Waspada Masalah Gigi saat Hamil, Ini Dia Penyebabnya!

Karies gigi hingga gigi berlubang bisa terbentuk ketika Mama sedang hamil

14 September 2020

Waspada Masalah Gigi saat Hamil, Ini Dia Penyebabnya
Freepik

Perawatan gigi seringkali disepelekan. Tetapi jika sudah bermasalah, rasa sakitnya sungguh tak tertahankan. Beberapa kondisi kesehatan bisa berdampak pada kesehatan gigi kita. Tak terkecuali ketika hamil.

Salah satu masalah kesehatan gigi yang biasanya menyerang ibu hamil adalah kerusakan gigi. Kerusakan gigi ini memiliki tantangan tersendiri selama kehamilan, terutama karena keterbatasan diagnostik dan pengobatan yang bisa dilakukan.

Berikut ini Popmama.com merangkum informasi seputar masalah gigi saat hamil yang wajib Mama ketahui, dilansir dari MomJunction:

Apakah Normal Memiliki Gigi Berlubang saat Hamil?

Apakah Normal Memiliki Gigi Berlubang saat Hamil
mackenziedentalcentre.com

Sebetulnya, kehamilan tidak berdampak langsung pada terbentuknya gigi berlubang. Tetapi, perubahan hormonal dan gaya hidup yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. 

Kesehatan gigi dan mulut yang buruk dalam kehamilan dapat menyebabkan persalinan prematur, berat bayi lahir rendah, preeklampsia, granuloma kehamilan, radang gusi, tumor kehamilan, gigi lepas, mulut kering, dan erosi gigi.

Masalah-masalah gigi saat hamil ini umumnya disebabkan karena:

1. Peningkatan asam di rongga mulut

1. Peningkatan asam rongga mulut
freepik.com/user18526052

Sekitar 66 persen dari ibu hamil di seluruh dunia mengalami mual dan muntah karena perubahan hormonal. Rahim yang membesar disertai perubahan hormonal ini memperlambat pencernaan dalam tubuh mama, yang menyebabkan refluks asam. Lingkungan asam yang meningkat di rongga mulut menyebabkan demineralisas email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Editors' Picks

2. Konsumsi makanan

2. Konsumsi makanan
maxpixel.net

Saat hamil, adalah hal yang umum jika Mama mengidam makanan. Banyak ibu hamil yang cenderung mengidam makanan manis, kaya gula, dan karbohidrat. Hal ini dapat meningkatkan peluang kerusakan gigi selama kehamilan.

3. Mulut kering

3. Mulut kering
Freepik/ asier_relampagoestudio

Produksi air liur berkurang ketika hamil. Padahal air liur memiliki fungsi untuk membersihkan gigi dan membantu menghilangkan sisa makanan. Dengan kondisi mulut yang lebih kering, maka dapat membuat Mama lebih rentan untuk mengalami masalah gigi saat hamil.

4. Sering ngemil

4. Sering ngemil
Freepik/Rawpixel.com

Karena rasa lapar yang meningkat selama kehamilan, sebagian besar ibu hamil terbiasa ngemil. Beberapa di antara mama juga ada yang suka ngemil di malam hari karena rasa lapar yang menyerang. Akibatnya, meningkat pula jumlah bakteri di rongga mulut sehingga membuat Mama lebih rentan mengalami karies gigi.

5. Kurang menjaga kebersihan mulut

5. Kurang menjaga kebersihan mulut
Freepik/master1305

Selama kehamilan, banyak perubahan yang terjadi pada sistem tubuh mama. Bagi sebagian orang, hal ini membuat ketidaknyaman hingga keengganan untuk merawat diri. Tak jarang pula yang mengabaikan kebersihan mulutnya. 

Banyak ibu hamil yang mengeluh dirinya muntah ketika sedang menggosok gigi. Bisa jadi karena sensitivitas terhadap rasa pasta gigi atau yang lainnya. Akibatnya mereka menjadi malas membersihkan gigi dan mulut. Perhatian yang kurang terhadap kesehatan mulut ini bisa mengakibatkan gigi berlubang.

Jika Mama mengalami sakit gigi atau menemui adanya tanda karies gigi, segera periksakan ke dokter gigi. Dokter gigi memiliki penanganan khusus untuk mengatasi keluhan masalah gigi saat hamil, yang tentunya perawatannya berbeda dengan pasien biasa.

Rutinlah menggosok gigi dan memeriksakan kondisi kesehatan mulut serta gigi mama dalam masa kehamilan ya! Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.