5 Tips Cerdas Memberi Nama Bayi Kembar

Cari nama kompak buat Si Kembar enaknya gimana ya?

10 Juni 2018

5 Tips Cerdas Memberi Nama Bayi Kembar
Flickr.com/donnieray

Memiliki anak kembar menjadi impian banyak pasangan suami istri. Keseruan merawat bayi-bayi mungil berparas identik, merencanakan outfit kompakan, hingga menata kamar tidur dengan pernak-pernik serba kembar.

Biasanya begitu mengetahui Mama mengandung bayi kembar, kesibukan memilih nama semakin bertambah jelang kelahiran. Banyak pilihan nama kompak yang bisa dipilih. Nah, biar gak bingung memilih nama, Popmama.com punya lima tips jitu buat Mama di bawah ini.

1. Tentukan tema

1. Tentukan tema
Pixabay/kangheungbo

Agar lebih mudah, hal pertama yang bisa Mama lakukan adalah menentukan tema. Jika bayi dalam kandungan Mama sudah diketahui jenis kelaminnya kembar perempuan, mungkin bisa memilih tema bunga atau tokok pewayangan.

Nama untuk mereka bisa Mawar-Melati, Dahlia-Amarilis, atau Arimbi-Srikandi. Sepasang anak kembar laki-laki bisa dinamai tokoh ikonik wayang Pandhawa, yaitu Nakula dan Sadewa.

Sedangkan untuk sepasang kembar perempuan dan laki-laki sepertinya nama Bulan dan Bintang menarik.

2. Gunakan satu kata yang sama

2. Gunakan satu kata sama
Flickr.com/donnieray

Selain menentukan tema, memilih satu kata saja yang sama bisa memudahkan Mama menentukan nama. Misal masing-masing anak diawali dengan nama Ananda, lalu diikuti kata lain yang berbeda makna.

Editors' Picks

3. Tidak harus selalu identik

3. Tidak harus selalu identik
Pixabay/FreeWorld

Meski kembar, Mama tidak harus memberikan nama yang terlalu mirip atau identik. Misal Andina dan Andini, atau Andre dan Andri. Bahkan banyak orang tua yang memiliki anak kembar memberikan nama terlalu identik secara hampir keseluruhan.

Seperti yang sudah disebutkan pada poin kedua, hanya menggunakan satu kata yang sama juga sah-sah saja lho. Atau malah tidak mencantumkan nama kembar sama sekali pun boleh saja.

4. Tentukan nama panggilan yang mudah

4. Tentukan nama panggilan mudah
Pixabay/kangheungbo

Banyaknhya pilihan nama unik dengan makna indah, jangan sampai membuat Mama lupa memikirkan nama panggilan. Hindari nama panggilan yang sulit pengucapannya agar Si Kecil nantinya mudah saat memperkenalkan diri.

Nama yang sulit diucapkan ini berpotensi juga menjadi bahan bully-an kelak dari teman-teman sekolah.

5. Hindari nama panggilan yang mirip

5. Hindari nama panggilan mirip
Pixabay/badelcap

Mama dan Papa juga perlu menghindari nama panggilan yang terlalu mirip. Misalnya Si Kecil diberi nama Andriana dan Andriani, nama panggilannya Ana dan Ani. Secara refleks orang-orang akan memanggil si Kembar berdua “An”.

Kasihan juga ya kalau mereka terus-terusan menoleh bersama padahal yang dipanggil hanya salah satu.

Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com punya tools Baby Names Finder.

Apakah hari kelahiran Si Kembar semakin dekat? Selamat memilih nama, Mama dan Papa!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.