Normalkah Tinja Berwarna Kehijauan saat Hamil?

Jika ini adalah pengalaman pertama Mama, tak perlu panik ya

6 Oktober 2020

Normalkah Tinja Berwarna Kehijauan saat Hamil
Pexels/Anna Shvets

Kehamilan membawa serangkaian perubahan pada tubuh kita. Beberapa perubahan mungkin sudah Mama prediksi sebelumnya, tetapi ada juga perubahan yang mengejutkan. Salah satunya yang seringkali membuat Mama kaget adalah perubahan warna tinja selama kehamilan. 

Sebagian ibu hamil mengalami tinja berwarna kehijauan. Tentunya hal ini menjadi perhatian, apalagi jika ini adalah kehamilan pertama mama. Berikut Popmama.com akan mengupasnya lebih lanjut tentang apa penyebab tinja berwarna kehijauan saat hamil, dilansir dari Firstcry.com:

Penyebab Tinja Kehijauan saat Hamil

Penyebab Tinja Kehijauan saat Hamil
Freepik/Chajamp

Umumnya, tinja memang berwarna coklat dikarenakan bakteri pada cairan empedu manusia. Buang air besar yang normal memberi mikroba cukup waktu untuk mengubah cairan empedu kuning-hijau cerah menjadi warna coklat tua. 

Salah satu alasan penyebab tinja berwarna hijau adalah kotoran tersebut melewati saluran pencernaan terlalu cepat, sebelum empedu dapat dipecah dengan baik. Berikut ini beberapa faktor penyebab tinja berwarna kehijauan saat hamil:

1. Makanan

1. Makanan
Freepik/alhor

Apa yang Mama makan akan memengaruhi warna tinja mama. Misalnya, sehari setelah mengonsumsi buah bit, maka tinja akan berwarna kemerahan. Ibu hamil biasanya makan lebih banyak sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Asupan klorofil yang lebih banyak ini dapat mengubah warna kotoran menjadi lebih hijau.

Editors' Picks

2. Waktu transit di usus besar yang tidak teratur

2. Waktu transit usus besar tidak teratur
freepik.com/freepik

Faktor penyebab yang satu ini mengacu pada berapa lama makanan yang Mama makan berada di usus besar sebelum keluar dari tubuh. Waktu transi yang singkat menyebabkan warna kotoran menjadi lebih hijau karena empedu yang bergerak cepat melalui usus besar, bersama dengan makanan yang tidak tercerna.

3. Suplemen prenatal

3. Suplemen prenatal
freepik.com/patcharananworrapatchareeroj

Terkadang, diet sehat belum bisa memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang tepat. Jika kondisinya demikian, dokter akan meresepkan suplemen prenatal sebagai tambahan ekstra. Beberapa mineral yang terdapat dalam suplemen, seperti zat besi, bisa mengubah warna tinja menjadi hijau karena tubuh terkadang tidak dapat menyerap semuanya dengan maksimal.

4. Pengobatan

4. Pengobatan
freepik.com/user14699452

Obat-obatan tertentu, seperti antibiotik yang diberikan untuk mengobati infeksi, terkadang bisa mengubah warna tinja menjadi lebih hijau. Namun, perubahan ini hanya sementara. Warna tinja kehijauan ini akan kembali normal setelah proses antibiotik dihentikan.

5. Pencahar

5. Pencahar
Freepik/psodaz

Ketika hamil, banyak mama yang mengeluhkan sembelit yang menyiksa. Dokter akan meresepkan pencahar untuk melancarkannya. Jika menggunakan obat pencahar, obat ini mempercepat pergerakan makanan di usus mama sehingga waktu transitnya lebih lambat, dan tidak bisa sepenuhnya memecah cairan empedu. Inilah yang menyebabkan warna kotoran menjadi hijau.

Itupah penyebab tinja berwarna kehijauan saat hamil. Secara umum, Mama tidak perlu terlalu khawatir tentang kondisi warna tinja yang menjadi kehijauan. Banyak ibu hamil mengalaminya. Tetapi, apabila ini pengalaman mama yang pertama kali, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan tidak adanya kondisi serius yang sedang diderita dan dapat berbahaya bagi kesehatan mama maupun sang Janin. 

Semoga informasi ini memberikan wawasan untuk Mama ya. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.