Caca Tengker Ungkap 5 Poin Persiapan Mental Menjadi Seorang Mama

Kilas balik masa lalu, Caca Tengker bagikan tips jelang persalinan dan setelah menjadi orangtua

15 April 2020

Caca Tengker Ungkap 5 Poin Persiapan Mental Menjadi Seorang Mama
Instagram.com/cacatengker/

Alsi Mega Marsha Tengker atau yang akrab disapa Caca Tengker sudah satu tahun lebih menjadi seorang Mama. Anak pertamanya yang bernama Ansara Maisadipta Tamin pun sudah memperlihatkan banyak perkembangan dari hari ke hari. 

Sebagai salah satu pejuang IVF, kisah selama menjalani program kehamilan, hamil, dan persalinan dari Caca Tengker pun bisa menginspirasi banyak orang. 

Melalui Instagram pribadinya, istri dari Barry Tamin ini telah membagikan beberapa poin penting terkait langkah-langkah dalam mempersiapkan mental menjadi seorang Mama. Tak hanya beberapa hal menjelang persalinan saja yang dibagikan, namun dirinya berbagi agar kesehatan mental bisa terjaga usai memiliki seorang anak. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa rangkuman atau poin penting yang disampaikan oleh Caca Tengker, kali ini Popmama.com telah merangkum berdasarkan unggahannya di Instagram. 

Semoga poin-poin penting yang diungkapkan oleh Caca Tengker bisa menginspirasi ya, Ma!

1. Aturlah yang terkait prioritas jelang persalinan

1. Aturlah terkait prioritas jelang persalinan
Instagram.com/cacatengker/

Ketika sudah mendekati proses persalinan perlu kembali diingat dalam pikiran bahwa kesehatan fisik saja tidaklah cukup, melainkan kesehatan secara mental perlu dipersiapkan oleh ibu hamil selama menjalani trimester ketiga kehamilan. 

"Boleh banget kita punya impian cara bertemu anak kita pertama kali, tetapi jangan sampai lupa bahwa kesehatan serta keselamatan diri dan anak sangat penting untuk jadi prioritas," kata Caca Tengker. 

Caca mengingatkan bahwa apapun proses persalinan yang dipilih untuk bertemu langsung dengan anak pertama, tetaplah fokus dengan kesehatan Mama dan si Kecil. 

Editors' Picks

2. Aturlah ekspektasi yang wajar

2. Aturlah ekspektasi wajar
Instagram.com/cacatengker

Salah satu persiapan yang perlu dilakukan ketika menjelang persalinan yakni perlu mengatur ekspektasi sewajarnya. 

Melalui Instagram pribadinya, Caca Tengker mengatakan bahwa perlu sekali membuat sebuah birth plan. Cara seperti ini membantu segalanya terkait persiapan, namun tidak melupakan sebuah ekspektasi yang diinginkan. 

"Ketika sudah set pikiran untuk expect the unexpected berarti kita akan lebih mudah untuk menerima kenyataan, apalagi jika ada yang terjadi di luar kemauan kita," kata Caca Tengker. 

Demi mengatur sebuah ekspektasi yang wajar, ibu hamil juga dapat menambah pengetahuan sebagai bekal informasi menjelang persalinan. Hal ini sangat dibutuhkan apalagi jika baru pertama kali menjalani proses persalinan. 

Carilah beberapa informasi persiapan menjelang persalinan dari buku, majalah atau informasi terpercaya di internet. Dengan memperbanyak informasi, maka bisa meningkatkan kecerdasan serta pengetahuan yang didapat mampu mengurangi beban mental. 

3. Memahami bahwa merasakan dua perasaan yang bertentangan itu sangatlah wajar

3. Memahami bahwa merasakan dua perasaan bertentangan itu sangatlah wajar
Instagram.com/cacatengker/

Jika menjelang persalinan muncul perasaan takut atau tegang dalam membayangkan betapa sakitnya proses yang harus dilalui, maka ada baiknya untuk mengubah imajinasi yang ada di dalam pikiran. 

Pikirkanlah bahwa ketika momen persalinan yang dihadapi nanti akan menyenangkan, berjalan lancar dan indah karena bertemu dengan si Kecil untuk pertama kalinya. 

Ini akan menjadi cara yang paling ampuh untuk bisa menenangkan hati dan pikiran. Bahkan cara tersebut dapat memotivasi serta menghapus berbagai perasaan negatif ketika menjelang proses persalinan. 

Jika sudah harus mengurus dan merawat anak pertama, maka akan banyak perasaan bercampur. Diri sendiri juga perlu beradaptasi dengan situasi yang baru. 

"Kebahagian menjadi orangtua memang tidak ada yang bisa menandingi ketika memiliki anak, tetapi perasaan lelah, sedih, marah dan tidak karuan juga bisa saja muncul di waktu yang bersamaan. Itu wajar. Jadi embrace your feeling, own it, learn from it," ucap mama satu anak ini. 

Caca Tengker pun mengingatkan bahwa itu wajar dan seharusnya bisa diterima, sehingga dapat menjalani semua aktivitas dengan baik. 

4. Tetaplah untuk menjadi diri sendiri

4. Tetaplah menjadi diri sendiri
Instagram.com/cacatengker

Caca Tengker mengingatkan bahwa fungsi diri sendiri sebagai manusia akan berubah ketika telah berperan sebagai orangtua. Apalagi seorang Mama perlu memenuhi kebutuhan anak yang baru saja dilahirkan. 

"Ketika sedang merawat anak, sisakan waktu sedikit untuk menjadi diri sendiri kembali. Karena anak lebih butuh Ibu yang sehat lahir batin," ucap Caca Tengker. 

Meskipun sudah berperan menjadi orangtua, namun tetap perlu menjadi diri sendiri. 

"Jadi diri kita yang lama pun masih ada kok, mulai sadari kebiasaan, hobi dan kebutuhan diri," tambahnya. 

Berperan sebagai orangtua memang tidak mudah apalagi jika harus mengurus anak pertama. Dengan selalu mencintai diri sendiri, maka akan membuat Mama merasa bahagia dan lebih ikhlas menjalani semua rutinitas keseharian. 

5. Mencari support system terdekat, salah satunya suami

5. Mencari support system terdekat, salah satu suami
Instagram.com/cacatengker

Bagi ibu hamil yang sudah masuk kehamilan di trimester ketiga tentunya proses persalinan adalah suatu hal yang sangat dinantikan. Walau demikian, terkadang kebahagiaan itu juga dibalut dengan perjuangan berat yang harus ditanggung olehnya. 

Maka dari itu, secara personal seorang istri tentu sangat membutuhkan dukungan dari suami. Ketika si Kecil sudah terlahir pun kerjasama antara istri dan suami juga perlu dibina dengan baik, tujuannya agar tetap kompak. 

"Bicarakan persiapan mental ini dengan support system terdekat, contohnya suami. Ketika kita selalu mencoba mengerti kemauan bayi yang belum bisa komunikasi, kadang kita jadi ikutan sulit untuk dimengerti oleh orang lain," kata Caca Tengker. 

"Belajar lebih open minded untuk satu sama lain. Selain bisa memperkuat hubungan dengan pasangan, lalu bisa juga memperkuat peran sebagai orangtua untuk anak," tambahnya. 

Itulah beberapa poin penting yang dibagikan oleh Caca Tengker terkait persiapan mental sebelum melahirkan dan setelah menjadi seorang Mama. 

Adik dari Nagita Slavina ini berharap informasi di atas dapat membantu agar proses pada setiap fase bisa berjalan dengan lancar. Tetap semangat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.