamil
Shutterstock/AtlasStudio

Ibu hamil membutuhkan vitamin C untuk perkembangan janin dan menjaga kesehatannya. Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang tidak diproduksi oleh tubuh. Jadi Mama harus mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Berikut beberapa manfaat vitamin C untuk ibu hamil:

  • Melindungi dan menjaga kesehatan sel tubuhnya, serta membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit, dan pembuluh darah.
  • Menangkal efek radikal bebas, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Membantu penyerapan zat besi sehingga Mama terhindar dari anemia.
  • Menurunkan risiko diabetes gestasional dan preeklampsia.
  • Mendukung perkembangan janin.

Dosis vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah 85 mg setiap harinya.

Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Di Indonesia, Mama dapat menemukan beragam jenis jeruk, mulai dari jeruk nipis, lemon, sampai jeruk Bali. Selain banyak jenisnya, jeruk pun tidak mengenal musim, sehingga Mama dapat mengonsumsinya kapan saja.

Nah, sekarang Popmama.com mau mengulas jenis jeruk untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi. Apa saja, ya?

1. Jeruk Bali

1. Jeruk Bali
Tokopedia.com

Jeruk Bali memiliki ukuran lebih besar dari jeruk lainnya. Jeruk ini memiliki rasa manis dan segar, sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil terutama ketika sedang merasa mual.

Selain vitamin C, jeruk ini juga mengandung kalium serta lycopene yang membantu Mama untuk mengontrol tekanan darah selama kehamilan. Kalsium serta mineral yang ada pada jeruk Bali juga dapat mendorong tumbuh kembang janin.

2. Jeruk manis atau orange

2. Jeruk manis atau orange
freepik.com/pablesku

Biasanya berwarna jingga dan hijau kekuning-kuningan. Karena kulitnya sulit untuk dikupas, Mama harus mengirisnya sebelum dikonsumsi. Jeruk manis ini kaya akan vitamin C. Pada sebuah jeruk manis, terkandung sekitar 31 mg vitamin C, Ma.

Selain manis dan segar, jeruk ini juga memiliki aroma yang kuat, Ma.

Editors' Picks

3. Jeruk Baby

3. Jeruk Baby
Tokopedia.com

Jeruk ini juga termasuk jeruk yang bisa dikonsumsi dengan cara diiris atau diperas untuk diminum airnya. Rasanya manis dan segar, membuat jeruk ini menjadi pilihan yang tepat untuk Mama selama hamil. Jeruk ini juga dikenal dengan nama jeruk Pacitan.

4. Jeruk Mandarin

4. Jeruk Mandarin
Pexels/Pixabay

Jeruk Mandarin memiliki rasa yang manis dan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jeruk lainnya. Jeruk Mandarin juga memiliki kulit yang tipis, sehingga mudah dikupas.

Jeruk ini merupakan salah satu jenis jeruk yang paling populer, Ma. Mama juga dapat dengan mudah menemukannya di pasar atau supermarket.

5. Jeruk Pontianak

5. Jeruk Pontianak
Shopee.co.id

Jenis jeruk manis yang paling mudah dijumpai khususnya di Indonesia adalah Jeruk Pontianak. Jeruk ini banyak dibudidayakan di Pontianak, sehingga tak heran kalau lebih dikenal dengan Jeruk Pontianak.

Jenis jeruk ini memiliki cita rasa yang manis serta kandungan air yang banyak. Kulit Jeruk Pontianak berawarna hijau mengkilat kekuningan dengan permukaan yang tipis membuatnya sangat mudah dikupas.

6. Jeruk nipis

6. Jeruk nipis
shopee

Jeruk ini banyak digunakan airnya sebagai bumbu masakan atau campuran minuman. Aneka minuman pun terasa lebih segar dengan menambahkan air jeruk nipis. Warna kulitnya hijau mengkilat, daging buahnya putih kekuningan, dan citarasanya sangat asam.

Karena rasanya yang sangat asam, sebaiknya tidak langsung dimakan begitu saja. Mama dapat mencampurnya ke masakan atau membuat minuman segar dari jeruk nipis dicampur madu.

Nah, itu semua macam-macam jeruk yang baik untuk ibu hamil. Apa jeruk kesukaan mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.