15 Pilihan Nama Jepang untuk Bayi Mama

Nama-nama unik ala Negeri Sakura ini bisa jadi referensi nama si Kecil

19 Agustus 2018

15 Pilihan Nama Jepang Bayi Mama
Pexels/Singkham

Saat memilih nama untuk sang buah hati, tentu Mama dan Papa akan mencari makna yang terbaik. Dari nama, diharapkan sifat atau sikap si Kecil bisa menyesuaikan.

Selain nama dari bahasa Indonesia, ada juga beberapa bahasa dan budaya lain yang bisa dijadikan sumber informasi mencari nama. Salah satu yang populer adalah dari bahasa Jepang.

Jepang memiliki berbagai macam budaya dan bahasa yang unik untuk dijadikan nama anak. Apa saja ya, Ma?

Berikut Popmama.com rangkum 15 rekomendasi nama dan makna unik dari bahasa Jepang yang bisa dipilih untuk si Kecil:

1. Akari

1. Akari
Pexels/Pixabay

Akari biasanya digunakan untuk anak perempuan. Kata ini memiliki makna yang berarti ‘cerdas’. Ada pula yang menyebut Akari memiliki arti ‘bunga’. Nama ini sangat pas untuk Mama berikan kepada sang putri, lho.

2. Sora

2. Sora
Pexels/Bruce Lam

Salah satu nama dari bahasa Jepang yang populer untuk anak perempuan adalah Sora. Kata ini memiliki arti ‘langit’. Jadi, apabila Mama atau berprofesi atau menyukai segala sesuatu yang ada di sekitar langit, nama Sora mungkin bisa menjadi pilihan.

3. Hana

3. Hana
Pexels/Pixabay

Selain Sora, nama populer lainnya dari Jepang untuk anak perempuan adalah Hana. Beda penulisan huruf kanjinya, beda pula maknanya, Ma. Hana bisa berarti ‘murah hati’, tapi bisa juga memiliki makna ‘bunga’. Walaupun berbeda, tapi artinya sama-sama bagus ya, Ma.

4. Sakura

4. Sakura
Pexels/Pixabay

Identik sebagai salah satu bunga populer di Jepang, Sakura juga menjadi salah satu nama yang banyak digunakan untuk anak perempuan.

Seperti wujudnya yang berupa bunga berwarna merah muda, Sakura juga memiliki arti ‘bunga ceri’.

Baca juga: Nama Jepang untuk Bayi Laki-laki

5. Megumi

5. Megumi
Pexels/Melina Engard

Nama ini digunakan oleh selebriti Desta dan Natasha Rizky untuk anak perempuan pertamanya. Dalam bahasa Jepang, Megumi memiliki arti ‘berkah’ namun bisa juga berarti ‘cinta, kasih sayang’. Cantik ya, Ma?

6. Reina

6. Reina
Pexels/Pixabay

Apabila Mama menginginkan anak perempuan Mama kelak menjadi sosok yang adil dan bijaksana, nama Reina mungkin bisa menjadi pilihan. Reina dalam bahasa Jepang memiliki arti ‘bijaksana’. Selain itu, Reina juga bisa memiliki arti ‘permata’. Gemas!

7. Sachiko

7. Sachiko
Pexels/Pixabay

Sachiko dalam bahasa Jepang terdiri atas dua kata, yakni Sachi dan Ko. Sachi berarti ‘kebahagiaan dan keberuntungan’, sementara ‘Ko’ memiliki arti ‘anak’. Dengan begitu, gabungan keduanya menjadi Sachiko memiliki arti ‘anak yang memberikan kebahagiaan dan keberuntungan’.

Editors' Picks

8. Yumi

8. Yumi
Pexels/Paloma Aviles

Yumi memiliki dua makna. Yumi sendiri dalam bahasa Jepang berarti ‘cantik’. Namun apabila dipisah menjadi dua bagian, Yumi menjadi ‘Yu’ yang berarti teman dan ‘Mi’ yang berarti ‘indah’. Ini berarti Yumi juga bisa memiliki arti ‘teman yang indah’.

9. Hiroshi

9. Hiroshi
Pexels/Silvia Trigo

Hiroshi menjadi salah satu nama populer dari Jepang untuk anak laki-laki. Hiroshi memiliki arti ‘toleran, murah hati’. Hiroshi juga bisa memiliki makna lain yakni ‘makmur’. Nama ini sangat cocok untuk si Kecil lho, Ma.

10. Jirou

10. Jirou
Pexels/Bingo Theme

Dalam bahasa Jepang, ‘Ji’ memiliki arti dua, sementara ‘Rou’ artinya putra. Sehingga Jirou memiliki arti ‘putra kedua’. Secara tradisional, dari budaya Jepang nama Jirou biasanya diberikan untuk anak laki-laki kedua dalam sebuah keluarga.

Jadi, jika saat ini Mama sedang mencari nama untuk putra kedua, Jirou mungkin bisa menjadi pilihan utama yang unik.

11. Ken

11. Ken
Pexels/Pixabay

Selain mudah diucap, nama Ken juga populer karena memiliki makna yang baik. Ya, Ken dalam bahasa Jepang berarti ‘sehat dan kuat’. Tentunya sangat pas untuk diberikan kepada buah hati tercinta Mama, ya.

12. Ryuu

12. Ryuu
Pexels/Henley Design Studio

Selain Ken, nama bermakna ‘kekuatan’ lain juga bisa didapat dari Ryuu. Dalam bahasa Jepang, Ryuu memiliki arti ‘naga’. Nama ini cocok diberikan untuk anak laki-laki Mama dan Papa.

13. Shinichi

13. Shinichi
Pexels/Pixabay

Pernahkah Mama membaca serial komik Detektif Conan? Ya, nama asli dari Conan adalah Shinichi Kudo. Dalam bahasa Jepang, Shinichi bisa memiliki makna berbeda-beda. Ada yang menyebut Shinichi berarti ‘putra pertama dari Shin’, ada pula yang menyebutnya sebagai ‘kebenaran’. Apapun artinya, Shinichi memiliki makna yang baik untuk sang buah hati Mama.

14. Takeshi

14. Takeshi
Pexels/Spencer Selover

Takeshi juga menjadi salah satu nama yang banyak digunakan oleh orang tua untuk anak laki-lakinya. Dari bahasa Jepang, Takeshi memiliki makna ‘prajurit’. Ada pula yang menyebutkan Takeshi memiliki arti ‘sehat dan kuat’. Wah, benar-benar gagah untuk diberikan kepada anak laki-laki, Ma!

15. Akira

15. Akira
Pexels/Pixabay

Ini merupakan salah satu nama populer di kalangan anak-anak Jepang. Dalam bahasa Jepang, Akira memiliki arti ‘cerdas’, ‘pandai’ atau ‘terang’. Dengan memberikan nama ini, diharapkan kelak sang putra bisa menjadi anak yang pandai ya, Ma.

Nah, ada banyak pilihan nama untuk anak perempuan dan laki-laki Mama dari bahasa Jepang yang bisa dipilih. Semua memiliki makna yang baik untuk si Kecil kelak. 

Itulah kumpulan pilihan nama bayi yang terinspirasi dari nama-nama Jepang yang indah. Mana yang jadi pilihan Mama dan Papa?

Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com punya tools untuk membantu Mama mencari nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki laki.

Temukan pilihan nama bayi lainnya!

Baca juga: 5 Tips Cerdas Memberi Nama Bayi Kembar

Baca juga: Daftar Nama Bayi yang Dipercaya Akan Memberi Keberuntungan

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!