Enak dan Bernutrisi, Awali Hari dengan 8 Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Sarapan sehat dan bernutrisi penting untuk memulai hari, Ma

18 Juni 2021

Enak Bernutrisi, Awali Hari 8 Sarapan Sehat Ibu Hamil
Unsplash/Pablo Merchán Montes

Popmama.com yakin Mama pernah mendengar pepatah kuno tentang sarapan sebagai makanan terpenting hari ini. Bahkan pada masa kehamilan, Mama tidak boleh melewatkan sarapan.

Namun perlu diperhatikan, sarapan  tidak hanya sekadar kenyang untuk mengisi perut saja. Mama juga harus mempertimbangkan nutrisi yang terkandung pada makanan.

Jika Mama biasanya tidak sarapan, Mama harus memulainya dari sekarang. Konsumsi sarapan yang sehat memberi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk memulai hari, dan selama kehamilan, Mama bahkan lebih membutuhkan dorongan energi itu.

Untuk membantu memulai hari dengan baik, Popmama.com merangkum inspirasi menu sarapan sehat untuk ibu hamil yang kaya dengan vitamin dan mineral.

1. Pancake gandum dengan bluberi

1. Pancake gandum bluberi
Unsplash/Aleksandra Tanasiienko

Mulailah hari dengan benar dan tingkatkan asupan serat saat sarapan dengan beberapa pancake lezat yang dibuat dengan tepung gandum.

Bluberi mampu memenuhi asupan vitamin C untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Mama juga bisa menggunakan setengah gandum utuh dan setengah tepung serbaguna.

2. Granola bar

2. Granola bar
Unsplash/Hayley Maxwell

Granola bar merupakan sarapan padat yang kaya akan nutrisi dan cepat bagi Mama yang tidak memiliki banyak waktu di pagi hari. Mama dapat membuat granola bar dan menyimpannya di dalam wadah kedap udara. Selain untuk sarapan, granola bar ini juga bisa dijadikan camilan sehat, Ma.

Oat panggang, potongan kecil almond, biji bunga matahari dan biji quinoa, dicampur dengan cranberry kering, gula merah, mentega cair, kayu manis dan madu bersama-sama ke dalam nampan dan simpan di kulkas hingga beku.

3. Roti panggang alpukat

3. Roti panggang alpukat
Unsplash/Wesual Click

Alpukat kaya akan lemak baik dan asam folat yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Untuk sarapan sehat di pagi hari, roti bakar dengan topping alpukat bisa menjadi pilihan enak yang sehat.

Hancurkan alpukat matang ke dalam roti gandum untuk mendapatkan vitamin E yang akan membantu menjaga kesehatan kulit.

Tambahkan perasan lemon agar warna alpukat tidak berubah, untuk mendapatkan vitamin C di pagi hari. Sarapan ini kaya akan lemak sehat dan penambah energi yang dibutuhkan ibu hamil.

Editors' Picks

4. Roti panggang ala Perancis

4. Roti panggang ala Perancis
Unsplash/Crystal Jo

Untuk sumber energi di pagi hari, tambahkan telur pada menu sarapan Mama. Salah satu menu sarapan yang menggunakan telur adalah roti panggang ala Perancis atau French toast.

Rendam potongan roti gandum dalam campuran telur dan biarkan selama 20 menit sampai benar-benar terserap, lalu goreng kering dalam wajan atau panggang dalam oven 200 derajat celcius selama 20 menit atau sampai roti berwarna keemasan.

Sajikan dengan buah segar untuk mendapatkan roti panggang yang lebih sehat.

5. Telur dadar bayam

5. Telur dadar bayam
Unsplash/Carlos Perales

Sumber beta karoten dan asam folat, Mama dapat memasukkan bayam dalam menu sarapan, lho. Telur dadar bayam dapat menambah energi mama di pagi hari.

Campur beberapa bayam kaya folat dalam wajan panas sampai layu, sebelum menambahkan campuran telur dan susu. Tambahkan kentang, tomat, dan bawang bombay untuk menambah rasa dan tekstur pada telur dadar.

Asam folat membantu mencegah masalah perkembangan janin, sementara telur kaya akan protein, untuk membuat Mama kenyang sampai makan siang dan menjaga tingkat energi tetap stabil.

6. Muesli

6. Muesli
Unsplash/Gaby Yerden

Jika Mama menginginkan sesuatu yang lebih ringan dari bubur, cobalah muesli. Cukup rendam gandum utuh semalaman dalam susu, jus apel tanpa pemanis atau susu.

Saat akan dikonsumsi, tambahkan apel parut, yoghurt, dan berry segar di atasnya.

Energi dalam gandum utuh akan dilepaskan secara perlahan sehingga Mama tidak akan mengalami pasang surut energi di pagi hari. Dengan begitu, Mama tidak tergoda untuk mengambil camilan tidak sehat beberapa jam kemudian.

Mama juga bisa menambahkan biji chia, ini sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, kaya akan antioksidan, serat, zat besi, dan kalsium.

7. Telur panggang dengan tomat

7. Telur panggang tomat
Unsplash/Yoav Aziz

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk ibu hamil. Telur panggang dengan tomat bisa menjadi sarapan enak dan mengenyangkan di pagi hari.

Untuk menambah energi, masak tomat, bawang putih dan cabai (jika suka) sampai mengental. Tambahkan potongan roti gandum sehingga mulai menyerap jus tomat.

Masukkan beberapa butir telur di atasnya dan taburi dengan potongan keju feta. Tempatkan panci di dalam oven sampai telur matang.

Tomat kaya akan vitamin C, yang dibutuhkan untuk menyerap zat besi dan penting untuk membantu pertumbuhan janin.

8. Yoghurt dengan potongan buah

8. Yoghurt potongan buah
Unsplash/Irina Grigoraş

Tidak suka dengan sarapan berat? Mama dapat mengonsumsi yoghurt dengan potongan buah untuk menghilangkan rasa mual di pagi hari. Selain segar, sarapan ini juga kaya vitamin.

Ambil gelas tinggi dan lapisi sesendok yoghurt dengan potongan buah. Buah mengandung serat untuk mencegah sembelit, sedangkan yoghurt kaya akan protein yang mengenyangkan dan mendukung perkembangan janin.

Nah, itu beberapa ide menu sarapan sehat untuk ibu hamil. Apa sarapan kesukaan mama saat hamil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.