Tanpa Obat, Atasi Rasa Nyeri saat Hamil dengan Hidroterapi

Terapi ini bermanfaat untuk atasi nyeri dan stres saat hamil, Ma

31 Mei 2021

Tanpa Obat, Atasi Rasa Nyeri saat Hamil Hidroterapi
Freepik/Racool_studio

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada mandi air hangat, terutama jika Mama mengalami nyeri kehamilan yang terkadang mengganggu.

Air hangat yang mengalir deras dapat memberikan keajaiban dalam hal meredakan nyeri yang muncul saat hamil bahkan persalinan.

Hidroterapi bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa tidak nyaman itu. Apakah hidroterapi aman untuk dilakukan saat hamil? Siapa saja yang sebaiknya tidak melakukan terapi ini? Yuk, simak penjelasannya pada ulasan Popmama.com berikut ini, Ma.

Apa Itu Hidroterapi?

Apa Itu Hidroterapi
Freepik/lifeforstock

Hidroterapi adalah terapi dengan menggunakan air untuk meredakan ketidaknyamanan yang dirasakan saat hamil dan kontraksi. Seperti hipnoterapi dan pijat prenatal, ini adalah salah satu cara untuk mengurangi ketidaknyamanan tanpa obat yang meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan hidroterapi selama persalinan dapat mengurangi penggunaan anestesi serta durasi fase tersebut tanpa efek buruk pada persalinan.

Editors' Picks

Apakah Hidroterapi Aman untuk Ibu Hamil?

Apakah Hidroterapi Aman Ibu Hamil
Freepik

Hidroterapi biasanya aman dilakukan saat hamil tetapi bumil sebaiknya menghindari bak mandi air panas dan air mandi super panas.

Kebanyakan ahli menyarankan untuk menjaga suhu air sekitar 38 derajat celcius untuk menghindari suhu tubuh meningkat.

Kita semua memiliki reaksi berbeda terhadap panas, jadi jika Mama merasa tubuh kepanasan, segera ke luar dari air. Selain itu, hindari mengarahkan pancuran atau aliran air langsung ke vagina.

Kunci lain untuk hidroterapi yang aman selama kehamilan adalah kebersihan. Jika Mama ingin bersantai di bak mandi, pastikan bak mandi sudah dibersihkan.

Jika ibu hamil mengalami perdarahan aktif atau selaput yang pecah, hindari melakukan hidroterapi. Tetapi biasanya terapi ini aman untuk ibu hamil pada umumnya.

Jenis Hidroterapi

Jenis Hidroterapi
Pexels/Armin Rimoldi

Ada beberapa cara berbeda untuk melakukan hidroterapi, tetapi tiga jenis umum yang digunakan selama kehamilan adalah:

  • Mandi air hangat atau pancuran. Berendam dalam bak mandi air hangat atau pancuran dapat membantu menenangkan otot yang lelah.
  • Semprotan air. Semprotan air di wajah dapat membantu Mama tetap dingin dan tenang saat mengalami nyeri. Kompres dingin dapat menenangkan napas dan memberi dorongan energi sementara kompres hangat dapat meredakan ketegangan otot, terutama bila ditempatkan di punggung bawah atau panggul.
  • Perendaman seluruh tubuh. Berendam dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang dan membantu panggul terbuka saat persalinan, melembutkan kontraksi dan meredakan nyeri.

Apakah Water Birth termasuk Hidroterapi?

Apakah Water Birth termasuk Hidroterapi
Pexels/lucas mendes

Hidroterapi berbeda dengan water birth karena persalinan dengan hidroterapi tidak dilakukan di dalam air. Seperti namanya, water birth adalah saat bayi benar-benar lahir di air.

Meskipun persalinan di air aman, American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) sangat menyarankan para ibu untuk melahirkan di luar bak karena komplikasi serius yang dapat terjadi saat bayi lahir di bawah air.

Kekhawatirannya adalah bayi baru lahir akan mengambil napas saat berada di bawah air, yang dapat menyebabkan tenggelam atau aspirasi mekonium (saat bayi menghirup campuran cairan ketuban dan mekonium, yang merupakan buang air besar pertama bayi baru lahir.)

Pusat Pengendalian Penyakit  Amerika Serikat (CDC) juga memperingatkan agar tidak melahirkan di air karena risiko tertular infeksi seperti penyakit Legionnaires, bentuk pneumonia bakteri yang sangat serius. Namun, beberapa ibu memilih untuk tetap melahirkan di air meskipun sudah diperingatkan.

Saat hamil, tubuh mengalami banyak perubahan dan Mama mengalami beberapa ketidaknyamanan. Sebelum mengonsumsi obat tertentu untuk mengatasinya, lakukan beberapa hal untuk mengatasinya ya, Ma. Diskusikan dengan dokter bila Mama mengalami nyeri yang berkepanjangan.

Itulah manfaat hidroterapi untuk ibu hamil dalam mengatasi rasa nyeri. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.