Mama Wajib Tahu, Kata-kata Afirmasi Dapat Mengurangi Stres saat Hamil

Ternyata stres yang dirasakan saat hamil bisa dikurangi dengan kata-kata afirmasi loh , Ma!

24 Juli 2021

Mama Wajib Tahu, Kata-kata Afirmasi Dapat Mengurangi Stres saat Hamil
Freepik/senivpetro

Wajar jika Mama merasa stres saat sedang hamil, entah itu stres karena memikirkan persalinan atau hal lainnya. Akan tetapi bila terjadi berkepanjangan, stres dapat berpengaruh buruk pada kehamilan mama. Untuk itu Mama harus pandai dalam mengelola stres.

Ternyata stres dapat dikurangi dengan adanya kata-kata afirmasi. Di sini Popmama.com akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan manfaat afirmasi untuk ibu hamil.

Simak sampai habis ya, Ma.

1. Apa itu afirmasi?

1. Apa itu afirmasi
Freepik

Menurut KBBI arti kata afirmasi adalah penetapan / penegasan / peneguhan yang positif. Sementara itu arti umum dari afirmasi adalah suatu bentuk penegasan terhadap diri sendiri terkait hal-hal yang bersifat positif.

Kata-kata afirmasi dapat mengubah sudut pandang orang yang berbicara atau yang mendengarkannya menjadi individu yang lebih positif.

Editors' Picks

2. Bagaimana agar kalimat afirmasi bekerja?

2. Bagaimana agar kalimat afirmasi bekerja
Freepik/Jcomp

Kalimat afirmasi untuk ibu hamil dapat bekerja dengan efektif bila Mama melakukan hal-hal berikut:

  1. Percayalah apa yang Mama katakan. Percuma jika Mama sudah mengucapkan kata-kata afirmasi akan tetapi Mama tidak mempercayainya. Ketika Mama memiliki pikiran atau ketakutan negatif, kenali dan atasi terlebih dahulu. Isi pikiran Mama dengan kisah-kisah kelahiran positif dan kelilingi diri Mama dengan pengaruh positif lainnya. Ingatlah bahwa kadang-kadang kita harus terus mengatakan afirmasi berulang-ulang sampai kita percaya.

  2. Ulangi, ulangi, ulangi! Ketika sudah mulai memasuki kehamilan atau persalinan biasanya Mama banyak mendapat berita negatif terkait hal tersebut. Cukup sulit untuk mengubah pikiran negatif kita. Namun kita bisa mengubahnya dengan cara mengulangi kata-kata afirmasi secara terus menerus dan konsisten. 

  3. Fokus pada masa depan! Kata-kata afirmasi bekerja paling baik ketika diucapkan di masa depan. Jadi, Mama akan mengatakan "Saya akan tenang dan hadir" alih-alih "Saya tenang dan hadir." Berfokus pada masa depan, dapat membantu memperkuat pola aktivasi otak yang terkait dengan penegasan diri. Dalam sebuah studi dikatakan bahwa, ketika pemikiran berorientasi masa depan digunakan, perilaku yang diinginkan lebih mudah tercapai. 

  4. Gunakan hanya citra positif! Jika Mama takut tentang kelahiran, Mama mungkin akan mengatakan, "Saya tidak akan takut atau khawatir." Sebaiknya, jangan berkata seperti itu. Dengan menggunakan citra negatif dalam afirmasi kelahiran, otak kita akan kembali ke jalur emosi negatif! Jadi pastikan bahwa semua kata yang digunakan dalam pernyataan kelahiran memiliki citra yang positif. Contoh adalah: "Saya memiliki kedamaian dan kepercayaan diri bahwa tubuh saya akan melakukan apa yang dirancang untuk dilakukan dengan sempurna."

  5. Libatkan indra Mama! Hanya dengan melihat kutipan kehamilan positif tidak akan benar-benar berpengaruh di otak Mama. Agar benar-benar efektif, kata-kata afirmasi perlu diucapkan dengan lantang. Mama juga dapat menuliskan kata-kata afirmasi dengan tangan saat Mama membacanya. Mama juga dapat mendengarkan afirmasi persalinan lewat audio. Semakin banyak indra yang terlibat, maka Mama akan semakin fokus pada kata-kata afirmasi yang positif.

3. Manfaat kata-kata afirmasi bagi ibu hamil

3. Manfaat kata-kata afirmasi bagi ibu hamil
Freepik/shurkin_son

Kata-kata afirmasi memiliki banyak manfaat yang akan berguna bagi kehidupan. Manfaat afirmasi untuk ibu hamil adalah membantu Mama dalam mengatasi pikiran negatif.

Pengulangan afirmasi positif dapat memperbaiki otak dan memperkuat area otak yang merangsang perasaan positif. Penting bagi Mama yang sedang hamil untuk mempelajari tentang afirmasi dan belajar cara menggunakan kata-kata afirmasi dengan benar.

Ketika Mama menggunakan kata-kata afirmasi secara konsisten selama kehamilan, Mama akan menjadi lebih positif dan percaya diri dengan kondisi Mama dan secara signifikan mampu mengurangi stres dan kecemasan. 

4. Manfaat afirmasi bagi bayi di dalam kandungan

4. Manfaat afirmasi bagi bayi dalam kandungan
Pixabay/StockSnap

Ma, bayi sudah mulai bisa mendengar dari dalam kandungan sejak kandungan berusia 3 bulan loh. Kemampuan mendengarnya akan semakin bertambah seiring bertambahnya usia kandungan. Maka dari itu mulailah memberikan kata-kata afirmasi positif kepada bayi.

Manfaat afirmasi untuk janin, di antaranya dapat membuat bayi lebih positif, merasa diterima keberadaannya dan merasa disayangi loh, Ma.

5. Rekomendasi kata-kata afirmasi ketika sedang hamil

5. Rekomendasi kata-kata afirmasi ketika sedang hamil
Unsplash/Ashton Mullins

Berikut adalah rekomendasi kata-kata afirmasi yang dapat Mama gunakan untuk menjauhkan diri dari stres dan membuat  Mama serta bayi menjadi lebih positif:

  • Saya tahu cara merawat diri sendiri dalam kehamilan.
  • Tubuh saya tahu cara melahirkan.
  • Kelahiran aman untuk saya dan bayi saya.
  • Bayiku akan lahir pada waktu yang tepat.
  • Tubuh saya tahu kapan harus melahirkan.
  • Saya seorang ibu yang baik.
  • Bayi saya akan menemukan posisi yang sempurna untuk lahir.
  • Saya sayang bayi saya.
  • Bayiku mencintaiku.
  • Saya seorang wanita yang kuat.
  • Saya akan membuat keputusan yang tepat untuk bayi saya.
  • Bayi saya merasakan kedamaian yang saya rasakan.
  • Saya menerima persalinan dan kelahiran saya.
  • Saya dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai dan menghormati saya.
  • Saya percaya tubuh saya.
  • Saya tahu cara merawat bayi saya.
  • Bayi saya merasakan cinta saya.
  • Saya akan membuat banyak ASI untuk bayi saya.

Mama sudah melihat kan bahwa ada banyak manfaat afirmasi untuk ibu hamil dan janin. Maka dari itu mulailah mengucapkan kata-kata afirmasi positif sesering mungkin ya Ma, agar hidup mama menjadi lebih positif.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.