Gurih Bikin Nagih, Inilah Manfaat Kacang Arab untuk Nutrisi Ibu Hamil

Bisa jadi camilan nikmat sehat tanpa perasaan bersalah lho, Ma

29 Desember 2020

Gurih Bikin Nagih, Inilah Manfaat Kacang Arab Nutrisi Ibu Hamil
Freepik/Timolina

Di masa kehamilan, sebagian mama mungkin merasa sangat mudah lapar. Sehingga memilih untuk mengonsumsi camilan di sela-sela jam makan. Alih-alih mengonsumsi makanan manis atau keripik kemasan, mengapa tidak mencoba menggantinya dengan camilan yang lebih sehat? Kacang-kacangan, misalnya.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang enak dikonsumsi sebagai camilan saat hamil adalah chickpea atau di Indonesia disebut dengan kacang arab. Kacang berbentuk bulat ini kaya akan nutrisi lho, Ma. 

Sebelum mengonsumsinya, berikut ini Popmama.com mengulas manfaat kacang arab untuk ibu hamil, dilansir dari MomJunction:

Kandungan Nutrisi dalam Kacang Arab

Kandungan Nutrisi dalam Kacang Arab
pixabay.com

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu cangkir atau sekitar 164 gram kacang Arab mengandung sekitar:

  • 269 kkal kalori, 
  • 14,53 gram protein, 
  • 44,97 gram karbohidrat, 
  • 12,5 gram serat,
  • 80 mg kalsium, 
  • 276 mg fosfor , 
  • 7 9mg magnesium , 
  • 477mg kalium, 
  • 80mg kalsium, dan 
  • 282µg folat

Karena nilai gizinya yang tinggi, kacang Arab merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat kacang Arab untuk ibu hamil:

1. Mencegah cacat lahir

1. Mencegah cacat lahir
Pixabay

Asam folat sangat diperlukan selama kehamilan untuk pertumbuhan janin dan mencegah cacat tabung saraf. Asupan asam folat harian yang disarankan untuk ibu hamil adalah sekitar 400 mcg. Kacang Arab adalah sumber alami asam folat yang kaya nutrisi dan sebaiknya dikonsumsi secara teratur dengan porsi yang disarankan.

Editors' Picks

2. Mencegah diabetes gestational

2. Mencegah diabetes gestational
Pixabay

Diabetes gestational adalah kondisi di mana kadar gula darah ibu hamil meningkat selama kehamilan. Penting mengelola kadar gula darah agar senantiasa normal demi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Kacang Arab adalah salah satu camilan sehat yang disarankan untuk ibu hamil yang mengidap diabetes gestational. Kandungan seratnya cukup tinggi, yaitu 12 gram serat dalam satu cangkir kacang Arab.

3. Mengurangi risiko asma pada janin

3. Mengurangi risiko asma janin
Pixabay

Sebuah studi menemukan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi makanan tinggi serat lebih kecil risikonya melahirkan bayi dengan bawaan penyakit asma. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, kacang Arab bisa menjadi pilihan yang menyehatkan untuk dikonsumsi Mama selama kehamilan.

4. Membantu tumbuh-kembang janin

4. Membantu tumbuh-kembang janin
Pixabay

Protein merupakan bahan bakar untuk pertumbuhan janin dan mengelola jaringan serta otot tubuh. Kacang Arab bisa menjadi alternatif pilihan sumber protein vegetarian yang bisa dicoba untuk kesehatan janin dalam kandungan. Ini bisa dijadikan variasi konsumsi protein selain daging-dagingan hewani.

Efek Samping Konsumsi Kacang Arab

Efek Samping Konsumsi Kacang Arab
Pixabay

Meskipun kaya nutrisi, beberapa orang tidak disarankan makan kacang Arab, terutama mereka yang:

  • Tidak toleran atau alergi terhadap kacang-kacangan
  • Menunjukkan gejala reaksi alergi, termasuk gatal, kembung, masalah pernapasan, sakit kepala, muncul jerawat, hingga kelelahan

Dalam kasus diare atau masalah usus lainnya selama kehamilan, sebaiknya Mama menghindari atau mengurangi konsumsi makanan kaya serat. 

Nah, itulah manfaat kacang Arab untuk ibu hamil. Konsumsi kacang Arab dalam jumlah wajar selama kehamilan baik untuk kesehatan mama maupun janin dalam kandungan. Namun, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsinya demi mencegah risiko yang membahayakan kesehatan. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.