Makan Durian saat Hamil Tua, Seperti Apa Aturan Amannya?

Tetap batasi porsi supaya tidak sampai berlebihan, ya

3 Maret 2020

Makan Durian saat Hamil Tua, Seperti Apa Aturan Amannya
Unsplash/Jonny Clow

Durian menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang, tak terkecuali ibu hamil. Daging buahnya yang legit dan memiliki wangi khas kadang bisa membuat rasa mual ibu hamil seperti berkurang.

Namun demikian, sering disebutkan bahwa ibu hamil tidak boleh makan durian karena berbahaya bagi janin. Benarkah demikian?

Sebenarnya yang paling penting dalam aturan makanan pada ibu hamil adalah pengaturan porsi dan berkualitas baik, Ma.

Dengan kata lain, saat makan durian pun yang terpenting adalah tidak berlebihan ya, Ma.

Dirangkum Popmama.com dari berbagai sumber, berikut informasi lengkap tentang serba-serbi makan durian saat hamil tua:

1. Kandungan nutrisi durian

1. Kandungan nutrisi durian
Freepik/mrsiraphol

Sebenarnya durian menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi ibu hamil selama dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Ini karena durian memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kehamilan juga, Ma.

Salah satunya adalah kandungan serat di dalam durian yang bisa bekerja sebagai pencahar alami dan membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari usus Mama. Mama juga bisa terhindari dari risiko sembelit jika kecukupan serat tetap terjaga. Demikian dikutip dari Parenting First Cry.

Selain serat, durian juga mengandung asam folat, vitamin B, vitamin C dan antioksidan. Asam folat seperti diketahui dapat membantu mencegah cacat lahir pada bayi baru lahir. Sementara itu, vitamin B dan vitamin C sama-sama dibutuhkan untuk kesehatan tubuh Mama serta janin. Pun demikian dengan antioksidan yang membantu melindungi Mama dari radikal bebas.

2. Aturan aman makan durian saat hamil tua

2. Aturan aman makan durian saat hamil tua
Freepik/topntp26

Dikutip dari Women’s Weekly, membatasi porsi durian terutama saat trimester ketiga sangat dianjurkan. Terutama jika berat badan Mama dan berat badan si Kecil sudah dalam batas normal. Demikian disampaikan oleh dokter kandungan di SL Goh Women’s Clinic, Mount Alvernia Medical Centre D, Singapura.

Ini karena durian sangat tinggi gula dan karbohidrat. Jadi sebaiknya dihindari apabila Mama memiliki kecenderungan mudah naik berat badan atau memiliki diabetes gestasional.

Berlebihan makan durian saat hamil tua pun bisa meningkatkan gula darah dan juga berat badan janin, yang apabila tidak terkendali bisa mengganggu kesehatan Mama. Kondisi ini juga berbahaya karena bisa menyulitkan proses persalinan nantinya.

Oleh sebab itu, penting bagi Mama untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan akan makan durian. Ini supaya Mama bisa mengetahui secara pasti bagaimana kondisi kesehatan Mama dan apakah aman untuk bisa makan durian.

Dikutip dari Young Parents, membatasi porsi dan tidak makan berlebihan menjadi kunci penting makan durian saat hamil tua.

Editors' Picks

3. Konsumsi makanan olahan durian sebagai pengganti buahnya

3. Konsumsi makanan olahan durian sebagai pengganti buahnya
Freepik

Jika Mama benar-benar sedang ngidam alias sangat ingin makan durian saat hamil tua, Mama bisa mengonsumsi makanan olahan durian juga, lho. Saat ini sudah banyak makanan penutup serba durian yang segar. Misalnya seperti es krim, kue atau bahkan milkshake.

Olahan durian ini bisa membantu Mama membatasi jumlah asupan buah durian juga.

Jika perlu, jangan lupa berbagi makanan dan minuman juga dengan Papa agar porsi Mama tidak berlebihan, ya.

4. Makan durian saat menyusui, boleh atau tidak?

4. Makan durian saat menyusui, boleh atau tidak
Freepik/Demkat

Tak sedikit ibu menyusui memberikan klaim bahwa makan durian bisa membuat membuat ASI menjadi lebih kental. Namun perlu diketahui bahwa sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang solid yang dilakukan mengenai teori ini.

Dugaan kuat sementara efek ini didapat karena kandungan nutrisi durian yang kaya, termasuk vitamin C, zat besi, kalium, karbohidrat, protein, dan kalsium.

Ibu menyusui dapat membakar hingga 500 kalori setiap hari, sumber nutrisi tambahan seperti yang didapat dari durian pun mungkin bisa cukup bermanfaat, namun dalam jumlah secukupnya saja, ya.

Paling tidak cukup satu daging buah saja, setidaknya yang terpenting rasa penasaran Mama terpenuhi.

Demikian informasi tentang makan durian saat hamil tua yang penting untuk Mama ketahui. Pernah ngidam makan durian juga, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.