Ini Penyebab Intoleransi Laktosa Ketika Hamil, Ketahui Faktanya!

Sebagian wanita hamil merasa pencernaannya bermasalah ketika mengonsumsi susu sapi

18 Mei 2020

Ini Penyebab Intoleransi Laktosa Ketika Hamil, Ketahui Faktanya
Freepik

Saat hamil, Mama perlu mendapatkan asupan kalsium lebih banyak daripada biasanya untuk mendukung tumbuh-kembang janin. Salah satu sumber kalsium tinggi yang umum dikonsumsi adalah susu sapi. 

Tetapi, tidak semua orang dapat mengonsumsi susu sapi begitu saja. Sebagian besar orang di dunia ini ternyata menderita intoleransi laktosa karena ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa atau gula alami yang terkandung dalam susu sapi. Beberapa orang merasa baru mengalaminya ketika hamil. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut Popmama.com merangkumnya, dilansir dari Livestrong:

Apa itu Intoleransi Laktosa?

Apa itu Intoleransi Laktosa
Freepik/katemangostar

Intoleransi laktosa merupakan ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa, gula dalam susu dan produk susu. Gejala intoleransi laktosa termasuk gas, kram, dan kembung setelah mengonsumsi susu. 

Namun, banyak hal lain, termasuk alergi, juga dapat menyebabkan gejala pencernaan setelah mengonsumsi susu. Jadi, Mama tidak bisa serta-merta mengasumsikan bahwa tidak toleran laktosa hanya karena Mama terkadang mengalami masalah usus. 

Editors' Picks

Mungkinkah Mengalami Intolerasi Laktosa Selama Kehamilan?

Mungkinkah Mengalami Intolerasi Laktosa Selama Kehamilan
Freepik

Selama kehamilan, saluran pencernaan mama melambat secara signifikan karena hormon yang diproduksi tubuh. Tujuan dari perlambatan pencernaan untuk membantu memaksimalkan kemampuan tubuh mengekstrak nutrisi dari makanan yang Mama konsumsi.

Sayangnya, efek samping dari kerja usus yang melambat ini termasuk produksi gas berlebih, kram, kembung dan sembelit. Ini membuat penderitanya mengasumsikan bahwa dirinya mengalami intoleransi laktosa. Namun, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kehamilan tidak berdampak negatif pada kemampuan wanita untuk mencerna laktosa.

Dulunya Intoleransi Laktosa, Sekarang Kok Malah Bisa Minum Susu?

Dulu Intoleransi Laktosa, Sekarang Kok Malah Bisa Minum Susu
Freepik

Para peneliti sepakat bahwa kehamilan bukanlah 'kambing hitam' satu-satunya yang menyebabkan intoleransi laktosa. Uniknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki intoleransi laktosa sebelum kehamilan justru dapat mencerna susu saat hamil.

Artikel yang dimuat di Medscape melaporkan, sekitar 44 persen wanita yang intoleransi laktosa sebelum hamil memiliki kemampuan untuk mencerna laktosa selama kehamilan. Ini adalah kabar baik bagi wanita hamil yang ingin menambah asupan kalsium mereka selama kehamilan.

Tak Bisa Minum Susu Saat Hamil, Apa yang Harus Dilakukan?

Tak Bisa Minum Susu Saat Hamil, Apa Harus Dilakukan
Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron

Jika Mama sedang hamil dan mengalami intoleransi laktosa atau merasa hanya tidak bisa mencerna susu untuk alasan apa pun, ada beberapa pilihan untuk tetap mengonsumsi olahan susu. Kebanyakan orang yang benar-benar intoleransi laktosa dapat tetap megonsumsi yoghurt dan keju tanpa masalah. 

Selain susu sapi, Mama juga dapat mengonsumsi susu kedelai atau susu almond yang relatif lebih minim risiko bermasalah pada pencernaan. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium pun tidak melulu lewat susu sapi, tetapi juga bisa dengan mengonsumsi brokoli dan bayam.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.