Wajib Tahu, 6 Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil di Trimester Kedua

Memasuki trimester kedua, Mama harus tetap mengonsumsi makanan bernutrisi

9 Oktober 2020

Wajib Tahu, 6 Nutrisi Penting Ibu Hamil Trimester Kedua
freepik.com/ronnachaipark

Memasuki trimester kedua, ibu hamil juga tetap harus mengonsumsi makanan bernutrisi. Makanan bernutrisi, selain penting untuk kesehatan ibu hamil, juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Janin masih terus tumbuh dan perkembangan ini sangat penting serta berdampak pada bayi setelah lahir nanti.

Di trimester kedua, semua organ dan bagian tubuh bayi sudah mulai terbentuk dan berfungsi, Ma. Nutrisi yang diperoleh janin melalui makanan yang dikonsumsi Mama akan menyempurnakan pertumbuhan organ dan bagian tubuh janin.

Nutrisi untuk ibu hamil trimester kedua apa saja yang wajib dikonsumsi? Yuk, simak ulasannya di Popmama.com, Ma!

1. Folat

1. Folat
Freepik

Folat dibutuhkan untuk mengurangi risiko bayi mengalami cacat lahir, Ma. Di trimester kedua, folat masih dibutuhkan karena janin masih terus tumbuh dan berkembang.

Kebutuhan folat yang harus dipenuhi oleh ibu hamil selama trimester kedua adalah 600 mikrogram per hari. Ini dapat Mama peroleh dari sayuran hijau, jeruk, ikan, kerang, ayam, serta kacang-kacangan.

2. Asam lemak omega-3

2. Asam lemak omega-3
Freepik/valeria_aksakova

Asam lemak omega-3 dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak dan saraf janin selama trimester kedua ini. Jika terpenuhi dengan baik dapat berdampak pada penglihatan, memori, serta kemampuan pemahanan bahasa si Kecil kelak, Ma.

Berapa banyak asam lemak omega-3 yang dibutuhkan dalam sehari? Sekitar 1,4 gram selama masa kehamilan. Ini dapat diperoleh dari konsumsi ikan berlemak, minyak walnut, dan telur yang kaya akan omega-3.

Editors' Picks

3. Kalsium

3. Kalsium
freepik.com

Pembentukan dan pemadatan tulang janin juga terjadi selama trimester kedua, Ma. Oleh karena itu, pemenuhan kalsium sangatlah penting untuk mendukung proses ini. Kebutuhan kalsium harian ibu hamil di trimester kedua adalah sebesar 1200 mg.

Yuk, penuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi susu, keju, yoghurt, sayuran hijau, ikan, kacang kedelai, dan telur.

4. Zat besi

4. Zat besi
Freepik/4045

Semakin mendekati waktunya bersalin, kebutuhan zat besi makin meningkat. Zat besi diperlukan untuk mendukung pembentukan sel darah merah yang makin meningkat.

Selama trimester kedua, Mama membutuhkan 35mg zat besi per hari. Ini dapat diperoleh dari daging merah, sayuran hijau, kuning telur, dan kacang-kacangan.

Jika asupan zat besi tidak dapat dipenuhi melalui makanan, Mama mungkin membutuhkan suplemen zat besi. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini, Ma.

5. Karbohidrat

5. Karbohidrat
Freepik

Dari seluruh kalori yang dibutuhkan ibu hamil, sebagian besarnya berasal dari karbohidrat. Selain sebagai sumber energi, asupan karbohidrat juga bisa mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan, Ma.

Mama membutuhkan kalori sebanyak 300 kilokalori lebih banyak dari biasanya selama trimester kedua ini. Asupan ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi nasi, roti gandum, kentang, ubi jalar, dan lainnya.

6. Vitamin

6. Vitamin
Freepik/azerbaijan_stockers

Vitamin C. Ini dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil serta membantu penyerapan zat besi. Vitamin C dapat Mama peroleh melalui paprika, kubis, kembang kol, mangga, jeruk, tomat, dan stroberi.

Vitamin D. Vitamin D membantu janin menyerap lebih banyak kalsium untuk tubuhnya. Ibu hamil bisa mendapatkan asupan ini dengan mengonsumsi kuning telur, ikan salmon, serta susu dan produk olahannya.

Itulah enam nutrisi untuk ibu hamil trimester kedua. Pemenuhan nutrisi sangat penting untuk tumbuh kembang janin, Ma. Jadi pastikan Mama selalu mengonsumsi makanan yang sehat agar kebutuhan nutrisi selama trimester kedua dapat terpenuhi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.