Sakit Setengah Mati, Ini Cara Alami Mengatasi Nyeri Panggul saat Hamil

Perawatan ini bisa menjadi alternatif bagi Mama yang tak ingin banyak minum obat saat hamil

26 April 2021

Sakit Setengah Mati, Ini Cara Alami Mengatasi Nyeri Panggul saat Hamil
Freepik/torwaiphoto

Ketika hamil, tubuh mama berubah begitu banyak dalam waktu yang sangat singkat. Tentu saja perubahan ini berdampak pada rasa tidak nyaman yang Mama rasakan. Ada beberapa keluhan yang biasanya dialami ibu hamil, misalnya pergelangan kaki bengkak, susah tidur, dan mulas dan keluhan lain yang hanya dialami ibu hamil. Nyeri panggul, misalnya. 

Beberapa ibu hamil mengalami nyeri panggul atau sciatica yang parah sehingga menyulitkan untuk berjalan. Cara meredakannya yang termudah adalah dengan berbaring dan istirahat.

Dokter mungkin akan merekomendasikan obat steroid untuk mengatasinya. Tetapi apabila Mama tidak berkenan mengonsumsi obat tersebut, berikut ini ada beberapa perawatan non obat-obatan untuk mengatasi nyeri panggul.

Berikut Popmama.com merangkum lima cara mengatasi nyeri panggul saat hamil, dilansir dari Healthline:

1. Pijat kehamilan

1. Pijat kehamilan
Freepik/Century-love

Bagi ibu hamil, dipijat rasanya seperti surga bukan, Ma? Nah, bagi Mama yang mengalami nyeri panggul, pijat tidak hanya memberikan relaksasi, melainkan juga terapi. Rachel Beider, seorang terapis pijat berlisensi yang mengkhususkan diri pada pijat kehamilan dan manajemen nyeri, merekomendasikan ibu hamil untuk melakukan pijat jaringan secara teratur. 

Caranya cukup mudah, Ma. Gunakan roller busa atau bola tenis, dan letakkan di punggung bawah dekat pinggul. Latihan ini akan memperkuat otot piriformis dan otot glute secara maksimal.

Editors' Picks

2. Terapi fisik

2. Terapi fisik
Rawpixel/Felix

Terapi fisik dapat berupa apa saja, mulai dari osteopati hingga terapi olahraga. Latihan terapi fisik dapat mengurangi nyeri panggul, meminimalisir peradangan, mengembalikan posisi sendi dan otot, serta meningkatkan aliran darah. 

Hormon relaxin yang diproduksi saat hamil menyebabkan ligamen kendur untuk mempersiapkan panggul menyambut persalinan. Oleh karenanya Mama perlu bantuan terapis berpengalaman untuk memastikan Mama melakukan gerakan yang benar dan aman.

3. Suplemen magnesium

3. Suplemen magnesium
Freepik/racool_studio

Magnesium adalah mineral yang berperan dalam lebih dari 300 reaksi berbeda di tubuh kita. Ini adalah komponen utama dalam fungsi saraf yang benar. Meskipun magnesium ditemukan di banyak makanan kita sehari-hari, faktanya banyak dari kita yang mengalami kekurangan magnesium. 

Mengonsumsi suplemen magnesium selama kehamilan dapat meningkatkan regenerasi saraf yang ada di sekitar panggul dan mengurangi respons terhadap peradangan. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai pengobatan atau konsumsi suplemen baru.

4. Prenatal yoga

4. Prenatal yoga
Freepik/Yanalya

Manfaat yoga bagi pikiran dan tubuh telah diakui secara luas. Tidaklah mengherankan jika latihan prenatal yoga juga dapat meredakan nyeri saraf di sekitar panggul. Mirip dengan terapi fisik dan perawatan chiropratic, yoga dapat meredakan tekanan saraf-saraf di tubuh.

Namun, harus diingat bahwa prenatal yoga tanpa pengawasan bisa berbahaya karena ketika hamil, ligamen cenderung kendur. Jadi, lakukan prenatal yoga di bawah pengawasan pelatih yoga profesional. Cobalah mengikuti kelas prenatal yoga di mana Mama bisa mendapatkan bantuan dan perhatian ekstra yang diperlukan.

5. Chiropractic

5. Chiropractic
Freepik/herraez

Chiropratic seringkali dipilih untuk perawatan nyeri panggul setelah konsumsi obat acetaminophen. Karena selama kehamilan postur tubuh mama terus berubah, maka perlu mengembalikan tatanan tulang belakang ke tempatnya. Chiropracticdapat mengurangi tekanan pada saraf panggul mama sehingga rasa sakit pun berkurang. Beberapa kali sesi terapi kemungkinan diperlukan untuk menjaga keselarasan posisi tulang belakang. 

Apabila Mama mengalami rasa sakit terus-menerus, konsultasikan keluhan mama dengan dokter kandungan agar mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi medis yang dialami. Semoga informasi mengenai cara  mengatasi nyeri panggul saat hamil ini bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.