Cegah ISK, Inilah Manfaat Minum Jus Cranberry untuk Ibu Hamil

Rasanya enak menyegarkan dan baik untuk kesehatan kandung kemih mama saat hamil

4 Maret 2021

Cegah ISK, Inilah Manfaat Minum Jus Cranberry Ibu Hamil
Freepik

Belakangan ini di media sosial Tiktok jus cranberry cukup banyak dibicarakan. Popularitas jus cranberry ini meningkat kembali karena banyak orang yang memberikan testimoni manfaatnya terhadap kesehatan organ tubuh perempuan. Salah satunya baik untuk mengatasi infeksi saluran kemih (ISK).

Bagi para ibu hamil, masalah ISK seringkali menyerang dan tidak dapat disepelekan begitu saja. Semakin besar janin dalam kandungan dan menekan kandung kemih, rasa sakit dan tak nyaman akibat ISK semakin terasa. Lalu, apakah ibu hamil boleh minum jus cranberry untuk mencegah dan mengobati ISK?

BerikutPopmama.com merangkum informasinya, dilansir dari Healthline:

Amankah Mengonsumsi Jus Cranberry selama Hamil?

Amankah Mengonsumsi Jus Cranberry selama Hamil
Pexels/Irita Antonevita

Jus cranberry relatif aman dikonsumsi di semua trimester kehamilan. Tentu saja jika dikonsumsi dengan takaran wajar. 

Sebagai tanaman herbal, jus cranberry dapat membantu mencegah bakteri menempel di sisi kandung kemih dan saluran kemih. Ini penting karena jika bakteri tidak dapat menemukan tempat yang tepat untuk hidup, mereka tidak dapat berkembangbiak. 

Tetapi jangan hanya menggantungkan pengobatan ISK pada jus cranberry saja, Ma. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk mengobati ISK saat hamil.

Editors' Picks

Efektifkah Jus Cranberry untuk Mengobati ISK saat Hamil?

Efektifkah Jus Cranberry Mengobati ISK saat Hamil
Freepik

Jus cranberry telah banyak diteliti untuk mengobati ISK selama kehamilan. Sebuah studi di tahun 2008 membandingkan efek jus cranberry untuk mencegah ISK pada 188 ibu hamil yang usia kandungannya berusia kurang dari 16 minggu.

Para peneliti menemukan peserta yang minum sedikitnya satu cangkir jus cranberry setara 240 ml setiap hari mengalami penurunan bakteri sebanyak 57 persen dalam urinenya, dan mengurangi potensi 41 persen terkena ISK.

Studi yang berbeda dilakukan di tahun 2013 terhadap 68.000 ibu hamil dan konsumsi jus cranberry selama kehamilan. Semua yang mengonsumsi jus ini terpantau sehat dan tidak mengalami risiko apapun.

Manfaat Konsumsi Jus Cranberry

Manfaat Konsumsi Jus Cranberry
Freepik/freepik

Jus cranberry maupun buah cranberry memberi banyak manfaat kesehatan dan gizi. Buah beri merah cerah ini kaya akan antioksidan yang disebut polifenol yang dapat meningkatkan otak dan menyehatkan jantung. 

Cranberry merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, antara lain vitamin C, E, K1, tembaga, dan mangan. Dengan kandungan gizinya yang kaya ini, cranberry juga efektif mengurangi bakteri H. pylori di perut yang dapat menyebabkan sakit maag.

Tips Sehat dan Aman Mengonsumsi Cranberry saat Hamil

Tips Sehat Aman Mengonsumsi Cranberry saat Hamil
Freepik/freepik

Saat ini cranberry tak hanya dikemas dalam bentuk jus atau pun buah segar, melainkan juga suplemen. Sebuah penelitian di tahun 2015 menunjukkan bahwa konsumsi suplemen cranberry memiliki efek yang sama pada ISK selama kehamilan seperti halnya minum jus cranberry. 

Meskipun begitu, Mama harus tetap berhati-hati saat mengonsumsi suplemen dan obat-obatan apapun dalam masa kehamilan. Meskipun suplemen cranberry dan suplemen berbahan alami lainnya relatif aman, dosisnya belum diatur secara ketat seperti halnya obat-obatan. Itu artinya bahannya aman, tetapi tidak dengan dosisnya.

Itulah mengapa penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen baru. 

Pentingnya Segera Menangani ISK saat Hamil

Penting Segera Menangani ISK saat Hamil
Unsplash/Timothy Meinberg

Meskipun Mama tidak memiliki gejala yang serius, tetapi jika Mama mengalami ISK saat hamil harus segera ditangani. Segala jenis infeksi bakteri di kandung kemih dapat meningkatkan risiko infeksi ginjal selama kehamilan. Faktanya 30 persen dari ibu hamil yang memiliki bakteri dalam urine mereka mengembangkan infeksi ginjal pada trimester berikutnya jika tidak diobati. Hal ini bisa jadi sangat serius. 

Dokter akan merekomendasikan antibiotik jangka pendek untuk mengobati ISK. Tetapi jus cranberry tidak dapat mengobatinya, hanya dapat mencegahnya. 

Pilih jus cranberry yang terbuat dari buah cranberry segar tanpa tambahan gula atau pemanis buatan. Seimbangkan asupan gula yang Mama konsumsi setiap harinya saat hamil untuk mencegah diabetes gestational. 

Itulah informasi seputar manfaat jus cranberry untuk hamil. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.