5 Cara Alami Memancing Kontraksi agar Cepat Melahirkan

Apakah Mama sudah mendekati HPL, tapi bayi belum juga mengirimkan sinyal untuk persalinan?

17 Mei 2022

5 Cara Alami Memancing Kontraksi agar Cepat Melahirkan
Freepik/DCStudio

Saat masa kehamilan semakin mendekati HPL, ibu hamil biasanya akan semakin mudah lelah dan sulit tidur dengan nyaman. Karenanya, tak jarang dari mereka justru ingin memancing kontraksi agar cepat melahirkan.

Saat melihat ke internet dan bertanya kepada orang lain, ibu hamil mungkin akan menemukan banyak tips yang bisa dilakukan untuk memancing kontraksi. Namun, apakah itu aman?

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas tentang bagaimana memancing kontraksi agar cepat melahirkan dengan cara yang aman. Penasaran, kan? Yuk, kita simak bersama hingga tuntas!

1. Akupuntur dan akupresur

1. Akupuntur akupresur
www.healthline.com
Teknik tusuk jarum/akupunktur

Beberapa praktisi masih percaya bahwa baik akupuntur ataupun akupresur bisa memancing kontraksi pada ibu hamil. Namun, ibu hamil tidak boleh asal-asalan memilih trainer atau melakukan akupuntur dan akupresur sendiri, ya.

Jika memang ingin melakukannya, pilihlah orang terpercaya yang sudah memiliki sertifikasi. Akan lebih baik lagi jika orang tersebut memang sudah sering memberikan akupuntur dan akupresur pada ibu hamil.

Editors' Picks

2. Berhubungan intim

2. Berhubungan intim
Unsplash

Secara teori, berhubungan seks sangat direkomendasikan saat mendekati HPL karena bisa merangsang kontraksi sehingga persalinan bisa segera terjadi.

Saat berhubungan seks, khususnya ketika ibu hamil orgasme, maka hormon oksitosin akan diproduksi dan ini bisa merangsang kontraksi.

Apalagi jika sperma masuk ke dalam rahim ibu hamil, karena bisa mematangkan serviks sehingga memancing persalinan terjadi.

Namun, jangan lakukan hubungan seks saat ketuban sudah pecah, ya, karena bisa menyebabkan infeksi yang akan membahayakan bayi.

3. Mengonsumsi minyak kastrol

3. Mengonsumsi minyak kastrol
Freepik

Mengonsumsi minyak kastrol sebanyak 30-60 ml bisa merangsang pelepasan prostaglandin, yang bisa mematangkan rahim dan memulai persalinan. Namun, ibu hamil tidak boleh asal meminum minyak kastrol, ya.

Konsumsi minyak kastrol ini hanya boleh dilakukan jika sudah mendapat persetujuan oleh dokter kandungan, dengan melihat apakah janin sudah cukup sehat dan siap untuk dilahirkan.

Jadi, jangan langsung mengonsumsinya dengan alasan ingin segera melahirkan karena sudah mudah sekali lelah dan semakin susah tidur dengan posisi nyaman di malam hari, ya!

4. Stimulasi puting

4. Stimulasi puting
womens.dearjulius.com

Menstimulasi puting bisa merangsang persalinan, lho. Saat puting distimulasi, maka hormon oksitosin akan terbentuk, dan ini akan membuat payudara memproduksi ASI, sangat cocok untuk ibu hamil yang berencana menyusui si Kecil.

Selain itu, stimulasi puting saat menyusui, atau bisa juga dengan menggunakan pompa ASI, bisa membantu rahim kembali ke bentuk semula setelah melahirkan.

Dengan stimulasi puting ini, maka persalinan akan minim induksi dan risiko postpartum lebih rendah. Wah, banyak sekali manfaatnya, ya?

5. Olahraga

5. Olahraga
babycenter.in

Berolahraga secara aman selama 30 menit sehari bukan hanya bisa merangsang kontraksi, tapi juga memperbaiki mood dan membuat tidur ibu hamil bisa lebih nyenyak.

Olahraga juga bisa dilakukan sejak trimester pertama, namun dengan jangka waktu yang tidak terlalu panjang dan jenis olahraga yang tidak memberatkan ibu hamil.

Jalan kaki adalah olahraga santai yang dipilih oleh banyak ibu hamil, karena aman dan direkomendasikan oleh dokter. Namun selain jalan kaki, ibu hamil bisa melakukan yoga atau duduk di birthing ball.

Nah, itu tadi 5 cara alami yang bisa dilakukan untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan. 

Jika sudah dicoba dan belum berhasil juga, maka bersabarlah. Perlu diingat bahwa setiap persalinan punya cara dan waktunya masing-masing. Tetap semangat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk