Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi Sebelum Melahirkan

Menghadapi persalinan butuh energi ekstra. Makanan ini bisa membantu Mama!

4 Januari 2019

Makanan Wajib Kamu Konsumsi Sebelum Melahirkan
Freepik/yanalya

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya kerap memakan semua yang ada di depan mata tanpa pilih-pilih. Mereka berpikir hal ini dilakukan untuk mengumpulkan banyak tenaga yang dibutuhkan saat melahirkan. Padahal, ibu hamil seharusnya memiliki pola makan yang tepat dan bernutrisi agar siap melewati persalinan.   

Dikutip dari laman Babble, Sherry S. Rumsey seorang doula di Los Angeles mengatakan bahwa pola makan bernutrisi dan olahraga teratur adalah hal utama yang harus dilakukan perempuan untuk menyiapkan tubuhnya menghadapi persalinan.

Para ahli kandungan sepakat bahwa pemilihan gizi yang tepat di trimester akhir dapat mengurangi masalah kehamilan dan komplikasi persalinan, meningkatkan perkembangan janin, serta membuat tubuh lebih kuat saat menghadapi persalinan.

Berikut Popmama.com rangkum beberapa makanan bergizi sebagai makanan yang wajib ibu hamil konsumsi menjelang persalinan tersebut agar bisa jadi pilihan menu sehari-hari. 

1. Pilih buah yang dapat meningkatkan energi

1.	Pilih buah dapat meningkatkan energi
Freepik/jannoon028

Mengonsumsi buah bukan hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga memberi kamu semburan energi saat persalinan nanti. Buah mengandung gula alami dan karbohidrat sehat, sehingga bisa menjadi bahan bakar bagi tubuh.

Pisang merupakan salah satu buah terbaik yang wajib dikonsumsi sebelum persalinan. Selain pisang, buah apel dan mangga juga bisa menjadi pilihan baik bagi kamu. 

Baca juga: 16 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Harus Mama Ketahui

2. Buah yang kaya vitamin C membantumu lebih fit

2.	Buah kaya vitamin C membantumu lebih fit
Freepik/jannoon028

Perpaduan vitamin C dan serat mampu meningkatkan daya tahan tubuh, serta membuat tubuh lebih fit. Vitamin C juga dapat melindungi Mama dari risiko terjadinya infeksi. Kamu disarankan mengonsumsi buah jeruk, kiwi, mangga, stroberi, atau jambu biji untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. 

Baca juga: 9 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Ibu Hamil

3. Buah dengan kadar air tinggi

3.	Buah kadar air tinggi
Freepik/d3images

Air merupakan bagian terpenting yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Jika Mama sampai mengalami dehidrasi saat persalinan nanti, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Karena itu, kamu bisa mengonsumsi buah yang memiliki kadar air tinggi, seperti buah stroberi, semangka, jeruk, atau melon agar kamu tetap terhidrasi selama proses persalinan. 

Baca juga: Ma, Cermati Tanda-Tanda Dehidrasi saat Hamil

4. Konsumsi yogurt

4.	Konsumsi yogurt
Freepik/topntp26

Yogurt merupakan salah satu minuman sehat yang mengandung gula dan karbohidrat. Kedua kandungan tersebut memberi kamu cadangan energi yang kamu butuhkan saat persalinan. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandunganmu tentang asupan yogurt ini.

Jika diizinkan dokter, kamu bisa mengonsumsi yogurt dalam perjalanan menuju ke rumah sakit sebelum bersalin.

Hati-hati dengan yogurt yang memiliki kandungan tinggi gula karena dapat menyebabkan masalah perut dan risiko muntah saat bersalin.  

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan ala Orang Yunani agar Berumur Panjang

Editors' Picks

5. Daging ayam untuk memperkuat otot

5.	Daging ayam memperkuat otot
Freepik/valeria_aksakova

Memiliki cukup energi dan protein terbukti dapat meningkatkan kekuatan otot, sehingga kamu  merasa lebih fit dalam persalinan.

Protein terdiri dari asam amino yang merupakan salah satu zat pembentuk otot. Konsumsilah makanan kaya protein seperti daging ayam. Setengah dada ayam mengandung 27 gram protein. 

6. Makanan rendah lemak

6.	Makanan rendah lemak
Freepik/topntp26

Menjelang persalinan, hindari makanan berlemak karena cukup sulit dicerna. Pilih makanan rendah lemak, seperti buah, sayuran, biji-bijian utuh, ikan, atau produk susu yang rendah lemak dan kalori. Selain itu, kamu juga bisa memilih makanan dengan kandungan lemak baik, seperti alpukat. 

7. Makanan mengandung kalium

7.	Makanan mengandung kalium
Freepik/4045

Pada trimester ketiga, sebagian ibu hamil mengalami pembengkakkan di beberapa daerah tubuhnya. Hal tersebut terjadi karena perpindahan cairan. Untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuhmu, pilihlah makanan yang mengandung kalium, seperti aprikot. 

8. Beras merah

8.	Beras merah
Freepik/mrsiraphol

Karbohidrat sangat penting bagi pembentukkan energi di dalam tubuh. Beras merah bisa menjadi sumber karbohidrat terbaik pilihanmu. Makanan ini juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat menghindari masalah sembelit bagi ibu hamil. 

Itulah 8 makanan yang wajib ibu hamil konsumsi menjelang persalinan. Jaga stamina dan kesehatan agar kamu lebih siap menghadapi waktu persalinan nanti.

Topic: