Mudah Diperoleh di Indonesia, Apa saja Manfaat Sagu untuk Ibu Hamil?

Sagu ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin

19 Juni 2021

Mudah Diperoleh Indonesia, Apa saja Manfaat Sagu Ibu Hamil
Freepik/paulovilela

Masa kehamilan adalah saat yang tepat untuk memulai hidup sehat (jika Mama belum melakukannya). Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk ibu hamil dan janin.

Indonesia memiliki luas lahan sagu terbesar di dunia. Dilansir dari laman pertanian.go.id, Dari 6,5 juta ha lahan sagu di seluruh dunia, sebesar 5,4 juta ha berada di Indonesia dan lebih dari 95 persen terfokus di wilayah Papua (5,3 juta ha).

Sebelum mengenal nasi, masyarakat nusantara akrab dengan sagu sebagai makanan pokok. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, sagu masih dijadikan sebagai makanan pokok.

Sagu dapat diolah menjadi beragam panganan, seperti sagu lempeng, papeda, sagu bakar, atau sinole dan tutupola.

Banyak makanan yang dapat dihasilkan dari olahan sagu yang mengenyangkan dan menyehatkan. Sagu memiliki kadar karbohidrat cukup tinggi, namun rendah gula dan lemak.

Apakah sagu aman untuk dikonsumsi saat hamil dan apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini, Ma!

Apakah Sagu Aman Dikonsumsi saat Hamil?

Apakah Sagu Aman Dikonsumsi saat Hamil
Unsplash/Artyom Kabajev

Sagu merupakan salah satu makanan yang telah mendapat banyak perhatian selama berabad-abad sebagai salah satu makanan yang paling direkomendasikan, terutama untuk anak kecil dan ibu hamil.

Jika Mama ingin memiliki rencana diet yang sehat dan jika sagu adalah salah satu pilihannya, maka Mama berada di jalur yang benar.

Makanan ini sangat menakjubkan karena memiliki banyak nutrisi yang membantu perkembangan janin dalam banyak cara.

Hal terbaik tentang sagu adalah mudah dicerna dan ini membuatnya semakin penting untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Namun, ibu hamil yang menderita diabetes gestasional harus menghindari sagu karena memiliki kandungan pati dan karbohidrat yang tinggi.

Editors' Picks

Nilai Gizi Sagu

Nilai Gizi Sagu
Unsplash/Prachi Palwe

Ada banyak manfaat kesehatan yang melekat pada sagu. Makanan ini kaya akan protein, karbohidrat, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, zat besi, serat makanan, dan banyak lagi.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar Mama memasukkan sagu ke dalam diet kehamilan.

Mama juga dapat terus mengonsumsi sagu saat menyusui dan saat si Kecil mulai mengonsumsi makanan padat.

Apa saja Manfaat Sagu untuk Ibu Hamil dan Janin?

Apa saja Manfaat Sagu Ibu Hamil Janin
Unsplash/Ömürden Cengiz

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sagu merupakan sumber nutrisi yang baik yang dibutuhkan ibu hamil. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Mama peroleh dari konsumsi sagu:

1. Membantu pencernaan

Banyak ibu hamil menderita sembelit selama kehamilan. Karena sagu memiliki jumlah serat makanan yang baik, sagu membantu pencernaan dan membantu menghilangkan sembelit.

2. Mendinginkan sistem pencernaan

Ibu hamil sering mengalami sensasi terbakar atau rasa tidak nyaman pada perut akibat gangguan pencernaan. Sagu membantu menenangkan sistem pencernaan dan mengatasi masalah apa pun yang muncul karena pencernaan makanan yang tidak tepat.

3. Menghindari risiko cacat lahir

Sagu juga memiliki jumlah vitamin B kompleks dan asam folat yang baik, yang membantu menghindari cacat lahir. Komponen-komponen ini memainkan peran penting dalam perkembangan janin dan memberi Mama energi yang cukup besar.

4. Mendukung pertumbuhan otot janin

Sekitar 100 gram sagu memiliki hampir 0,2 gram protein, yang tidak banyak, tetapi cukup baik untuk menggantikan hidangan yang tidak sehat. Karena makanan yang menghasilkan pertumbuhan otot selama kehamilan sama pentingnya, sagu bisa menjadi camilan yang baik untuk Mama.

5. Meningkatkan energi

Alasan bagus lainnya untuk menambahkan sagu ke dalam menu adalah karena jumlah karbohidrat yang ada di dalamnya. Ini membuatnya menjadi sumber energi yang besar. Mama dapat menambahkan sagu untuk sarapan karena akan membantu tetap enerjik sepanjang hari.

6. Sirkulasi darah

Selama kehamilan, penting untuk memiliki sirkulasi darah yang baik. Tingkat kalium yang tinggi dalam sagu membantu menjaga tekanan darah.

7. Meningkatkan kekuatan tulang

Sagu juga memiliki kadar kalsium yang baik yang memperkuat tulang. Faktanya, selama kehamilan, Mama perlu memastikan tulang cukup kuat untuk menggendong bayi. Sagu adalah pilihan yang baik untuk memperkuat tulang.

Cara Mengonsumsi Sagu

Cara Mengonsumsi Sagu
Unsplash/Edgar Castrejon

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi sagu, seperti sagu lempeng, sagu lempeng gula merah, papeda, atau dicampurkan dengan makanan lain.

Meskipun sagu memiliki beberapa nilai gizi, Mama juga dapat menambahkan bahan makanan lain yang membuat hidangannya lebih lezat, enak dan sehat.

Selama kehamilan, Mama akan mendambakan hidangan lezat tertentu. Sagu gula merah yang enak dan manis bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet kehamilan. Hidangan ini lezat dan pada saat yang sama, sehat untuk Mama dan janin.

Itulah manfaat sagu untuk ibu hamil. Apakah Mama pernah mencoba hidangan dari sagu? Apa kesukaan mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.