Salmon Mentai, Apakah Menu Kekinian ini Aman Dikonsumsi Ibu Hamil?

Enak dan kekinian, tapi apakah ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil?

30 Juni 2020

Salmon Mentai, Apakah Menu Kekinian ini Aman Dikonsumsi Ibu Hamil
Shopee.co.id/papachankitchen

Salmon mentai menjadi makanan yang cukup populer belakangan ini. Bahan utamanya adalah ikan salmon yang mengandung banyak nutrisi. Selain itu, rasanya pun enak. Maka tidak heran olahan salmon mentai pun digemari.

Untuk menikmatinya, Mama bisa mengunjungi restoran sushi favorit atau memesannya pada para pelaku bisnis makanan online yang menawarkan menu kekinian ini.

Tetapi apakah salmon mentai aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Yuk, cek jawabannya di ulasan Popmama.com berikut ini.

Komposisi Salmon Mentai

Komposisi Salmon Mentai
Shopee.co.id/rumahmentai

Banyak yang mengasosiasikan saus mentai dengan menu salmon yang disiram dengan saus mayonaise yang bagian atasnya di-torch. Padahal makanan tersebut hanyalah salah satu dari ragam olahan saus mentai. Mentai merupakan telur ikan kod yang dimarinasi dengan beragam bumbu.

Kemudian saus yang sudah diolah itu pun dikombinasikan dengan salmon atau nasi. Di Indonesia, banyak inovasi hidangan salmon mentai yang disesuaikan dengan selera dan lidah masyarakat agar lebih mudah diterima.

Komposisi utama dari menu salmon mentai antara lain:

  • Salmon fillet,
  • Mirin,
  • Kecap asin,
  • Nasi untuk sushi,
  • Mayonaise.

Editors' Picks

Apakah Aman untuk Ibu Hamil?

Apakah Aman Ibu Hamil
mirror.co.uk

Berita baiknya, hidangan ini boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain salmon memiliki banyak manfaat, aneka masakan salmon mentai pun menggugah selera mama, terutama saat selera makan sedang menurun.

Tetapi ada yang perlu diperhatikan sebelum Mama mengonsumsinya. Jika Mama membeli, pastikan ikan salmon yang menjadi bahan utama dimasak dengan matang. Tujuannya adalah untuk menghindari parasit yang ada pada salmon. Saat matang, salmon menjadi lebih aman untuk dikonsumsi oleh Mama.

Tambahan mayonaise dalam olahan salmon mentai dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan dibuat dengan telur yang telah dipasteurisasi.

Seperti yang sudah Mama ketahui bahwa mayonaise terbuat dari kuning telur, air lemon atau cuka sari apel dan minyak sayur. Ketika telur yang digunakan masih mentah, ini berbahaya untuk ibu hamil karena dapat memicu penyakit bawaan akibat bakteri salmonella

Untuk menjamin keamanan dan kebersihannya, Mama juga dapat membuat sendiri olahan salmon mentai ini, Lho.

Resepnya bisa dilihat di sini

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Salmon untuk Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi Manfaat Salmon Ibu Hamil
Pixabay/OHJIYE

Dalam 100 gram ikan salmon terkandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori 146 kkal
  • Lemak 5,93 gr
  • Kolesterol 45 mg
  • Protein 21,62 gr
  • Sodium 46 mg
  • Kalium 423 mg

Salmon memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, antara lain:

  • Menunjang perkembangan otak janin.
  • Sebagai sumber energi.
  • Penangkal berbagai penyakit.
  • Mendorong pembentukan sel-sel darah dalam tubuh.
  • Mencegah radikal bebas.

Cara Mengolah Salmon

Cara Mengolah Salmon
Freepik

Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi salmon berlebih pada ibu hamil juga bisa berbahaya karena risiko kandungan merkuri. Meski tidak banyak, konsumsi salmon secara berlebihan dapat memengaruhi perkembangan janin.

Untuk mengolahnya, buang kulit salmon dan masak agak lama. Hindari konsumsi salmon mentah saat sedang hamil karena ikan mentah mengandung parasit dan bakteri yang berbahaya bagi kehamilan.

Selain itu, pilih salmon yang dibudidayakan untuk menghindari adanya parasit. Pastikan salmon disimpan di dalam freezer sampai membeku sebelum diolah. Tujuannya untuk membunuh parasit yang ada.

Centers for Disease Control and Prevention dan the Food and Drug Administration merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang telah dimasak.

Dengan memasak seafood, maka parasit dan patogen yang berbahaya akan hancur.

Mama juga dapat mengolahnya dengan cara pengasapan. Pengasapan juga akan membunuh parasit yang ada pada salmon, sehingga aman bagi Mama untuk mengonsumsinya.

Nah, itulah informasi mengenai keamanan salmon mentai bagi ibu hamil dan manfaat konsumi salmon selama kehamilan. Semoga bermanfaat, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.